RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan
Pendidikan : MI Al Azhar
Kelas
/ Semester : V / 2 (Dua)
Tema
/ Subtema / PB : Sejarah Peradaban Indonesia / Kerajaan Islam di Indonesia / IV
Alokasi
Waktu : 5 JPL ( 5 x 35 menit )
A.
Kompetensi Inti ( KI )
1.
Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2.
Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli,
dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru.
3.
Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat,
membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk
ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpai di rumah dan di
sekolah.
4.
Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis,
dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam
tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.
B.
Kompetensi dasar dan Indikator
Matematika
Kompetensi Dasar
1.2.
Menghargai
nilai-nilai ajaran agama yang dianutnya.
2.1. Menunjukkan
sikap kritis, cermat dan teliti, jujur, tertib dan mengikuti aturan, peduli,
disiplin waktu, tidak mudah menyerah serta bertanggung jawab dalam mengerjakan
tugas.
3.3. Memilih
prosedur pemecahan masalah dengan menganalisis
hubungan antara simbol, informasi yang relevan, dan mengamati pola.
hubungan antara simbol, informasi yang relevan, dan mengamati pola.
4.9. Mengukur besar sudut menggunakan
busur derajat dan mengidentifikasi jenis sudutnya.
Indikator
1.2.1 Mengucapkan syukur ketika berhasil
mengerjakan sesuatu.
2.1.1 Mengumpulkan tugas sesuai dengan waktu yang
ditentukan.
3.3.3.
Memahami prosedur mengukur sudut
4.9.3. Mengukur besar sudut dengan
satuan derajat
PPKn
Kompetensi
Dasar
1.1 Menghargai semangat
kebhinneka tunggal ikaan dan keragaman agama, suku bangsa, pakaian tradisional,
bahasa, rumah adat, makanan khas, upacara adat, sosial, dan ekonomi dalam kehidupan bermasyarakat.
kebhinneka tunggal ikaan dan keragaman agama, suku bangsa, pakaian tradisional,
bahasa, rumah adat, makanan khas, upacara adat, sosial, dan ekonomi dalam kehidupan bermasyarakat.
2.1 Menunjukkan perilaku, disiplin, tanggung
jawab, percaya diri, berani mengakui kesalahan,
meminta maaf dan memberi maaf yang dijiwai keteladanan pahlawan kemerdekaan RI dalam semangat perjuangan, cinta tanah air, dan rela berkorban sebagai perwujudan nilai dan moral Pancasila.
meminta maaf dan memberi maaf yang dijiwai keteladanan pahlawan kemerdekaan RI dalam semangat perjuangan, cinta tanah air, dan rela berkorban sebagai perwujudan nilai dan moral Pancasila.
3.5 Memahami Nilai-nilai Persatuan pada
masa Islam
4.5. Mensimulasikan nilai-nilai persatuan
pada masa Islam dalam kehidupan di masyarakat.
Indikator
1.1.1 Menghormati teman yang berbeda agama, dan
suku bangsa.
2.1.1
Menolong
teman yang membutuhkan bantuan
3.5.2.
Menunjukkan peninggalan-peninggalan masa Islam (masjid, pesantren, tradisi keagamaan)
yang mengandung nilai-nilai persatuan
4.5.1. Memerankan tokoh pada masa
Islam yang menjadi simbol persatuan.
Bahasa Indonesia
Kompetensi Dasar
1.2 Meresapi anugerah Tuhan Yang Maha Esa atas
keberadaan proses kehidupan bangsa dan lingkungan alam.
2.5 Memiliki rasa percaya diri dan cinta tanah
air tentang nilai-nilai perkembangan kerajaan Islam melalui pemanfaatan bahasa
Indonesia.
3.5 Menggali informasi dari teks cerita narasi
sejarah tentang nilai-nilai perkembangan kerajaan Islam di Indonesia dengan
bantuan guru dan
teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku
teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku
4.5
Mengolah dan menyajikan teks cerita narasi sejarah tentang nilai-nilai
perkembangan kerajaan Islam di Indonesia secara mandiri dalam bahasa Indonesia
lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku
Indikator
1.2.1 Menunjukkan sikap peduli terhadap lingkungan
alam.
2.5.1 Menyatakan pendapat tentang nilai-nilai
perkembangan kerajaan Islam Indonesia
3.5.4.
Menjelaskan nilai-nilai perkembangan kerajaan Islam Indonesia dari teks cerita
sejarah tentang perkembangan kerajaan Islam di Indonesia
4.5.4.
Menuliskan kembali teks cerita sejarah tentang nilai-nilai perkembangan
kerajaan Islam di Indonesia dengan bahasa sendiri
IPS
Kompetensi Dasar
1.1 Menerima karunia Tuhan YME yang telah menciptakan waktu
dengan segala perubahannya.
dengan segala perubahannya.
2.1 Menunjukkan
perilaku bijaksana dan bertanggung jawab, peduli, santun dan percaya diri
sebagaimana ditunjukkan oleh tokoh-tokoh pada masa penjajahan dan gerakan kebangsaan
dalam menumbuhkan rasa kebangsaan.
3.2 Mengenal
perubahan dan keberlanjutan yang terjadi dalam kehidupan manusia dan masyarakat
Indonesia pada masa penjajahan, masa tumbuhnya rasa kebangsaan serta perubahan
dalam aspek sosial, ekonomi, pendidikan
dan budaya
dan budaya
4.2 Menceritakan
hasil pengamatan mengenai perubahan dan keberlanjutan
yang terjadi dalam kehidupan manusia dan masyarakat
Indonesia pada masa penjajahan, masa tumbuhnya rasa kebangsaan serta perubahan dalam aspek sosial, ekonomi, pendidikan dan budaya dalam berbagai jenis media
yang terjadi dalam kehidupan manusia dan masyarakat
Indonesia pada masa penjajahan, masa tumbuhnya rasa kebangsaan serta perubahan dalam aspek sosial, ekonomi, pendidikan dan budaya dalam berbagai jenis media
Indikator
1.1.1.
Menyesuaikan diri dengan perubahan kehidupan manusia dan masyarakat Indonesia
dan masyarakat Indonesia dan dampak keberlanjutannya di bidang sosial, ekonomi, pendidikan, dan budaya pada masa
penjajahan dengan tetap berpegang pada ajaran islam.
2.1.1.
Menyatakan pendapat tentang perubahan kehidupan manusia dan masyarakat
Indonesia dan dampak keberlanjutannya di bidang sosial, ekonomi, pendidikan, dan budaya pada
masa penjajahan
masa penjajahan
3.2.1.
Menunjukkan perubahan kehidupan manusia dan masyarakat
Indonesia dan dampak keberlanjutannya di bidang sosial, ekonomi, pendidikan, dan budaya pada masa penjajahan
4.2.1.
Bercerita secara lisan dengan metode terpandu perubahan kehidupan manusia dan masyarakat Indonesia dan dampak keberlanjutannya
di bidang sosial, ekonomi, pendidikan, dan budaya pada masa
penjajahan.
Materi Pembelajaran
1.
Mengukur besar sudut dengan satuan derajat
2.
Peninggalan-peninggalan
masa Islam (masjid, pesantren, tradisi keagamaan) yang mengandung nilai-nilai persatuan.
3.
Nilai-nilai
perkembangan kerajaan Islam Indonesia
4.
Perubahan kehidupan manusia dan masyarakat Indonesia dan dampak
keberlanjutannya di bidang sosial, ekonomi, pendidikan, dan budaya pada masa penjajahan.
C.
Kegiatan Pembelajaran
Pendahuluan
|
|
10 Menit
|
Kegiatan Inti
|
-
Mengamati
·
Peserta didik mengamati gambar masjid Agung Demak dan
diminta untuk membuat sketsa dari gambar masjid tersebut.
·
Peserta didik membaca dengan seksama petunjuk mengukur
sudut menggunakan busur derajat.
-
Mengumpulkan informasi
·
Peserta didik melingkari salah satu sudut yang mereka temukan dalam
gambar sketsa dan menggunakan busur derajat untuk mengukur besarnya sudut
tersebut.
-
Menanya
·
Peserta didik menannyakan pekerjaan pada teman sebangkunya
dan memeriksa apakah cara pengukuran dan hasil pengukuran mereka sudah tepat.
-
Mengamati
·
Peserta didik mencermati bacaan tentang kesultanan
gowa.
·
Peserta didik diminta untuk menggarisbawahi
informasi-informasi penting dan kata-kata sulit yang mereka temukan dalam
bacaan.
-
Menanya
·
Peserta didik
berdiskusi dengan teman sebangkunya atau
menanyakan arti dari kata-kata sulit yang ditemukan
kepada teman dan pendidik.
-
Menalar
·
Peserta didik kemudian menganalisa nilai-nilai kesatuan
dan persatuan yang dapat mereka temukan dalam bacaan untuk kemudian mereka
catat di lembar yang telah disediakan.
-
Mengamati
·
Peserta didik membaca bacaan tentang Sultan Hasanuddin.
·
Peserta didik mencermati nilai-nilai kepemimpinan
sultan hasanuddin sebagai tokoh persatuan dan kesatuan.
-
Mengolah informasi
·
Peserta didik dan kelompoknya mendiskusikan sikap apa
yang akan digunakan untuk memerankan tokoh Sultan Hasanuddin.
-
Mempraktekkan
·
Peserta didik dan kelompoknya memerankan tokoh Sultan Hasanuddin
sesuai dengan diskusi mereka.
-
Mengamati
·
Peserta didik membaca dan mencermati informasi tentang tokoh-
tokoh kerajaan islam yang ada di indonesia seperti: Sultan Iskandar, dan
Sultan Ageng Tritayasa.
-
Menanya
·
Peserta didik menjawab pertanyaan tentang tokoh-tokoh
kerajaan islam yang ada di buku.
-
Mengamati
·
Peserta didik dengan kelompoknya mencermati bacaan
singkat tentang lini perubahan yang ada di buku.
-
Mengolah informasi
·
Setelah itu peserta didik dan kelompoknya mendiskusikan
lini-lini perubahan pada masa kehidupan bangsa indonesia.
·
Peserta didik menuliskan hasil dari diskusi tentang
lini perubahan yang terjadi pada masa kehidupan bangsa indonesia.
-
Mengomunikasikan
·
Peserta didik mempresentasikan hasil diskusi dengan
kelompoknya di depan kelas.
|
150
Menit
|
Penutup
|
|
15 Menit
|
D. Penilaian
Kisi-kisi Penilaian
Indikator Kompetensi
|
Teknik Penilaian
|
Bentuk Penilaian
|
Instrumen Penilaian
|
Matematika
1.2.1 Mengucapkan syukur ketika
berhasil mengerjakan sesuatu.
2.1.1 Mengumpulkan tugas sesuai
dengan waktu yang ditentukan.
3.3.3. Memahami prosedur mengukur sudut.
4.9.3. Mengukur besar sudut dengan satuan derajat.
|
Non tes
Non tes
Tes
Non tes
|
Observasi
Observasi
Tes tulis
Unjuk Kerja
|
Checklist
Checklist
Uraian
Rating scale
|
PPKn
1.1.1
Menghormati teman yang berbeda agama, dan suku bangsa.
2.1.1 Menolong teman yang membutuhkan bantuan.
3.5.2. Menunjukkan peninggalan-peninggalan masa
Islam (masjid, pesantren, tradisi keagamaan) yang mengandung nilai-nilai
persatuan.
4.5.1. Memerankan
tokoh pada masa Islam yang menjadi simbol persatuan.
|
Non tes
Non tes
Tes
Non tes
|
Observasi
Observasi
Tes tulis
Unjuk Kerja
|
Checklist
Checklist
Uraian
Rating scale
|
Bahasa Indonesia
1.2.1 Menunjukkan sikap peduli
terhadap lingkungan alam.
2.5.1 Menyatakan pendapat tentang
nilai-nilai perkembangan kerajaan Islam Indonesia.
3.5.4. Menjelaskan nilai-nilai perkembangan kerajaan Islam Indonesia dari
teks cerita sejarah tentang perkembangan kerajaan Islam di Indonesia.
4.5.4. Menuliskan kembali teks cerita sejarah tentang nilai-nilai
perkembangan kerajaan Islam di Indonesia dengan bahasa sendiri.
|
Non tes
Non tes
Tes
Non tes
|
Observasi
Observasi
Tes tulis
Unjuk Kerja
|
Checklist
Checklist
Uraian
Rating scale
|
IPS
1.1.1. Menyesuaikan diri dengan perubahan kehidupan manusia dan
masyarakat Indonesia dan masyarakat Indonesia dan dampak keberlanjutannya di bidang
sosial, ekonomi, pendidikan, dan budaya pada masa penjajahan dengan tetap
berpegang pada ajaran islam.
2.1.1. Menyatakan pendapat tentang perubahan kehidupan manusia dan
masyarakat Indonesia dan dampak
keberlanjutannya di bidang sosial,
ekonomi, pendidikan, dan budaya pada masa penjajahan.
3.2.1. Menunjukkan perubahan kehidupan manusia dan
masyarakat Indonesia dan dampak
keberlanjutannya di bidang sosial,
ekonomi, pendidikan, dan budaya pada masa penjajahan.
4.2.1. Bercerita secara lisan dengan metode terpandu perubahan kehidupan
manusia dan masyarakat Indonesia dan dampak keberlanjutannya di bidang
sosial, ekonomi, pendidikan, dan
budaya pada masa penjajahan.
|
Non tes
Non tes
Tes
Non tes
|
Observasi
Observasi
Tes tulis
Unjuk Kerja
|
Checklist
Checklist
Uraian
Rating scale
|
Format penilaian checklist
Matematika
1.2.1 Mengucapkan
syukur ketika berhasil mengerjakan sesuatu.
2.1.1 Mengumpulkan
tugas sesuai dengan waktu yang ditentukan.
PPKn
1.1.1 Menghormati teman yang berbeda agama, dan
suku bangsa.
2.1.1 Menolong teman yang membutuhkan bantuan.
Bahasa Indonesia
1.2.1
Menunjukkan sikap peduli terhadap lingkungan alam.
2.5.1
Menyatakan pendapat tentang nilai-nilai perkembangan kerajaan Islam
Indonesia.
IPS
1.1.1. Menyesuaikan diri dengan perubahan kehidupan manusia dan masyarakat
Indonesia dan masyarakat Indonesia dan dampak keberlanjutannya di bidang
sosial, ekonomi, pendidikan, dan budaya pada masa penjajahan dengan tetap
berpegang pada ajaran islam.
2.1.1.
Menyatakan pendapat tentang perubahan kehidupan manusia dan masyarakat
Indonesia dan dampak
keberlanjutannya di
bidang sosial, ekonomi, pendidikan, dan budaya pada masa
penjajahan.
Berilah
tanda centang pada kolom “Ya” jika siswa mencapai indikator atau pada kolom
“Tidak” jika siswa tidak mencapai indikator.
No
Absen
|
Nama
Siswa
|
Ketercapaian
Indikator
|
Ya
|
Tidak
|
1
|
Peserta didik mengucapkan syukur ketika berhasil mengerjakan sesuatu.
|
|||
2
|
||||
3
|
||||
4
|
Peserta didik mengumpulkan tugas sesuai dengan waktu yang ditentukan.
|
|||
5
|
||||
dst
|
No
Absen
|
Nama
Siswa
|
Ketercapaian
Indikator
|
Ya
|
Tidak
|
1
|
Peserta didik menghormati
teman yang berbeda agama, dan suku bangsa.
|
|||
2
|
||||
3
|
||||
4
|
Peserta didik menolong
teman yang membutuhkan bantuan.
|
|||
5
|
||||
dst
|
No
Absen
|
Nama
Siswa
|
Ketercapaian
Indikator
|
Ya
|
Tidak
|
1
|
Peserta didik menunjukkan sikap peduli terhadap lingkungan alam.
|
|||
2
|
||||
3
|
||||
4
|
Peserta didik menyatakan pendapat tentang
nilai-nilai perkembangan kerajaan Islam Indonesia
|
|||
5
|
||||
dst
|
No
Absen
|
Nama
Siswa
|
Ketercapaian
Indikator
|
Ya
|
Tidak
|
1
|
Peserta didik menyesuaikan diri
dengan perubahan kehidupan manusia dan
masyarakat Indonesia dan masyarakat Indonesia dan dampak keberlanjutannya di
bidang sosial, ekonomi, pendidikan, dan budaya pada masa penjajahan dengan
tetap berpegang pada ajaran islam.
|
|||
2
|
||||
3
|
||||
4
|
Peserta didik menyatakan
pendapat tentang perubahan kehidupan manusia dan masyarakat Indonesia dan dampak
keberlanjutannya di bidang
sosial, ekonomi, pendidikan, dan budaya pada masa
penjajahan.
|
|||
5
|
||||
dst
|
Tes tulis uraian
Matematika
3.3.3. Memahami prosedur mengukur sudut.
PPKn
3.5.2. Menunjukkan
peninggalan-peninggalan masa Islam (masjid, pesantren, tradisi keagamaan) yang
mengandung nilai-nilai
persatuan.
Bahasa Indonesia
3.5.4. Menjelaskan nilai-nilai perkembangan kerajaan
Islam Indonesia dari teks cerita sejarah tentang perkembangan kerajaan Islam di
Indonesia.
IPS
3.2.1.
Menunjukkan perubahan kehidupan
manusia dan masyarakat Indonesia dan dampak
keberlanjutannya di bidang
sosial, ekonomi, pendidikan, dan budaya pada masa
penjajahan.
Soal Uraian
Jawablah
pertanyaan di bawah ini dengan benar!!
1.
Apa kegunaan busur derajat?
2.
Bagaimana langkah untuk mengukur
besar suatu sudut?
3.
Sebutkan tradisi keagamaan di
Kerajaan Makassar yang mengandung nilai persatuan dan kesatuan?
4.
Apa kisah perjuangan yang
dilakukan Sultan Hasanuddin?
5.
Buatlah lini perubahan
masyarakat indonesia di bidang sosial, ekonomi, pendidikan, dan budaya pada
masa penjajahan.?
Teknik Penskoran =
x 100
Kriteria Penilaian
Jumlah skor keseluruhan : 100
Soal uraian, tiap satu soal yang
benar bernilai 20
a.
Satu soal bernilai 20 apabila jawaban benar
dan menggunakan bahasa Indonesia yang baku.
b.
Satu soal bernilai 15-19 apabila jawaban benar
akan tetapi bahasa Indonesia yang digunakan kurang baku.
c.
Satu soal bernilai 10-14 apabila jawaban benar
akan tetapi bahasa Indonesia yang digunakan tidak baku.
d.
Satu soal bernilai 5-9 apabila jawaban kurang
benar akan tetapi bahasa Indonesia yang digunakan baku.
e.
Satu soal bernilai 1-4 apabila jawaban kurang
benar dan bahasa Indonesia yang digunakan kurang baku.
f.
Satu soal bernilai 0
apabila jawaban salah
Format Penilaian Rating Scale
Matematika
4.9.3. Mengukur besar sudut dengan satuan derajat.
No
|
Nama
Siswa
|
Aspek yang diamati
|
NA
|
|||||||||||
Pengetahuan
|
Keterampilan Menggunakan Busur Derajat
|
Sikap Ketelitian
|
||||||||||||
4
|
3
|
2
|
1
|
4
|
3
|
2
|
1
|
4
|
3
|
2
|
1
|
|||
1.
|
||||||||||||||
2.
|
||||||||||||||
3.
|
||||||||||||||
4.
|
||||||||||||||
5.
|
||||||||||||||
dst
|
Kriteria Penilaian
Kriteria
|
Baik Sekali
|
Baik
|
Cukup
|
Kurang
|
(4)
|
(3)
|
(2)
|
(1)
|
|
Pengetahuan
|
Pengetahuan
peserta didik tentang ukuran sudut sangat tepat |
Pengetahuan
peserta didik tentang ukuran sudut cukup tepat |
Pengetahuan
peserta didik tentang ukuran sudut kurang tepat |
Pengetahua peserta
didik tentang ukuran sudut masih
membutuhkan bantuan dari pendidik |
Keterampilan Menggunakan Busur Derajat
|
Peserta didik
menunjukkan keterampilan dalam menggunakan busur derajat dengan baik dan cermat untuk membandingkan besar kecilnya sudut |
Peserta didik menunjukkan
keterampilan dalam menggunakan busur derajat dengan cukup baik untuk membandingkan besar kecilnya sudut, namun masih kurang cermat |
Peserta didik menunjukkan
keterampilan dalam menggunakan busur derajat dengan cukup baik untuk membandingkan besar kecilnya sudut, namun tidak cermat |
Peserta didik menunjukkan keterampilan dalam
menggunakan busur derajat untuk membandingkan besar kecilnya sudut dan masih kurang mandiri |
Sikap Ketelitian
|
Peserta didik menunjukkan
sikap ketelitian yang tinggi dalam membandingkan sudut menggunakan model sudut |
Peserta didik menunjukkan
sikap ketelitian yang cukup baik dalam membandingkan sudut menggunakan model sudut |
Peserta didik menunjukkan
sikap ketelitian yang kurang baik dalam membandingkan sudut menggunakan model sudut |
Peserta didik masih belum teliti
dalam membandingkan sudut menggunakan model sudut serta masih membutuhkan bantuan guru |
Format Penilaian Rating Scale
PPKn
4.5.1. Memerankan tokoh pada masa Islam yang
menjadi simbol persatuan.
No
|
Nama
Siswa
|
Aspek yang diamati
|
NA
|
|||||||||||
Dialog Drama
|
Keterampilan Bermain Peran
|
Sikap Percaya Diri
|
||||||||||||
4
|
3
|
2
|
1
|
4
|
3
|
2
|
1
|
4
|
3
|
2
|
1
|
|||
1.
|
||||||||||||||
2.
|
||||||||||||||
3.
|
||||||||||||||
4.
|
||||||||||||||
5.
|
||||||||||||||
dst
|
Kriteria Penilaian
Kriteria
|
Baik Sekali
|
Baik
|
Cukup
|
Kurang
|
(4)
|
(3)
|
(2)
|
(1)
|
|
Dialog Drama
|
Dialog
drama berisi pengetahuan tentang nilai-nilai persatuan serta tokoh pemersatu di masa Kerajaan Islam dengan sangat jelas |
Dialog drama berisi pengetahuan
tentang nilai-nilai persatuan serta tokoh pemersatu di masa Kerajaan Islam, namun masih kurang jelas |
Dialog drama
hanya membahas sedikit tentang nilai-nilai persatuan serta tokoh pemersatu di masa Kerajaan Islam |
Dialog drama
berisi halhal yang jauh melenceng dari pengetahuan tentang nilai-nilai persatuan serta tokoh pemersatu di masa Kerajaan Islam |
Keterampilan Bermain Peran
|
Peserta didik
menunjukkan keterampilan yang sangat baik dalam bermain peran. Hal ini bisa terlihat dari ekspresi yang dipergunakan saat bermain drama |
Peserta didik menunjukkan
keterampilan yang cukup baik dalam bermain peran. Ekspresi yang dipergunakan masih kurang maksimal |
Peserta didik menunjukkan
keterampilan yang kurang baik dalam bermain peran. Ekspresi yang dipergunakan masih kurang dan terlihat malu-malu |
Peserta didik menunjukkan keterampilan yang kurang baik dalam
bermain peran. Ekspresi yang dipergunakan sepanjang drama sangat datar |
Sikap Percaya Diri
|
Peserta didik menunjukkan
sikap percaya diri yang tinggi yang disertai dengan penghapalan dialog drama |
Peserta didik menunjukkan
sikap percaya diri yang cukup tinggi. Dialog drama juga masih kurang dikuasai |
Peserta didik masih kurang
menunjukkan sikap percaya diri yang tinggi dan sesekali masih terlihat malu-malu. Dialog drama juga masih kurang dikuasai |
Peserta didik tidak menunjukkan sikap percaya diri dan masih terlihat malu-malu sepanjang drama berlangsung.
Dialog drama juga masih kurang dikuasai |
Format Penilaian Rating Scale
Bahasa Indonesia
4.5.4.
Menuliskan kembali teks cerita sejarah tentang nilai-nilai perkembangan
kerajaan Islam di Indonesia dengan bahasa sendiri.
No
|
Nama siswa
|
Kriteria
|
NA
|
|||||||
Pengetahuan
|
Kecermatan dan Ketelitian Membuat Kesimpulan
|
|||||||||
4
|
3
|
2
|
1
|
4
|
3
|
2
|
1
|
|||
1.
|
||||||||||
2.
|
||||||||||
3.
|
||||||||||
4.
|
||||||||||
5.
|
||||||||||
dst
|
Kriteria Penilaian
Kriteria
|
Baik Sekali
|
Baik
|
Cukup
|
Kurang
|
(4)
|
(3)
|
(2)
|
(1)
|
|
Pengetahuan
|
Pengetahuan peserta didik tentang nilai-nilai perkembangan
kerajaan islam ditulis dengan sangat lengkap dan jelas. |
Pengetahuan
peserta didik tentang nilai-nilai perkembangan kerajaan islam sebagian besar diantaranya ditulis dengan lengkap dan jelas. |
Pengetahuan
peserta didik tentang nilai-nilai perkembangan kerajaan islam ditulis dengan kurang lengkap. |
Pengetahuan
peserta didik tentang nilai-nilai perkembangan kerajaan islam ditulis dengan sangat tidak lengkap dan masih memerlukan bantuan pendidik. |
Kecermatan dan Ketelitian Membuat Kesimpulan
|
Kesimpulan
yang dibuat siswa sangat jelas dan dapat dengan mudah dimengerti oleh pembaca. |
Kesimpulan
yang dibuat siswa cukup jelas dan dapat dengan mudah dimengerti oleh pembaca. |
Kesimpulan yang dibuat siswa masih kurang jelas di beberapa bagian sehingga sedikit menyulitkan
pembaca. |
Kesimpulan yang dibuat siswa masih
kurang jelas di hampir seluruh bagian sehingga menyulitkan pembaca. |
Format Penilaian Rating Scale
IPS
4.2.1. Bercerita secara lisan
dengan metode terpandu perubahan kehidupan manusia dan masyarakat
Indonesia dan dampak keberlanjutannya di bidang sosial, ekonomi, pendidikan, dan budaya pada masa
penjajahan.
No
|
Nama siswa
|
Kriteria
|
NA
|
|||||||
Pengetahuan
|
Penggunaan Bahasa Indonesia
|
|||||||||
4
|
3
|
2
|
1
|
4
|
3
|
2
|
1
|
|||
1.
|
||||||||||
2.
|
||||||||||
3.
|
||||||||||
4.
|
||||||||||
5.
|
||||||||||
dst
|
Kriteria Penilaian
Kriteria
|
Baik Sekali
|
Baik
|
Cukup
|
Kurang
|
(4)
|
(3)
|
(2)
|
(1)
|
|
Pengetahuan
|
Pengetahuan
peserta didik tentang perubahan-perubahan yang terjadi akibat semangat kebangsaan sangat baik dan menyeluruh. |
Pengetahuan
peserta didik tentang perubahan-perubahan yang terjadi akibat semangat kebangsaan cukup baik dan menyeluruh. |
Pengetahuan
peserta didik tentang perubahan-perubahan yang terjadi akibat semangat kebangsaan masih kurang menyeluruh. |
Pengetahuan
peserta didik tentang perubahan-perubahan yang terjadi akibat semangat kebangsaan masih kurang menyeluruh dan masih membutuhkan penjelasan lebih dari guru. |
Penggunaan Bahasa Indonesia
|
Peserta didik menggunakan bahasa
indonesia yang baku saat bercerita
|
Saat peserta didik bercerita sebagian besar menggunakan bahasa indonesia yang baku
|
Saat peserta didik bercerita hanya beberapa
kata yang menggunakan bahasa indonesia yang baku
|
Saat peserta didik bercerita tidak menggunakan bahasa indonesia yang baku
|
E. Media dan alat
Media :
buku tematik tema 7 “Sejarah Peradapan Indonesia”gambar Sultan Hasanuddin
Alat : busur derajat, pensil
Mengetahui
Kepala Sekolah, Guru
Kelas V
NIP. NIP.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar