Rabu, 30 Oktober 2013

Demokrasi


Anarkis Bukan Produk Demokrasi, tetapi Kelunturan Semangat Pancasila


Pemberitaan tindakan anarkis di Indonesia selalu menghiasi layar kaca dan pemberitaan dimedia massa atau pemberitaan online. Bagaimana nasib bangsa ini jika kekerasan sudah menjadi kebiasaan dan berakar dalam kehidupan sehari-hari. Sungguh tidak bisa dibayangkan dampak yang terjadi ketika tindakan anarkis semakin bertumbuh di dalam hati bangsa Indonesia.

Apakah tindakan anarkis yang dipertontonkan oleh sebagian orang merupakan hasil dari sebuah demokrasi..?, tentu jawabannya tidak. Demokrasi tidak mengharapkan masyarakat Indonesia menjadi orang-orang brutal yang anarkis dan menganut hukum rimba. ada dasarnya Demokrasi diciptakan untuk menghormati hak-hak setiap warga dalam menyampaikan pendapatnya. Akan tetapi beberapa orang menyalahgunakan arti demokrasi ini. Demokrasi diartikan sebagai sebuah kebebasan yang tidak bertanggung-jawab, sehingga ketika suatu kondisi/kebijakan yang tidak sesuai dengan keinginan, maka oleh orang-orang yang tidak mengerti demokrasi akan serta merta membabi buta menentang dan melakukan tindakan anarkis untuk memperlihatkan “ketidak setujuan” terhadap ketentuan/kebijakan yang telah ditetapkan.

Tentu hal ini tidak bisa dibiarkan, keadaan seperti akan semakin merongrong persatuan dan kesatuan serta kedaulatan Bangsa Indonesia. Tindakan anarkis yang dilakukan oleh orang-orang yang tidak mengerti arti demokrasi jelas bukan hasil dari penganutan paham Demokrasi, akan tetapi karena kurangnya kesadaran Pancasila di hati para orang-orang yang melakukan tindakan anarkis tersebut. Berkurangnya kesadaran Pancasila menjadikan sebagian masyarakat Indonesia memiliki kemunduran terhadap cinta Tanah Air. Sangat jelas, tindakan anarkis yang dilakukan warga dengan merusak bangunan-bangunan publik miliki Negara jelas merupakan tindakan yang menunjukkan sudah berkurangnya rasa cinta terhadap NKRI.

Untuk menyikapi ini perlu adanya kesadaran bagi segenap bangsa Indonesia, untuk lebih mengamalkan jiwa Pancasila dalam kehidupan berbangsa, sehingga Bangsa ini tetap menjadi bangsa yang berdaulat. Sehingga tindakan-tindakan anarkis seperti yang terjadi belakangan ini tidak lagi dipertontonkan oleh pihak-pihak yang tidak bertanggung-jawab, sehingga kesatuan dan keutuhan Negara Indonesia tetap terjaga dengan damai.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar