Kamis, 05 Mei 2016

RPP Kelas 5 Tema 7 ST 1 PB 5



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan      : MI Al Azhar
Kelas / Semester          : V / 2 (Dua)
Tema / Subtema / PB  : Sejarah Peradaban Indonesia / Kerajaan Islam di Indonesia / V
Alokasi Waktu            : 5 JPL ( 5 x 35 menit )
A.    Kompetensi Inti ( KI )
1.      Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2.      Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru.
3.      Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpai di rumah dan di sekolah.
4.      Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.

B.     Kompetensi dasar dan Indikator
PJOK
Kompetensi Dasar
1.1   Menghargai tubuh dengan seluruh perangkat gerak dan kemampuannya sebagai anugerah Tuhan yang tidak ternilai.
2.1   Berperilaku sportif dalam bermain.
3.5   Memahami konsep aktivitas latihan daya tahan jantung dan paru (cardiorespiratory)
untuk pengembangan kebugaran jasmani
4.5   Mempraktikkan aktivitas jantung dan paru (cardiorespiratory) untuk pengembangan kebugaran jasmani.
Indikator
1.1.1. Menjaga kesehatan tubuh dengan berolahraga.
2.1.1. Menolak berbuat curang saat bermain.
3.5.3. Memberikan contoh aktivitas latihan daya tahan jantung dan paru
4.5.4. Melakukan aktivitas latihan daya tahan jantung dan paru
SBdP
Kompetensi Dasar
1.1   Menerima kekayaan dan keragaman karya seni daerah sebagai anugerah Tuhan.
2.1   Menunjukkan rasa percaya diri dalam mengolah karya seni. sumber ide dalam berkarya seni.
3.5   Memahami unsur-unsur budaya daerah dalam bahasa daerah.
4.17 Menceritakan secara lisan dan tulisan unsur-unsur budaya daerah menggunakan bahasa daerah.
Indikator
1.1.1. Bersyukur atas keragaman karya seni daerah yang ada di indonesia.
2.1.1. Menyatakan pendapat tentang unsur-unsur dan istilah kesenian.
3.5.2. Menyebutkan unsur-unsur budaya daerah
4.17.1. Menjelaskan secara tertulis keunikan karya seni/kerajinan
daerah dalam bahasa daerah setempat.
Bahasa Indonesia
Kompetensi Dasar
1.2  Meresapi anugerah Tuhan Yang Maha Esa atas keberadaan proses kehidupan bangsa dan lingkungan alam.
2.5  Memiliki rasa percaya diri dan cinta tanah air tentang nilai-nilai perkembangan kerajaan Islam melalui pemanfaatan bahasa Indonesia.
3.5  Menggali informasi dari teks cerita narasi sejarah tentang nilai-nilai perkembangan kerajaan Islam di Indonesia dengan bantuan guru dan teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku
4.5   Mengolah dan menyajikan teks cerita narasi sejarah tentang nilai-nilai perkembangan kerajaan Islam di Indonesia secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku
Indikator
1.2.1  Menunjukkan sikap peduli terhadap lingkungan alam.
2.5.1  Menyatakan pendapat tentang nilai-nilai perkembangan kerajaan Islam Indonesia.
3.5.5. Menjawab pertanyaan bacaan tentang perkembangan
kerajaan Islam Indonesia dari teks cerita sejarah tentang nilai-nilai perkembangan kerajaan Islam di Indonesia
4.5.5. Membuat teks cerita sejarah tentang nilai-nilai perkembangan kerajaan Islam yang ada di daerahnya.
IPA
Kompetensi Dasar
1.1   Bertambah keimanannya dengan menyadari hubungan keteraturan dan kompleksitas alam dan jagad raya terhadap kebesaran Tuhan yang menciptakannya, serta mewujudkan nya dalam pengamalan ajaran agama yang dianutnya.
2.1   Menunjukkan perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu; obyektif; jujur; teliti; cermat; tekun; hati-hati; bertanggung jawab; terbuka; dan peduli lingkungan) dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi sikap dalam melakukan inkuiri ilmiah dan berdiskusi.
3.5   Mengenal rangkaian listrik sederhana dan sifat magnet serta penerapannya dalam kehidupan sehari-hari.
4.5   Membuat electromagnet sederhana dan menggunakannya untuk mendeteksi benda-benda yang ditarik oleh magnet.
Indikator
1.1.1 . Membuat tugas berdasarkan data atau informasi yang sebenarnya.
2.1.1. Melaporkan hasil dari tugas yang dikerjakan berdasarkan data atau informasi yang sebenarnya.
3.5.8. Mengelompokkan benda-benda yang bersifat tidak magnetis.
4.5.7. Mengumpulkan alat dan bahan membuat electromagnet sederhana.
Materi Pembelajaran
1.      Aktivitas latihan daya tahan jantung dan paru (cardiorespiratory).
2.      Motif-motif hias klasik pada masa kerajaan-kerajaan islam di indonesia.
3.      Nilai-nilai perkembangan kerajaan Islam di Indonesia.
4.      Alat dan bahan membuat electromagnet sederhana.
C.      Kegiatan Pembelajaran
Pendahuluan
  1. Memberi salam dan mengajak berdoa
  2. Memberikan ice breaking dengan melakukan tepuk seperti jika guru berkata merah peserta didik akan melakukan tepuk satu kali, kuning berarti peserta didik melakukan tepuk dua kali, dan hijau tepuk sebannyak tiga kali. Hal ini dilakukan untuk meningkatkan konsentrasi eserta didik.
  3. Guru menyampaikan tujuan pembelajaran.
10 Menit
Kegiatan Inti
-          Mengamati
·         Peserta didik membaca teks pendek tentang pentingnya jantung dan paru-paru.
·         Pendidik menstimulus diskusi yang mengarah kepada manfaat menjaga kesehatan, terutama jantung dan paru-paru.
-          Menalar
·         Peserta didik mengemukakan pendapat tentang manfaat lain yang bisa dipetik dari menjaga kesehatan jantung dan paru-paru dengan percaya diri menggunakan pengetahuan yang diperoleh sebelum pencarian informasi.
-          Mengamati
·         Peserta didik mengamati gambar beberapa bentuk aktifitas yang bermanfaat bagi kesehatan jantung dan paru-paru.
-          Mengomunikasikan
·         Peserta didik menjelaskan cara melakukan aktifitas-aktifitas sehat tersebut dengan benar, menjelaskan manfaat yang terdapat dalam aktifitas tersebut, serta perbedaannya dengan aktifitas kesehatan yang lain.
-          Mempraktikkan
·         Peserta didik dengan bantuan pendidik mencoba melakukan langkah-langkah aktifitas yang sudah mereka pelajari sebelumnya diluar lingkungan sekolah.
-          Mengamati
·         Peserta didik  mencermati bacaan tentang motif hias klasik yang terdapat pada masa Kerajaan Islam.
-          Mengolah informasi
·         Peserta didik diminta untuk menggaris bawahi istilah-istilah baru yang mereka temukan dalam bacaan.
·         Peserta didik menuliskan kata-kata sulit dari bacaan kedalam kolom yang disediakan dan mencoba mencari arti dari kata-kata sulit tersebut
-          Menanya
·         Peserta didik berdiskusi dengan teman sebangkunya atau menanyakan arti dari kata-kata sulit yang ditemukan kepada teman dan gurunya.
-          Mengumpulkan informasi
·         Peserta didik berlatih menggunakan kamus untuk
menemukan arti dari kata –kata sulit yang mereka
temukan
-          Menalar atau Mengasosiasi
·         Dengan mengartikan kata-kata sulit dari bacaan,
peserta didik diharapkan lebih bisa memahami isi bacaan dan mampu menuangkan pemahaman tersebut dalam bentuk kesimpulan
-          Mengamati
·         Setelah itu peserta didik mencermati teks bacaan tentang Sunan Kalijaga serta sepak terjang beliau dalam upaya penyebaran agama Islam.
-          Mengumpulkan informasi
·         Pendidik membuka forum diskusi tentang tokoh Sunan Kalijaga serta hasil percampuran budaya local dengan Islam yang sudah beliau ciptakan.
·         Siswa memilih salah satu tema yang tersedia.
·         Siswa membuat kerangka karangan berdasarkan
tema tulisa
n.
·         Siswa mengembangkan kerangka karangan dan
menuangkannya dalam bentuk cerita tertulis
tentang tema tersebut
.
-          Mengamati
·         Peserta didik mengamati setiap gambar benda-benda yang dibawah pendidik.
-          Mengumpulkan informasi
·         Peserta didik mengklasifikasikan benda-benda tersebut ke dalam kelompok benda yang bersifat magnetis dan bukan magnetis.
-          Menanya
·         Pendidik menannyakan pertannyaan tentang apakah benda logam, benda plastik, benda kaca dan benda kayu termasuk ke dalam benda magnetis.
-          Mengolah informasi
·         Peserta didik mendiskusikan serta mengklasifikasikan benda-benda tersebut ke dalam kelompok benda yang bersifat magnetis dan bukan magnetis.
-          Menalar
·         Peserta didik bersama dengan kelompoknya mencoba membuat alat elektromagnetik sederhana.
·         Dengan bantuan pendidik, peserta didik  melakukan percobaan dengan menggunakan benda-benda yang tersedia.
150
Menit
Penutup
  1. Guru merefleksi materi yang sudah didiskusikan.
  2. Guru memberikan tugas lanjutan berupa PR.
  3. Guru mengabsen peserta didik sembari melakukan proses penilaian.
  4. Peserta didik memimpin doa di akhir pembelajaran.
  5. Guru mengucapkan salam penutup.
15 Menit

D.  Penilaian
Kisi-kisi Penilaian
Indikator Kompetensi
Teknik Penilaian
Bentuk Penilaian
Instrumen Penilaian
PJOK
1.1.1.      Menjaga kesehatan tubuh dengan berolahraga.

2.1.1. Menolak berbuat curang saat bermain.
3.5.3. Memberikan contoh aktivitas latihan daya tahan jantung dan paru.
4.5.4. Melakukan aktivitas latihan daya tahan jantung dan paru.

Non tes


Non tes

Tes

Non tes

Observasi


Observasi

Tes tulis

Unjuk Kerja

Checklist


Checklist

Uraian

Rating scale
SBdP
1.1.1.      Bersyukur atas keragaman karya seni daerah yang ada di indonesia.

2.1.1. Menyatakan pendapat tentang unsur-unsur dan istilah kesenian.
3.5.2. Menyebutkan unsur-unsur budaya daerah.
4.17.1. Menjelaskan secara tertulis keunikan karya seni/kerajinan daerah dalam bahasa daerah setempat.

Non tes


Non tes

Tes

Non tes

Observasi


Observasi

Tes tulis

Unjuk kerja

Checklist


Checklist

Uraian

Rating scale
Bahasa Indonesia
1.2.1  Menunjukkan sikap peduli terhadap lingkungan alam.

2.5.1  Menyatakan pendapat tentang nilai-nilai perkembangan kerajaan Islam Indonesia.
3.5.5. Menjawab pertanyaan bacaan tentang perkembangan kerajaan Islam Indonesia dari teks cerita sejarah tentang nilai-nilai perkembangan kerajaan Islam di Indonesia.
4.5.5. Membuat teks cerita sejarah tentang nilai-nilai perkembangan kerajaan Islam yang ada di daerahnya.

Non tes


Non tes


Tes





Non tes

Observasi


Observasi


Tes tulis





Unjuk Kerja

Checklist


Checklist


Uraian





Rating scale
IPA
1.1.1        Membuat tugas berdasarkan data atau informasi yang sebenarnya.

2.1.1. Melaporkan hasil dari tugas yang dikerjakan berdasarkan data atau informasi yang sebenarnya.
3.5.8. Mengelompokkan benda-benda yang bersifat tidak magnetis.

4.5.7. Mengumpulkan alat dan bahan membuat electromagnet sederhana.

Non tes


Non tes


Tes


Non tes

Observasi


Observasi


Tes tulis


Unjuk Kerja

Checklist


Checklist


Uraian


Unjuk Kerja




Format penilaian checklist
PJOK
1.1.1.      Menjaga kesehatan tubuh dengan berolahraga.
2.1.1. Menolak berbuat curang saat bermain.
SBdP
1.1.1.      Bersyukur atas keragaman karya seni daerah yang ada di indonesia.
2.1.1. Menyatakan pendapat tentang unsur-unsur dan istilah kesenian.
Bahasa Indonesia
1.2.1  Menunjukkan sikap peduli terhadap lingkungan alam.
2.5.1  Menyatakan pendapat tentang nilai-nilai perkembangan kerajaan Islam Indonesia.
IPA
1.1.1        Membuat tugas berdasarkan data atau informasi yang sebenarnya.
2.1.1. Melaporkan hasil dari tugas yang dikerjakan berdasarkan data atau informasi yang sebenarnya.
Berilah tanda centang pada kolom “Ya” jika siswa mencapai indikator atau pada kolom “Tidak” jika siswa tidak mencapai indikator.
No
Absen
Nama Siswa
Ketercapaian Indikator
Ya
Tidak
1

Peserta didik dapat menjaga kesehatan tubuh dengan berolahraga.




2



3



4

Peserta didik menolak berbuat curang saat bermain.


5



dst








No
Absen
Nama Siswa
Ketercapaian Indikator
Ya
Tidak
1

Peserta didik bersyukur atas keragaman karya seni daerah yang ada di indonesia.



2



3



4

Peserta didik berani menyatakan pendapat tentang unsur-unsur dan istilah kesenian.


5



dst




No
Absen
Nama Siswa
Ketercapaian Indikator
Ya
Tidak
1

Peserta didik menunjukkan sikap peduli terhadap lingkungan alam.


2



3



4

Peserta didik berani menyatakan pendapat tentang nilai-nilai perkembangan kerajaan Islam Indonesia.



5



dst




No
Absen
Nama Siswa
Ketercapaian Indikator
Ya
Tidak
1

Peserta didik membuat tugas berdasarkan data atau informasi yang sebenarnya.


2



3



4

Peserta didik melaporkan hasil dari tugas yang dikerjakan berdasarkan data atau informasi yang sebenarnya.


5



dst





Tes tulis uraian
PJOK
3.5.3. Memberikan contoh aktivitas latihan daya tahan jantung dan paru.
SBdP
3.5.2. Menyebutkan unsur-unsur budaya daerah.
Bahasa Indonesia
3.5.5. Menjawab pertanyaan bacaan tentang perkembangan kerajaan Islam Indonesia dari teks cerita sejarah tentang nilai-nilai perkembangan kerajaan Islam di Indonesia.
IPA
3.5.8. Mengelompokkan benda-benda yang bersifat tidak magnetis.
Soal Uraian
Jawablah pertanyaan di bawah ini dengan benar!!
1.      Berikan contoh aktivitas yang bermanfaat bagi kesehatan jantung dan paru-paru?
2.      Bagaimanakah cara melakukan gerakan jalan cepat yang benar?
3.      Apa manfaat dari jalan cepat?
4.      Hal-hal apakah yang perlu diperhatikan dalam bersepeda?
5.      Apakah senam aerobik itu?
6.      Apa perbedaan senam aerobik dibandingkan dengan jenis senam-senam yang lain?
7.      Sebutkan motif-motif hias klasik pada masa kerajaan-kerajaan islam di indonesia?
8.      Sebutkan salah satu kerajinan khas dari daerahmu?
9.      Berdasarkan bahan pembuatnya, tentukan benda-benda di sekitarmu yang magnetis
dan bukan magnetis
?
10.  Benarkah semua bahan kaca itu termasuk benda bukan magnetis? Jelaskan
alasan dan berikan contohnya!
Teknik Penskoran = x 100
Kriteria Penilaian Tes Tulis Uraian
  1. Jumlah soal
1.      Soal uraian terdiri dari 10 soal
  1. Skor nilai
1.      Soal uraian nilai total 100
2.      Jumlah seluruh nilai 100
  1. Perhitungan nilai
1.      Soal uraian, tiap satu soal yang benar bernilai 10
a.       Satu soal bernilai 10 apabila jawaban benar dan menggunakan bahasa Indonesia yang baku.
b.      Satu soal bernilai 5-9 apabila jawaban benar akan tetapi bahasa Indonesia yang digunakan kurang baku.
c.       Satu soal bernilai 1-4 apabila jawaban kurang benar akan tetapi bahasa Indonesia yang digunakan baku.
d.      Satu soal bernilai 0 apabila jawaban salah

Format Penilaian Rating Scale
PJOK
4.5.4. Melakukan aktivitas latihan daya tahan jantung dan paru.
No
Nama Siswa
Aspek yang diamati
NA
Pengetahuan
Keterampilan Berlari
Sikap Disiplin dan Mandiri
4
3
2
1
4
3
2
1
4
3
2
1

1.














2.














3.














4.














5.














dst















Kriteria Penilaian
Kriteria
Baik Sekali
Baik
Cukup
Kurang
(4)
(3)
(2)
(1)
Pengetahuan
Peserta didik mampu
menjelaskan
dengan sangat
baik tentang
manfaat
kegiatan berlari
serta mampu
menunjukkan
cara berlari yang
benar sesuai
dengan yang
diajarkan
Peserta didik mampu
menjelaskan
dengan cukup
baik tentang
manfaat
kegiatan berlari
namun masih
kurang mampu
menunjukkan
cara berlari yang
benar sesuai
dengan yang
diajarkan
Peserta didik masih
kurang mampu
menjelaskan
manfaat
kegiatan berlari dan masih
kurang mampu
menunjukkan
cara berlari yang
benar sesuai
dengan yang
diajarkan
Peserta didik terlihat
tidak memahami
manfaat
kegiatan berlari dan masih
membutuhkan
bantuan
instruksi dari guru saat
melakukan
kegiatan berlari
Keterampilan Berlari
Peserta didik
menunjukkan
keterampilan
yang sangat
baik yang
didalamnya juga
menyangkut
kegesitan dan
ketangkasan
saat melakukan
kegiatan berlari



Peserta didik menunjukkan
keterampilan
yang cukup baik
namun masih
terlihat kurang
gesit dan
tangkas saat
berlari
Keterampilan
peserta didik saat
melakukan
kegiatan berlari
masih kurang
baik dan ini
terlihat dari kurangnya
ketangkasan
yang
diperlihatkan
Peserta didik kurang
menunjukkan
keterampilan
dalam melakukan
kegiatan berlari
dan terlihat
tidak gesit dan tangkas
Sikap Disiplin dan Mandiri
Peserta didik menunjukkan
sikap
yang
disiplin dan
mandiri dalam
berlari. Hal ini
bisa terlihat dari
semangatnya
untuk berlari
dengan cara
yang benar
Peserta didik menunjukkan
sikap yang
mandiri
dan cukup
berdisiplin
dalam berlari.
Hal ini bisa
terlihat dari
semangatnya
untuk berlari
dengan cara
yang benar.
Peserta didik menunjukkan
sikap yang
kurang
berdisiplin dan
mandiri dalam
berlari. Hal ini
bisa terlihat dari
caranya saat
berlari yang
terlihat kurang
bersemangat
dana malu-malu
Peserta didik terlihat selalu bermainmain dan tidak serius saat
melakukan
kegiatan berlari. Peserta didik pun masih kurang mandiri mengingat seringnya peringatan yang dikeluarkan oleh pendidik untuknya.












Format Penilaian Rating Scale
SBdP
4.17.1. Menjelaskan secara tertulis keunikan karya seni/kerajinan daerah dalam bahasa daerah setempat.
No
Nama Siswa
Aspek yang diamati
NA
Pengetahuan
Keterampilan Mengolah Informasi
Kecermatan dan Kemandirian
4
3
2
1
4
3
2
1
4
3
2
1

1.














2.














3.














4.














5.














dst
















Kriteria Penilaian
Kriteria
Baik Sekali
Baik
Cukup
Kurang
(4)
(3)
(2)
(1)
Pengetahuan
Pengetahuan peserta didik tentang kerajinan daerah
setempat
berikut dengan keunikannya
sangat
jelas dan
menyeluruh
Pengetahuan
peserta didik tentang kerajinan daerah setempat berikut dengan
keunikannya
cukup
menyeluruh
Pengetahuan
peserta didik tentang kerajinan
daerah
setempat
berikut dengan
keunikannya
masih kurang
menyeluruh
Pengetahuan
peserta didik tentang kerajinan
daerah
setempat
berikut dengan
keunikannya
sangat kurang
menyeluruh
dan terbatas
Keterampilan Mengolah
Informasi
Peserta didik
menunjukkan
keterampilan
yang baik
dalam mengolah
dan memilah
informasi yang
diperlukan
Peserta didik menunjukkan
keterampilan
yang cukup
baik dalam
mengolah
dan memilah
informasi yang
diperlukan
Peserta didik menunjukkan
keterampilan
yang kurang
baik dalam
mengolah
dan memilah
informasi yang
diperlukan
Peserta didik masih
membutuhkan
bimbingan
dalam
mengolah
dan memilah informasi yang diperlukan
Kecermatan dan Kemandirian
Peserta didik
menunjukkan
kecermatan
dan
kemandirian
yang sangat
baik dalam mengolah
dan memilah
informasi yang
dibutuhkan
Peserta didik menunjukkan
kecermatan
dan
kemandirian
yang cukup
baik dalam
mengolah
dan memilah
informasi yang
dibutuhkan
Peserta didik menunjukkan
kecermatan
dan
kemandirian yang kurang baik dalam mengolah
dan memilah
informasi yang
dibutuhkan
Peserta didik masih
terlihat kurang
cermat dan
sangat tidak mandiri dalam mengolah
dan memilah
informasi yang
dibutuhkan


Format Penilaian Rating Scale
Bahasa Indonesia
4.5.5.      Membuat teks cerita sejarah tentang nilai-nilai perkembangan kerajaan Islam yang ada di daerahnya.
No
Nama Siswa
Aspek yang diamati
NA
Kata baku
Tanda Baca
Kalimat Efektif
4
3
2
1
4
3
2
1
4
3
2
1

1.














2.














3.














4.














5.














dst















Kriteria Penilaian
Kriteria
Baik Sekali
Baik
Cukup
Kurang
(4)
(3)
(2)
(1)
Kata baku
Semua tulisan
ditulis dengan
kata baku
75% tulisan
ditulis dengan
kata baku
50% tulisan
ditulis dengan
kata baku

25% tulisan
ditulis dengan
kata baku
Tanda baca
Semua tulisan
menggunakan
tanda baca
yang benar
(titik, koma,
huruf besar,
75% tulisan
menggunakan
tanda baca
yang benar
50% tulisan
menggunakan
tanda baca
yang benar
25% tulisan
menggunakan
tanda baca
yang benar
Kalimat efektif
Semua tulisan
ditulis dengan
kalimat efektif
75% tulisan
ditulis dengan
kalimat efektif
50% tulisan
ditulis dengan
kalimat efektif
25% tulisan
ditulis dengan
kalimat efektif

Format Penilaian Rating Scale
IPA
4.5.6.      Mengumpulkan alat dan bahan membuat electromagnet sederhana.
No
Nama siswa
Kriteria
NA
Keterampilan Mencari Informasi dan Berdiskusi
Sikap Ketekunan dan Kerja Sama
4
3
2
1
4
3
2
1

1.










2.










3.










4.










5.










dst











Kriteria Penilaian
Kriteria
Baik Sekali
Baik
Cukup
Kurang
(4)
(3)
(2)
(1)
Keterampilan Mencari Informasi dan Berdiskusi
Peserta didik
menunjukkan
keterampilan
dalam mencari
informasi
tentang arti istilah dan
unsur-unsur
kesenian serta
keaktifan yang
tinggi dalam
berdiskusi
Peserta didik menunjukkan
keterampilan
dalam mencari
informasi
tentang arti
istilah dan
unsur-unsur
kesenian
namun
masih kurang
aktif dalam
berdiskusi
Peserta didik menunjukkan
keterampilan
dalam mencari
informasi
tentang arti istilah dan unsur-unsur kesenian namun terlihat pasif dalam berdiskusi
Peserta didik kurang menunjukkan
keterampilan
dalam mencari
informasi
tentang arti istilah dan
unsur-unsur
kesenian serta terlihat pasif dalam
berdiskusi
Sikap Ketekunan dan Kerja Sama
Seluruh
anggota
kelompok
menunjukkan
kesungguhan
dalam mencari
informasi dan
kerja sama
yang baik satu sama lain
Seluruh anggota
kelompok
menunjukkan
kesungguhan
dalam mencari
informasi
namun masih
terlihat
dominasi
dalam kerja
sama
Sebagian
besar anggota
kelompok
menunjukkan
kesungguhan
dalam mencari
informasi
namun masih terlihat dominasi dalam kerja sama
Sebagian besar anggota kelompok
kurang
menunjukkan
kesungguhan
dalam mencari
informasi dan
tidak terlihat
adanya kerja sama yang baik

E.  Media dan alat
Media         : gambar motif hias klasik, benda magnetis dan tidak magnetis
Alat                        : besi, kaca, plastik, kayu






Mengetahui                                                                                       
Kepala Sekolah,                                                                                Guru Kelas V

                                                                                                                                               
NIP.                                                                                                    NIP.





Tidak ada komentar:

Posting Komentar