Kamis, 05 Mei 2016

RPP Kelas 5 Tema 7 ST 1 PB 4



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan      : MI Al Azhar
Kelas / Semester          : V / 2 (Dua)
Tema / Subtema / PB  : Sejarah Peradaban Indonesia / Kerajaan Islam di Indonesia / IV
Alokasi Waktu            : 5 JPL ( 5 x 35 menit )
A.    Kompetensi Inti ( KI )
1.      Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2.      Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru.
3.      Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpai di rumah dan di sekolah.
4.      Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.
B.     Kompetensi dasar dan Indikator
Matematika
Kompetensi Dasar
1.2.   Menghargai nilai-nilai ajaran agama yang dianutnya.
2.1.    Menunjukkan sikap kritis, cermat dan teliti, jujur, tertib dan mengikuti aturan, peduli, disiplin waktu, tidak mudah menyerah serta bertanggung jawab dalam mengerjakan tugas.
3.3.    Memilih prosedur pemecahan masalah dengan menganalisis
hubungan antara simbol, informasi yang relevan, dan mengamati pola.
4.9.    Mengukur besar sudut menggunakan busur derajat dan mengidentifikasi jenis sudutnya.
Indikator
1.2.1  Mengucapkan syukur ketika berhasil mengerjakan sesuatu.
2.1.1  Mengumpulkan tugas sesuai dengan waktu yang ditentukan.
3.3.3. Memahami prosedur mengukur sudut
4.9.3. Mengukur besar sudut dengan satuan derajat

PPKn
Kompetensi Dasar
1.1    Menghargai semangat
kebhinneka tunggal ikaan dan keragaman agama, suku bangsa, pakaian tradisional,
bahasa, rumah adat, makanan khas, upacara adat, sosial, dan ekonomi dalam kehidupan bermasyarakat.
2.1    Menunjukkan perilaku, disiplin, tanggung jawab, percaya diri, berani mengakui kesalahan,
meminta maaf dan memberi maaf yang dijiwai keteladanan pahlawan kemerdekaan RI dalam semangat perjuangan, cinta tanah air, dan rela berkorban sebagai perwujudan nilai dan moral Pancasila.
3.5    Memahami Nilai-nilai Persatuan pada masa Islam
4.5.   Mensimulasikan nilai-nilai persatuan pada masa Islam dalam kehidupan di masyarakat.
Indikator
1.1.1  Menghormati teman yang berbeda agama, dan suku bangsa.
2.1.1  Menolong teman yang membutuhkan bantuan
3.5.2. Menunjukkan peninggalan-peninggalan masa Islam (masjid, pesantren, tradisi keagamaan) yang mengandung nilai-nilai persatuan
4.5.1. Memerankan tokoh pada masa Islam yang menjadi simbol persatuan.
Bahasa Indonesia
Kompetensi Dasar
1.2  Meresapi anugerah Tuhan Yang Maha Esa atas keberadaan proses kehidupan bangsa dan lingkungan alam.
2.5  Memiliki rasa percaya diri dan cinta tanah air tentang nilai-nilai perkembangan kerajaan Islam melalui pemanfaatan bahasa Indonesia.
3.5  Menggali informasi dari teks cerita narasi sejarah tentang nilai-nilai perkembangan kerajaan Islam di Indonesia dengan bantuan guru dan
teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku
4.5   Mengolah dan menyajikan teks cerita narasi sejarah tentang nilai-nilai perkembangan kerajaan Islam di Indonesia secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku
Indikator
1.2.1  Menunjukkan sikap peduli terhadap lingkungan alam.
2.5.1  Menyatakan pendapat tentang nilai-nilai perkembangan kerajaan Islam Indonesia
3.5.4. Menjelaskan nilai-nilai perkembangan kerajaan Islam Indonesia dari teks cerita sejarah tentang perkembangan kerajaan Islam di Indonesia
4.5.4. Menuliskan kembali teks cerita sejarah tentang nilai-nilai perkembangan kerajaan Islam di Indonesia dengan bahasa sendiri
IPS
Kompetensi Dasar
1.1     Menerima karunia Tuhan YME yang telah menciptakan waktu
dengan segala perubahannya.
2.1   Menunjukkan perilaku bijaksana dan bertanggung jawab, peduli, santun dan percaya diri sebagaimana ditunjukkan oleh tokoh-tokoh pada masa penjajahan dan gerakan kebangsaan dalam menumbuhkan rasa kebangsaan.
3.2   Mengenal perubahan dan keberlanjutan yang terjadi dalam kehidupan manusia dan masyarakat Indonesia pada masa penjajahan, masa tumbuhnya rasa kebangsaan serta perubahan dalam aspek sosial, ekonomi, pendidikan
dan budaya
4.2   Menceritakan hasil pengamatan mengenai perubahan dan keberlanjutan
yang terjadi dalam kehidupan manusia dan masyarakat
Indonesia pada masa penjajahan, masa tumbuhnya rasa kebangsaan serta perubahan dalam aspek sosial, ekonomi, pendidikan dan budaya dalam berbagai jenis media
Indikator
1.1.1. Menyesuaikan diri dengan perubahan kehidupan manusia dan masyarakat Indonesia dan masyarakat Indonesia dan dampak keberlanjutannya di bidang sosial, ekonomi, pendidikan, dan budaya pada masa penjajahan dengan tetap berpegang pada ajaran islam.
2.1.1. Menyatakan pendapat tentang perubahan kehidupan manusia dan masyarakat Indonesia dan dampak keberlanjutannya di bidang sosial, ekonomi, pendidikan, dan budaya pada
 masa penjajahan
3.2.1. Menunjukkan perubahan kehidupan manusia dan masyarakat Indonesia dan dampak keberlanjutannya di bidang sosial, ekonomi, pendidikan, dan budaya pada masa penjajahan
4.2.1. Bercerita secara lisan dengan metode terpandu perubahan kehidupan manusia dan masyarakat Indonesia dan dampak keberlanjutannya di bidang sosial, ekonomi, pendidikan, dan budaya pada masa penjajahan.
Materi Pembelajaran
1.      Mengukur besar sudut dengan satuan derajat
2.      Peninggalan-peninggalan masa Islam (masjid, pesantren, tradisi keagamaan) yang mengandung nilai-nilai persatuan.
3.      Nilai-nilai perkembangan kerajaan Islam Indonesia
4.      Perubahan kehidupan manusia dan masyarakat Indonesia dan dampak keberlanjutannya di bidang sosial, ekonomi, pendidikan, dan budaya pada masa penjajahan.
C.      Kegiatan Pembelajaran
Pendahuluan
  1. Memberi salam dan mengajak berdoa
  2. Memberikan ice breaking dengan melakukan tepuk seperti jika guru berkata merah peserta didik akan melakukan tepuk satu kali, kuning berarti peserta didik melakukan tepuk dua kali, dan hijau tepuk sebannyak tiga kali. Hal ini dilakukan untuk meningkatkan konsentrasi eserta didik.
  3. Guru menyampaikan tujuan pembelajaran.
10 Menit
Kegiatan Inti
-          Mengamati
·         Peserta didik mengamati gambar masjid Agung Demak dan diminta untuk membuat sketsa dari gambar masjid tersebut.
·         Peserta didik membaca dengan seksama petunjuk mengukur sudut menggunakan busur derajat.
-          Mengumpulkan informasi
·         Peserta didik  melingkari salah satu sudut yang mereka temukan dalam gambar sketsa dan menggunakan busur derajat untuk mengukur besarnya sudut tersebut.
-          Menanya
·         Peserta didik menannyakan pekerjaan pada teman sebangkunya dan memeriksa apakah cara pengukuran dan hasil pengukuran mereka sudah tepat.
-          Mengamati
·         Peserta didik mencermati bacaan tentang kesultanan gowa.
·         Peserta didik diminta untuk menggarisbawahi informasi-informasi penting dan kata-kata sulit yang mereka temukan dalam bacaan.
-          Menanya
·         Peserta didik berdiskusi dengan teman sebangkunya atau menanyakan arti dari kata-kata sulit yang ditemukan kepada teman dan pendidik.
-          Menalar
·         Peserta didik kemudian menganalisa nilai-nilai kesatuan dan persatuan yang dapat mereka temukan dalam bacaan untuk kemudian mereka catat di lembar yang telah disediakan.
-          Mengamati
·         Peserta didik membaca bacaan tentang Sultan Hasanuddin.
·         Peserta didik mencermati nilai-nilai kepemimpinan sultan hasanuddin sebagai tokoh persatuan dan kesatuan.
-          Mengolah informasi
·         Peserta didik dan kelompoknya mendiskusikan sikap apa yang akan digunakan untuk memerankan tokoh Sultan Hasanuddin.
-          Mempraktekkan
·         Peserta didik dan kelompoknya memerankan tokoh Sultan Hasanuddin sesuai dengan diskusi mereka.
-          Mengamati
·         Peserta didik membaca dan mencermati informasi tentang tokoh- tokoh kerajaan islam yang ada di indonesia seperti: Sultan Iskandar, dan Sultan Ageng Tritayasa.
-          Menanya
·         Peserta didik menjawab pertanyaan tentang tokoh-tokoh kerajaan islam yang ada di buku.
-          Mengamati
·         Peserta didik dengan kelompoknya mencermati bacaan singkat tentang lini perubahan yang ada di buku.
-          Mengolah informasi
·         Setelah itu peserta didik dan kelompoknya mendiskusikan lini-lini perubahan pada masa kehidupan bangsa indonesia.
·         Peserta didik menuliskan hasil dari diskusi tentang lini perubahan yang terjadi pada masa kehidupan bangsa indonesia.
-          Mengomunikasikan
·         Peserta didik mempresentasikan hasil diskusi dengan kelompoknya di depan kelas.
150
Menit
Penutup
  1. Guru merefleksi materi yang sudah didiskusikan.
  2. Guru memberikan tugas lanjutan berupa PR.
  3. Guru mengabsen peserta didik sembari melakukan proses penilaian.
  4. Peserta didik memimpin doa di akhir pembelajaran.
  5. Guru mengucapkan salam penutup.
15 Menit

D.  Penilaian
Kisi-kisi Penilaian
Indikator Kompetensi
Teknik Penilaian
Bentuk Penilaian
Instrumen Penilaian
Matematika
1.2.1  Mengucapkan syukur ketika berhasil mengerjakan sesuatu.

2.1.1  Mengumpulkan tugas sesuai dengan waktu yang ditentukan.
3.3.3. Memahami prosedur mengukur sudut.
4.9.3. Mengukur besar sudut dengan satuan derajat.

Non tes


Non tes

Tes

Non tes

Observasi


Observasi

Tes tulis

Unjuk Kerja

Checklist


Checklist

Uraian

Rating scale
PPKn
1.1.1  Menghormati teman yang berbeda agama, dan suku bangsa.
2.1.1  Menolong teman yang membutuhkan bantuan.

3.5.2. Menunjukkan peninggalan-peninggalan masa Islam (masjid, pesantren, tradisi keagamaan) yang mengandung nilai-nilai persatuan.
4.5.1. Memerankan tokoh pada masa Islam yang menjadi simbol persatuan.


Non tes


Non tes

Tes



Non tes

Observasi


Observasi

Tes tulis



Unjuk Kerja

Checklist


Checklist

Uraian



Rating scale
Bahasa Indonesia
1.2.1  Menunjukkan sikap peduli terhadap lingkungan alam.
2.5.1  Menyatakan pendapat tentang nilai-nilai perkembangan kerajaan Islam Indonesia.
3.5.4. Menjelaskan nilai-nilai perkembangan kerajaan Islam Indonesia dari teks cerita sejarah tentang perkembangan kerajaan Islam di Indonesia.
4.5.4. Menuliskan kembali teks cerita sejarah tentang nilai-nilai perkembangan kerajaan Islam di Indonesia dengan bahasa sendiri.

Non tes


Non tes

Tes




Non tes

Observasi


Observasi

Tes tulis




Unjuk Kerja

Checklist


Checklist

Uraian




Rating scale
IPS
1.1.1. Menyesuaikan diri dengan perubahan kehidupan manusia dan masyarakat Indonesia dan masyarakat Indonesia dan dampak keberlanjutannya di bidang sosial, ekonomi, pendidikan, dan budaya pada masa penjajahan dengan tetap berpegang pada ajaran islam.
2.1.1. Menyatakan pendapat tentang perubahan kehidupan manusia dan masyarakat Indonesia dan dampak keberlanjutannya di bidang sosial, ekonomi, pendidikan, dan budaya pada masa penjajahan.
3.2.1. Menunjukkan perubahan kehidupan manusia dan masyarakat Indonesia dan dampak keberlanjutannya di bidang sosial, ekonomi, pendidikan, dan budaya pada masa penjajahan.
4.2.1. Bercerita secara lisan dengan metode terpandu perubahan kehidupan manusia dan masyarakat Indonesia dan dampak keberlanjutannya di bidang sosial, ekonomi, pendidikan, dan budaya pada masa penjajahan.

Non tes







Non tes






Tes




Non tes

Observasi







Observasi






Tes tulis




Unjuk Kerja

Checklist







Checklist






Uraian




Rating scale

Format penilaian checklist
Matematika
1.2.1  Mengucapkan syukur ketika berhasil mengerjakan sesuatu.
2.1.1  Mengumpulkan tugas sesuai dengan waktu yang ditentukan.
PPKn
1.1.1  Menghormati teman yang berbeda agama, dan suku bangsa.
2.1.1  Menolong teman yang membutuhkan bantuan.
Bahasa Indonesia
1.2.1  Menunjukkan sikap peduli terhadap lingkungan alam.
2.5.1  Menyatakan pendapat tentang nilai-nilai perkembangan kerajaan Islam Indonesia.
IPS
1.1.1. Menyesuaikan diri dengan perubahan kehidupan manusia dan masyarakat Indonesia dan masyarakat Indonesia dan dampak keberlanjutannya di bidang sosial, ekonomi, pendidikan, dan budaya pada masa penjajahan dengan tetap berpegang pada ajaran islam.
2.1.1. Menyatakan pendapat tentang perubahan kehidupan manusia dan masyarakat Indonesia dan dampak keberlanjutannya di bidang sosial, ekonomi, pendidikan, dan budaya pada masa penjajahan.

Berilah tanda centang pada kolom “Ya” jika siswa mencapai indikator atau pada kolom “Tidak” jika siswa tidak mencapai indikator.
No
Absen
Nama Siswa
Ketercapaian Indikator
Ya
Tidak
1

Peserta didik mengucapkan syukur ketika berhasil mengerjakan sesuatu.



2



3



4

Peserta didik mengumpulkan tugas sesuai dengan waktu yang ditentukan.


5



dst




No
Absen
Nama Siswa
Ketercapaian Indikator
Ya
Tidak
1

Peserta didik menghormati teman yang berbeda agama, dan suku bangsa.


2



3



4

Peserta didik menolong teman yang membutuhkan bantuan.


5



dst




No
Absen
Nama Siswa
Ketercapaian Indikator
Ya
Tidak
1

Peserta didik menunjukkan sikap peduli terhadap lingkungan alam.


2



3



4

Peserta didik menyatakan pendapat tentang nilai-nilai perkembangan kerajaan Islam Indonesia



5



dst




No
Absen
Nama Siswa
Ketercapaian Indikator
Ya
Tidak
1

Peserta didik menyesuaikan diri
dengan perubahan kehidupan manusia dan masyarakat Indonesia dan masyarakat Indonesia dan dampak keberlanjutannya di bidang sosial, ekonomi, pendidikan, dan budaya pada masa penjajahan dengan tetap berpegang pada ajaran islam.


2



3



4

Peserta didik menyatakan pendapat tentang perubahan kehidupan manusia dan masyarakat Indonesia dan dampak keberlanjutannya di bidang sosial, ekonomi, pendidikan, dan budaya pada masa penjajahan.


5



dst




Tes tulis uraian
Matematika
3.3.3. Memahami prosedur mengukur sudut.
PPKn
3.5.2. Menunjukkan peninggalan-peninggalan masa Islam (masjid, pesantren, tradisi keagamaan) yang mengandung nilai-nilai persatuan.
Bahasa Indonesia
3.5.4. Menjelaskan nilai-nilai perkembangan kerajaan Islam Indonesia dari teks cerita sejarah tentang perkembangan kerajaan Islam di Indonesia.
IPS
3.2.1. Menunjukkan perubahan kehidupan manusia dan masyarakat Indonesia dan dampak keberlanjutannya di bidang sosial, ekonomi, pendidikan, dan budaya pada masa penjajahan.
Soal Uraian
Jawablah pertanyaan di bawah ini dengan benar!!
1.      Apa kegunaan busur derajat?
2.      Bagaimana langkah untuk mengukur besar suatu sudut?
3.      Sebutkan tradisi keagamaan di Kerajaan Makassar yang mengandung nilai persatuan dan kesatuan?
4.      Apa kisah perjuangan yang dilakukan Sultan Hasanuddin?
5.      Buatlah lini perubahan masyarakat indonesia di bidang sosial, ekonomi, pendidikan, dan budaya pada masa penjajahan.?

Teknik Penskoran = x 100
Kriteria Penilaian
Jumlah skor keseluruhan         : 100
Soal uraian, tiap satu soal yang benar bernilai 20
a.       Satu soal bernilai 20 apabila jawaban benar dan menggunakan bahasa Indonesia yang baku.
b.      Satu soal bernilai 15-19 apabila jawaban benar akan tetapi bahasa Indonesia yang digunakan kurang baku.
c.       Satu soal bernilai 10-14 apabila jawaban benar akan tetapi bahasa Indonesia yang digunakan tidak baku.
d.      Satu soal bernilai 5-9 apabila jawaban kurang benar akan tetapi bahasa Indonesia yang digunakan baku.
e.       Satu soal bernilai 1-4 apabila jawaban kurang benar dan bahasa Indonesia yang digunakan kurang baku.
f.       Satu soal bernilai 0 apabila jawaban salah

Format Penilaian Rating Scale
Matematika
4.9.3. Mengukur besar sudut dengan satuan derajat.
No
Nama Siswa
Aspek yang diamati
NA
Pengetahuan
Keterampilan Menggunakan Busur Derajat
Sikap Ketelitian
4
3
2
1
4
3
2
1
4
3
2
1

1.














2.














3.














4.














5.














dst















Kriteria Penilaian
Kriteria
Baik Sekali
Baik
Cukup
Kurang
(4)
(3)
(2)
(1)
Pengetahuan
Pengetahuan
peserta didik tentang ukuran sudut sangat tepat
Pengetahuan
peserta didik tentang ukuran sudut cukup tepat
Pengetahuan
peserta didik tentang ukuran sudut kurang tepat
Pengetahua peserta didik tentang ukuran sudut masih
membutuhkan
bantuan dari
pendidik
Keterampilan Menggunakan Busur Derajat
Peserta didik
menunjukkan
keterampilan
dalam
menggunakan
busur derajat
dengan baik dan
cermat untuk
membandingkan
besar kecilnya
sudut



Peserta didik menunjukkan
keterampilan
dalam
menggunakan
busur derajat
dengan cukup
baik untuk
membandingkan
besar kecilnya
sudut, namun
masih kurang
cermat
Peserta didik menunjukkan
keterampilan
dalam
menggunakan
busur derajat
dengan cukup
baik untuk
membandingkan
besar kecilnya
sudut, namun
tidak cermat
Peserta didik menunjukkan keterampilan dalam
menggunakan
busur derajat
untuk
membandingkan
besar kecilnya
sudut dan masih
kurang mandiri
Sikap Ketelitian
Peserta didik menunjukkan
sikap
ketelitian
yang tinggi dalam
membandingkan
sudut
menggunakan
model sudut
Peserta didik menunjukkan
sikap ketelitian
yang cukup
baik dalam
membandingkan
sudut
menggunakan
model sudut
Peserta didik menunjukkan
sikap ketelitian
yang kurang
baik dalam
membandingkan
sudut
menggunakan
model sudut
Peserta didik masih belum teliti
dalam
membandingkan
sudut
menggunakan
model sudut
serta masih
membutuhkan
bantuan guru

Format Penilaian Rating Scale
PPKn
4.5.1. Memerankan tokoh pada masa Islam yang menjadi simbol persatuan.
No
Nama Siswa
Aspek yang diamati
NA
Dialog Drama
Keterampilan Bermain Peran
Sikap Percaya Diri
4
3
2
1
4
3
2
1
4
3
2
1

1.














2.














3.














4.














5.














dst




















Kriteria Penilaian
Kriteria
Baik Sekali
Baik
Cukup
Kurang
(4)
(3)
(2)
(1)
Dialog Drama
Dialog
drama berisi
pengetahuan
tentang nilai-nilai
persatuan serta tokoh pemersatu
di masa
Kerajaan Islam dengan sangat jelas
Dialog drama berisi pengetahuan
tentang nilai-nilai
persatuan serta tokoh pemersatu di masa Kerajaan
Islam, namun
masih kurang
jelas
Dialog drama
hanya membahas
sedikit tentang
nilai-nilai
persatuan serta
tokoh pemersatu
di masa Kerajaan
Islam
Dialog drama
berisi halhal yang jauh
melenceng dari pengetahuan
tentang nilai-nilai
persatuan serta tokoh pemersatu di masa Kerajaan
Islam

Keterampilan Bermain Peran
Peserta didik
menunjukkan
keterampilan
yang sangat baik
dalam bermain
peran. Hal ini
bisa terlihat dari
ekspresi yang
dipergunakan
saat bermain
drama
Peserta didik menunjukkan
keterampilan
yang cukup
baik dalam
bermain peran.
Ekspresi yang
dipergunakan
masih kurang
maksimal
Peserta didik menunjukkan
keterampilan
yang kurang
baik dalam
bermain peran.
Ekspresi yang
dipergunakan
masih kurang dan
terlihat malu
-malu
Peserta didik menunjukkan keterampilan yang kurang baik dalam
bermain peran.
Ekspresi yang
dipergunakan
sepanjang drama
sangat datar
Sikap Percaya Diri
Peserta didik menunjukkan
sikap percaya diri
yang tinggi yang disertai dengan penghapalan
dialog drama
Peserta didik menunjukkan
sikap percaya diri
yang cukup tinggi.
Dialog drama juga
masih kurang dikuasai
Peserta didik masih kurang
menunjukkan
sikap percaya diri
yang tinggi dan
sesekali masih
terlihat malu-malu. Dialog drama juga masih kurang dikuasai
Peserta didik tidak menunjukkan sikap percaya diri dan masih terlihat malu-malu sepanjang drama berlangsung.
Dialog drama juga
masih kurang
dikuasai





Format Penilaian Rating Scale
Bahasa Indonesia
4.5.4. Menuliskan kembali teks cerita sejarah tentang nilai-nilai perkembangan kerajaan Islam di Indonesia dengan bahasa sendiri.
No
Nama siswa
Kriteria
NA
Pengetahuan
Kecermatan dan Ketelitian Membuat Kesimpulan
4
3
2
1
4
3
2
1

1.










2.










3.










4.










5.










dst











Kriteria Penilaian
Kriteria
Baik Sekali
Baik
Cukup
Kurang
(4)
(3)
(2)
(1)
Pengetahuan
Pengetahuan peserta didik tentang nilai-nilai perkembangan
kerajaan islam
ditulis dengan
sangat lengkap
dan jelas
.
Pengetahuan
peserta didik tentang nilai-nilai
perkembangan
kerajaan islam
sebagian besar
diantaranya
ditulis dengan
lengkap dan
jelas
.
Pengetahuan
peserta didik tentang nilai-nilai
perkembangan
kerajaan islam
ditulis dengan
kurang lengkap
.
Pengetahuan
peserta didik tentang nilai-nilai
perkembangan
kerajaan islam ditulis dengan sangat tidak lengkap dan masih
memerlukan
bantuan
pendidik.
Kecermatan dan Ketelitian Membuat Kesimpulan
Kesimpulan
yang dibuat
siswa sangat
jelas dan dapat
dengan mudah
dimengerti oleh
pembaca
.
Kesimpulan
yang dibuat
siswa cukup
jelas dan dapat
dengan mudah
dimengerti oleh
pembaca.
Kesimpulan yang dibuat siswa masih kurang jelas di beberapa bagian sehingga sedikit menyulitkan
pembaca
.
Kesimpulan yang dibuat siswa masih
kurang jelas di
hampir seluruh
bagian sehingga
menyulitkan
pembaca.
Format Penilaian Rating Scale
IPS
4.2.1. Bercerita secara lisan dengan metode terpandu perubahan kehidupan manusia dan masyarakat Indonesia dan dampak keberlanjutannya di bidang sosial, ekonomi, pendidikan, dan budaya pada masa penjajahan.
No
Nama siswa
Kriteria
NA
Pengetahuan
Penggunaan Bahasa Indonesia
4
3
2
1
4
3
2
1

1.










2.










3.










4.










5.










dst











Kriteria Penilaian
Kriteria
Baik Sekali
Baik
Cukup
Kurang
(4)
(3)
(2)
(1)
Pengetahuan
Pengetahuan
peserta didik tentang
perubahan
-perubahan yang terjadi akibat semangat
kebangsaan
sangat baik dan
menyeluruh
.
Pengetahuan
peserta didik tentang
perubahan
-perubahan yang terjadi akibat semangat
kebangsaan
cukup baik dan
menyeluruh
.
Pengetahuan
peserta didik tentang
perubahan
-perubahan yang terjadi akibat
semangat
kebangsaan masih kurang menyeluruh.
Pengetahuan
peserta didik tentang
perubahan-perubahan yang terjadi akibat semangat kebangsaan
masih kurang menyeluruh dan masih membutuhkan
penjelasan lebih dari guru.
Penggunaan Bahasa Indonesia
Peserta didik menggunakan bahasa indonesia yang baku saat bercerita
Saat peserta didik bercerita sebagian besar menggunakan bahasa indonesia yang baku
Saat peserta didik bercerita hanya beberapa kata yang menggunakan bahasa indonesia yang baku

Saat peserta didik bercerita tidak menggunakan bahasa indonesia yang baku

E.  Media dan alat
Media         : buku tematik tema 7 “Sejarah Peradapan Indonesia”gambar Sultan Hasanuddin
Alat                        : busur derajat, pensil






Mengetahui                                                                                       
Kepala Sekolah,                                                                                Guru Kelas V

                                                                                                                                               
NIP.                                                                                                    NIP.





Tidak ada komentar:

Posting Komentar