RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan
Pendidikan : MI Al Azhar
Kelas
/ Semester : V / 2 (Dua)
Tema
/ Subtema / PB : Sejarah Peradaban Indonesia / Kerajaan Islam di Indonesia / V
Alokasi
Waktu : 5 JPL ( 5 x 35 menit )
A.
Kompetensi Inti ( KI )
1.
Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2.
Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli,
dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru.
3.
Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat,
membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk
ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpai di rumah dan di
sekolah.
4.
Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis,
dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam
tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.
B.
Kompetensi dasar dan Indikator
PJOK
Kompetensi Dasar
1.1 Menghargai tubuh dengan seluruh perangkat gerak dan kemampuannya
sebagai anugerah Tuhan yang tidak ternilai.
2.1 Berperilaku sportif dalam bermain.
3.5 Memahami konsep aktivitas
latihan daya tahan jantung dan paru (cardiorespiratory)
untuk pengembangan kebugaran jasmani
untuk pengembangan kebugaran jasmani
4.5 Mempraktikkan aktivitas
jantung dan paru (cardiorespiratory) untuk pengembangan kebugaran jasmani.
Indikator
1.1.1. Menjaga kesehatan tubuh
dengan berolahraga.
2.1.1. Menolak berbuat curang saat
bermain.
3.5.3. Memberikan contoh aktivitas
latihan daya tahan jantung dan paru
4.5.4. Melakukan aktivitas latihan
daya tahan jantung dan paru
SBdP
Kompetensi Dasar
1.1
Menerima kekayaan dan keragaman karya seni daerah sebagai anugerah
Tuhan.
2.1
Menunjukkan rasa percaya diri dalam mengolah karya seni. sumber ide
dalam berkarya seni.
3.5
Memahami unsur-unsur budaya daerah dalam bahasa daerah.
4.17
Menceritakan secara lisan dan tulisan unsur-unsur budaya daerah menggunakan
bahasa daerah.
Indikator
1.1.1. Bersyukur atas keragaman
karya seni daerah yang ada di indonesia.
2.1.1. Menyatakan pendapat tentang unsur-unsur
dan istilah kesenian.
3.5.2. Menyebutkan unsur-unsur
budaya daerah
4.17.1. Menjelaskan secara tertulis
keunikan karya seni/kerajinan
daerah dalam bahasa daerah setempat.
daerah dalam bahasa daerah setempat.
Bahasa Indonesia
Kompetensi
Dasar
1.2
Meresapi anugerah Tuhan Yang Maha Esa atas keberadaan proses kehidupan
bangsa dan lingkungan alam.
2.5
Memiliki rasa percaya diri dan cinta tanah air tentang nilai-nilai
perkembangan kerajaan Islam melalui pemanfaatan bahasa Indonesia.
3.5
Menggali informasi dari teks cerita narasi sejarah tentang nilai-nilai
perkembangan kerajaan Islam di Indonesia dengan bantuan guru dan teman
dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku
4.5 Mengolah dan menyajikan teks cerita
narasi sejarah tentang nilai-nilai perkembangan kerajaan
Islam di Indonesia secara mandiri dalam bahasa Indonesia
lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku
Indikator
1.2.1 Menunjukkan sikap peduli terhadap lingkungan
alam.
2.5.1 Menyatakan pendapat tentang nilai-nilai
perkembangan kerajaan Islam Indonesia.
3.5.5. Menjawab pertanyaan bacaan
tentang perkembangan
kerajaan Islam Indonesia dari teks cerita sejarah tentang nilai-nilai perkembangan kerajaan Islam di Indonesia
kerajaan Islam Indonesia dari teks cerita sejarah tentang nilai-nilai perkembangan kerajaan Islam di Indonesia
4.5.5. Membuat teks cerita sejarah
tentang nilai-nilai perkembangan kerajaan Islam yang ada di daerahnya.
IPA
Kompetensi Dasar
1.1
Bertambah keimanannya dengan menyadari hubungan keteraturan dan
kompleksitas alam dan jagad raya terhadap kebesaran Tuhan yang menciptakannya, serta
mewujudkan nya dalam pengamalan ajaran agama yang dianutnya.
2.1
Menunjukkan perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu; obyektif; jujur;
teliti; cermat; tekun; hati-hati; bertanggung jawab; terbuka; dan peduli
lingkungan) dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi sikap dalam
melakukan inkuiri ilmiah dan berdiskusi.
3.5
Mengenal rangkaian listrik sederhana dan sifat magnet serta penerapannya
dalam kehidupan sehari-hari.
4.5
Membuat electromagnet sederhana
dan menggunakannya untuk mendeteksi benda-benda yang ditarik oleh magnet.
Indikator
1.1.1 . Membuat tugas berdasarkan
data atau informasi yang sebenarnya.
2.1.1. Melaporkan hasil dari tugas
yang dikerjakan berdasarkan data atau informasi yang sebenarnya.
3.5.8. Mengelompokkan benda-benda yang
bersifat tidak magnetis.
4.5.7. Mengumpulkan alat dan bahan
membuat electromagnet sederhana.
Materi Pembelajaran
1.
Aktivitas
latihan daya tahan jantung dan paru (cardiorespiratory).
2.
Motif-motif hias klasik pada
masa kerajaan-kerajaan islam di indonesia.
3.
Nilai-nilai
perkembangan kerajaan Islam
di Indonesia.
4.
Alat
dan bahan membuat electromagnet sederhana.
C.
Kegiatan Pembelajaran
Pendahuluan
|
|
10 Menit
|
Kegiatan Inti
|
-
Mengamati
·
Peserta didik membaca teks pendek tentang pentingnya
jantung dan paru-paru.
·
Pendidik menstimulus diskusi yang mengarah kepada
manfaat menjaga kesehatan, terutama jantung dan paru-paru.
-
Menalar
·
Peserta didik mengemukakan pendapat tentang manfaat
lain yang bisa dipetik dari menjaga kesehatan jantung dan paru-paru dengan
percaya diri menggunakan pengetahuan yang diperoleh sebelum pencarian
informasi.
-
Mengamati
·
Peserta didik mengamati gambar beberapa bentuk aktifitas yang bermanfaat bagi kesehatan jantung dan paru-paru.
-
Mengomunikasikan
·
Peserta didik menjelaskan cara melakukan aktifitas-aktifitas sehat tersebut dengan benar, menjelaskan manfaat yang terdapat dalam aktifitas tersebut, serta perbedaannya dengan aktifitas kesehatan yang lain.
-
Mempraktikkan
·
Peserta didik dengan bantuan pendidik mencoba melakukan langkah-langkah aktifitas yang sudah mereka pelajari sebelumnya diluar lingkungan sekolah.
-
Mengamati
·
Peserta didik mencermati bacaan tentang motif hias klasik yang terdapat pada masa Kerajaan Islam.
-
Mengolah informasi
·
Peserta didik diminta untuk menggaris bawahi istilah-istilah baru yang mereka temukan dalam bacaan.
·
Peserta didik
menuliskan kata-kata sulit dari bacaan kedalam
kolom yang disediakan dan mencoba mencari
arti dari kata-kata sulit tersebut
-
Menanya
·
Peserta didik
berdiskusi dengan teman sebangkunya atau
menanyakan arti dari kata-kata sulit yang ditemukan
kepada teman dan gurunya.
-
Mengumpulkan informasi
·
Peserta didik berlatih menggunakan kamus untuk
menemukan arti dari kata –kata sulit yang mereka temukan
-
Menalar atau Mengasosiasi
·
Dengan mengartikan kata-kata sulit dari bacaan,
peserta didik diharapkan lebih bisa memahami isi bacaan dan mampu menuangkan pemahaman tersebut dalam bentuk kesimpulan
-
Mengamati
·
Setelah itu peserta didik mencermati teks bacaan tentang Sunan Kalijaga serta sepak terjang beliau dalam upaya penyebaran agama Islam.
-
Mengumpulkan informasi
·
Pendidik membuka forum diskusi tentang tokoh Sunan Kalijaga serta hasil percampuran budaya local dengan Islam yang sudah beliau ciptakan.
·
Siswa memilih salah satu tema yang tersedia.
·
Siswa membuat kerangka karangan berdasarkan
tema tulisan.
·
Siswa mengembangkan kerangka karangan dan
menuangkannya dalam bentuk cerita tertulis tentang tema tersebut.
-
Mengamati
·
Peserta didik mengamati setiap gambar benda-benda yang
dibawah pendidik.
-
Mengumpulkan informasi
·
Peserta didik mengklasifikasikan
benda-benda tersebut ke
dalam kelompok benda yang bersifat magnetis dan
bukan magnetis.
-
Menanya
·
Pendidik menannyakan pertannyaan tentang apakah benda logam, benda plastik, benda kaca dan benda kayu termasuk ke dalam benda magnetis.
-
Mengolah informasi
·
Peserta didik mendiskusikan serta mengklasifikasikan benda-benda tersebut ke dalam kelompok benda yang bersifat magnetis dan bukan magnetis.
-
Menalar
·
Peserta didik bersama dengan kelompoknya mencoba membuat alat elektromagnetik sederhana.
·
Dengan bantuan pendidik, peserta didik melakukan percobaan dengan menggunakan benda-benda yang tersedia.
|
150
Menit
|
Penutup
|
|
15 Menit
|
D. Penilaian
Kisi-kisi Penilaian
Indikator Kompetensi
|
Teknik Penilaian
|
Bentuk Penilaian
|
Instrumen Penilaian
|
PJOK
1.1.1. Menjaga kesehatan tubuh dengan
berolahraga.
2.1.1. Menolak berbuat curang saat bermain.
3.5.3. Memberikan contoh aktivitas latihan daya tahan jantung dan paru.
4.5.4. Melakukan aktivitas latihan daya tahan jantung dan paru.
|
Non tes
Non tes
Tes
Non tes
|
Observasi
Observasi
Tes tulis
Unjuk Kerja
|
Checklist
Checklist
Uraian
Rating scale
|
SBdP
1.1.1.
Bersyukur atas keragaman karya seni daerah yang ada di indonesia.
2.1.1. Menyatakan pendapat tentang unsur-unsur dan istilah kesenian.
3.5.2. Menyebutkan unsur-unsur budaya daerah.
4.17.1. Menjelaskan secara tertulis keunikan karya seni/kerajinan daerah
dalam bahasa daerah setempat.
|
Non tes
Non tes
Tes
Non tes
|
Observasi
Observasi
Tes tulis
Unjuk kerja
|
Checklist
Checklist
Uraian
Rating scale
|
Bahasa Indonesia
1.2.1 Menunjukkan sikap peduli
terhadap lingkungan alam.
2.5.1 Menyatakan pendapat tentang
nilai-nilai perkembangan kerajaan Islam Indonesia.
3.5.5. Menjawab pertanyaan bacaan tentang perkembangan kerajaan Islam
Indonesia dari teks cerita sejarah tentang nilai-nilai perkembangan kerajaan
Islam di Indonesia.
4.5.5. Membuat teks cerita sejarah tentang nilai-nilai perkembangan
kerajaan Islam yang ada di daerahnya.
|
Non tes
Non tes
Tes
Non tes
|
Observasi
Observasi
Tes tulis
Unjuk Kerja
|
Checklist
Checklist
Uraian
Rating scale
|
IPA
1.1.1
Membuat tugas berdasarkan data atau informasi yang sebenarnya.
2.1.1. Melaporkan hasil dari tugas yang dikerjakan berdasarkan data atau
informasi yang sebenarnya.
3.5.8. Mengelompokkan benda-benda yang bersifat tidak magnetis.
4.5.7. Mengumpulkan alat dan bahan membuat electromagnet sederhana.
|
Non tes
Non tes
Tes
Non tes
|
Observasi
Observasi
Tes tulis
Unjuk Kerja
|
Checklist
Checklist
Uraian
Unjuk Kerja
|
Format penilaian checklist
PJOK
1.1.1. Menjaga kesehatan tubuh dengan berolahraga.
2.1.1. Menolak berbuat curang saat bermain.
SBdP
1.1.1. Bersyukur atas keragaman karya seni daerah
yang ada di indonesia.
2.1.1. Menyatakan pendapat tentang unsur-unsur dan
istilah kesenian.
Bahasa Indonesia
1.2.1 Menunjukkan
sikap peduli terhadap lingkungan alam.
2.5.1 Menyatakan
pendapat tentang nilai-nilai perkembangan kerajaan Islam Indonesia.
IPA
1.1.1
Membuat tugas berdasarkan data atau informasi yang
sebenarnya.
2.1.1. Melaporkan hasil dari tugas yang dikerjakan
berdasarkan data atau informasi yang sebenarnya.
Berilah
tanda centang pada kolom “Ya” jika siswa mencapai indikator atau pada kolom
“Tidak” jika siswa tidak mencapai indikator.
No
Absen
|
Nama
Siswa
|
Ketercapaian
Indikator
|
Ya
|
Tidak
|
1
|
|
Peserta didik dapat menjaga kesehatan tubuh dengan berolahraga.
|
|
|
2
|
|
|
|
|
3
|
|
|
|
|
4
|
|
Peserta didik menolak berbuat curang saat bermain.
|
|
|
5
|
|
|
|
|
dst
|
|
|
|
No
Absen
|
Nama
Siswa
|
Ketercapaian
Indikator
|
Ya
|
Tidak
|
1
|
|
Peserta didik bersyukur atas keragaman karya seni daerah yang ada di
indonesia.
|
|
|
2
|
|
|
|
|
3
|
|
|
|
|
4
|
|
Peserta didik berani menyatakan pendapat tentang unsur-unsur dan istilah
kesenian.
|
|
|
5
|
|
|
|
|
dst
|
|
|
|
No
Absen
|
Nama
Siswa
|
Ketercapaian
Indikator
|
Ya
|
Tidak
|
1
|
|
Peserta didik menunjukkan sikap peduli terhadap lingkungan alam.
|
|
|
2
|
|
|
|
|
3
|
|
|
|
|
4
|
|
Peserta didik berani menyatakan pendapat tentang
nilai-nilai perkembangan kerajaan Islam Indonesia.
|
|
|
5
|
|
|
|
|
dst
|
|
|
|
No
Absen
|
Nama
Siswa
|
Ketercapaian
Indikator
|
Ya
|
Tidak
|
1
|
|
Peserta didik membuat tugas berdasarkan data atau informasi yang
sebenarnya.
|
|
|
2
|
|
|
|
|
3
|
|
|
|
|
4
|
|
Peserta didik melaporkan hasil dari tugas yang
dikerjakan berdasarkan data atau informasi yang sebenarnya.
|
|
|
5
|
|
|
|
|
dst
|
|
|
|
Tes tulis uraian
PJOK
3.5.3. Memberikan contoh aktivitas latihan daya tahan
jantung dan paru.
SBdP
3.5.2. Menyebutkan unsur-unsur budaya daerah.
Bahasa Indonesia
3.5.5. Menjawab pertanyaan bacaan tentang perkembangan
kerajaan Islam Indonesia dari teks cerita sejarah tentang nilai-nilai
perkembangan kerajaan Islam di Indonesia.
IPA
3.5.8.
Mengelompokkan benda-benda yang bersifat tidak magnetis.
Soal Uraian
Jawablah
pertanyaan di bawah ini dengan benar!!
1.
Berikan contoh aktivitas yang
bermanfaat bagi kesehatan jantung dan paru-paru?
2.
Bagaimanakah cara melakukan
gerakan jalan cepat yang benar?
3.
Apa manfaat dari jalan cepat?
4.
Hal-hal apakah yang perlu
diperhatikan dalam bersepeda?
5.
Apakah senam aerobik itu?
6.
Apa perbedaan senam aerobik
dibandingkan dengan jenis senam-senam yang lain?
7.
Sebutkan motif-motif hias klasik
pada masa kerajaan-kerajaan islam di indonesia?
8.
Sebutkan salah satu kerajinan
khas dari daerahmu?
9.
Berdasarkan bahan
pembuatnya, tentukan benda-benda di sekitarmu yang magnetis
dan bukan magnetis?
dan bukan magnetis?
10.
Benarkah semua bahan
kaca itu termasuk benda bukan magnetis? Jelaskan
alasan dan berikan contohnya!
alasan dan berikan contohnya!
Teknik Penskoran =
x 100
Kriteria Penilaian Tes
Tulis Uraian
- Jumlah soal
1.
Soal uraian terdiri dari 10 soal
- Skor nilai
1.
Soal uraian nilai total 100
2.
Jumlah seluruh nilai 100
- Perhitungan nilai
1.
Soal uraian, tiap satu soal yang benar bernilai
10
a.
Satu soal bernilai 10 apabila jawaban benar dan menggunakan bahasa
Indonesia yang baku.
b.
Satu soal bernilai 5-9 apabila jawaban benar akan tetapi bahasa
Indonesia yang digunakan kurang baku.
c.
Satu soal bernilai 1-4 apabila jawaban kurang benar akan tetapi
bahasa Indonesia yang digunakan baku.
d.
Satu soal bernilai 0 apabila jawaban salah
Format Penilaian Rating Scale
PJOK
4.5.4. Melakukan aktivitas latihan daya tahan jantung dan
paru.
No
|
Nama Siswa
|
Aspek yang diamati
|
NA
|
|||||||||||
Pengetahuan
|
Keterampilan Berlari
|
Sikap Disiplin dan
Mandiri
|
||||||||||||
4
|
3
|
2
|
1
|
4
|
3
|
2
|
1
|
4
|
3
|
2
|
1
|
|
||
1.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
5.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
dst
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Kriteria Penilaian
Kriteria
|
Baik Sekali
|
Baik
|
Cukup
|
Kurang
|
(4)
|
(3)
|
(2)
|
(1)
|
|
Pengetahuan
|
Peserta didik mampu
menjelaskan dengan sangat baik tentang manfaat kegiatan berlari serta mampu menunjukkan cara berlari yang benar sesuai dengan yang diajarkan |
Peserta
didik mampu
menjelaskan dengan cukup baik tentang manfaat kegiatan berlari namun masih kurang mampu menunjukkan cara berlari yang benar sesuai dengan yang diajarkan |
Peserta didik masih
kurang mampu menjelaskan manfaat kegiatan berlari dan masih kurang mampu menunjukkan cara berlari yang benar sesuai dengan yang diajarkan |
Peserta didik terlihat
tidak memahami manfaat kegiatan berlari dan masih membutuhkan bantuan instruksi dari guru saat melakukan kegiatan berlari |
Keterampilan Berlari
|
Peserta
didik
menunjukkan keterampilan yang sangat baik yang didalamnya juga menyangkut kegesitan dan ketangkasan saat melakukan kegiatan berlari |
Peserta
didik menunjukkan
keterampilan yang cukup baik namun masih terlihat kurang gesit dan tangkas saat berlari |
Keterampilan
peserta didik saat melakukan kegiatan berlari masih kurang baik dan ini terlihat dari kurangnya ketangkasan yang diperlihatkan |
Peserta didik kurang
menunjukkan keterampilan dalam melakukan kegiatan berlari dan terlihat tidak gesit dan tangkas |
Sikap Disiplin dan Mandiri
|
Peserta
didik menunjukkan
sikap yang disiplin dan mandiri dalam berlari. Hal ini bisa terlihat dari semangatnya untuk berlari dengan cara yang benar |
Peserta didik menunjukkan
sikap yang mandiri dan cukup berdisiplin dalam berlari. Hal ini bisa terlihat dari semangatnya untuk berlari dengan cara yang benar. |
Peserta
didik menunjukkan
sikap yang kurang berdisiplin dan mandiri dalam berlari. Hal ini bisa terlihat dari caranya saat berlari yang terlihat kurang bersemangat dana malu-malu |
Peserta didik terlihat selalu bermainmain
dan tidak serius saat
melakukan kegiatan berlari. Peserta didik pun masih kurang mandiri mengingat seringnya peringatan yang dikeluarkan oleh pendidik untuknya. |
Format Penilaian Rating Scale
SBdP
4.17.1. Menjelaskan secara tertulis keunikan karya
seni/kerajinan daerah dalam bahasa daerah setempat.
No
|
Nama
Siswa
|
Aspek yang diamati
|
NA
|
|||||||||||
Pengetahuan
|
Keterampilan Mengolah Informasi
|
Kecermatan dan Kemandirian
|
||||||||||||
4
|
3
|
2
|
1
|
4
|
3
|
2
|
1
|
4
|
3
|
2
|
1
|
|
||
1.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
5.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
dst
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Kriteria Penilaian
Kriteria
|
Baik Sekali
|
Baik
|
Cukup
|
Kurang
|
(4)
|
(3)
|
(2)
|
(1)
|
|
Pengetahuan
|
Pengetahuan peserta didik tentang kerajinan daerah
setempat berikut dengan keunikannya sangat jelas dan menyeluruh |
Pengetahuan
peserta didik tentang kerajinan daerah setempat berikut dengan keunikannya cukup menyeluruh |
Pengetahuan
peserta didik tentang kerajinan daerah setempat berikut dengan keunikannya masih kurang menyeluruh |
Pengetahuan
peserta didik tentang kerajinan daerah setempat berikut dengan keunikannya sangat kurang menyeluruh dan terbatas |
Keterampilan Mengolah
Informasi
|
Peserta didik
menunjukkan keterampilan yang baik dalam mengolah dan memilah informasi yang diperlukan |
Peserta didik menunjukkan
keterampilan yang cukup baik dalam mengolah dan memilah informasi yang diperlukan |
Peserta didik menunjukkan
keterampilan yang kurang baik dalam mengolah dan memilah informasi yang diperlukan |
Peserta didik masih
membutuhkan bimbingan dalam mengolah dan memilah informasi yang diperlukan |
Kecermatan dan Kemandirian
|
Peserta didik
menunjukkan kecermatan dan kemandirian yang sangat baik dalam mengolah dan memilah informasi yang dibutuhkan |
Peserta didik menunjukkan
kecermatan dan kemandirian yang cukup baik dalam mengolah dan memilah informasi yang dibutuhkan |
Peserta didik menunjukkan
kecermatan dan kemandirian yang kurang baik dalam mengolah dan memilah informasi yang dibutuhkan |
Peserta didik masih
terlihat kurang cermat dan sangat tidak mandiri dalam mengolah dan memilah informasi yang dibutuhkan |
Format Penilaian Rating Scale
Bahasa Indonesia
4.5.5. Membuat teks
cerita sejarah tentang nilai-nilai perkembangan kerajaan Islam yang ada di
daerahnya.
No
|
Nama
Siswa
|
Aspek yang diamati
|
NA
|
|||||||||||
Kata baku
|
Tanda Baca
|
Kalimat Efektif
|
||||||||||||
4
|
3
|
2
|
1
|
4
|
3
|
2
|
1
|
4
|
3
|
2
|
1
|
|
||
1.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
5.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
dst
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Kriteria Penilaian
Kriteria
|
Baik Sekali
|
Baik
|
Cukup
|
Kurang
|
(4)
|
(3)
|
(2)
|
(1)
|
|
Kata baku
|
Semua tulisan
ditulis dengan
kata baku
|
75% tulisan
ditulis dengan
kata baku
|
50% tulisan
ditulis dengan
kata baku
|
25% tulisan
ditulis dengan
kata baku
|
Tanda baca
|
Semua tulisan
menggunakan
tanda baca
yang benar
(titik, koma,
huruf besar,
|
75% tulisan
menggunakan
tanda baca
yang benar
|
50% tulisan
menggunakan
tanda baca
yang benar
|
25% tulisan
menggunakan
tanda baca
yang benar
|
Kalimat efektif
|
Semua tulisan
ditulis dengan
kalimat efektif
|
75% tulisan
ditulis dengan
kalimat efektif
|
50% tulisan
ditulis dengan
kalimat efektif
|
25% tulisan
ditulis dengan
kalimat efektif
|
Format Penilaian Rating
Scale
IPA
4.5.6. Mengumpulkan
alat dan bahan membuat electromagnet sederhana.
No
|
Nama siswa
|
Kriteria
|
NA
|
|||||||
Keterampilan Mencari Informasi dan Berdiskusi
|
Sikap Ketekunan dan Kerja Sama
|
|||||||||
4
|
3
|
2
|
1
|
4
|
3
|
2
|
1
|
|
||
1.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
5.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
dst
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Kriteria Penilaian
Kriteria
|
Baik Sekali
|
Baik
|
Cukup
|
Kurang
|
(4)
|
(3)
|
(2)
|
(1)
|
|
Keterampilan Mencari Informasi dan Berdiskusi
|
Peserta
didik
menunjukkan keterampilan dalam mencari informasi tentang arti istilah dan unsur-unsur kesenian serta keaktifan yang tinggi dalam berdiskusi |
Peserta
didik menunjukkan
keterampilan dalam mencari informasi tentang arti istilah dan unsur-unsur kesenian namun masih kurang aktif dalam berdiskusi |
Peserta didik menunjukkan
keterampilan dalam mencari informasi tentang arti istilah dan unsur-unsur kesenian namun terlihat pasif dalam berdiskusi |
Peserta didik kurang menunjukkan
keterampilan dalam mencari informasi tentang arti istilah dan unsur-unsur kesenian serta terlihat pasif dalam berdiskusi |
Sikap Ketekunan dan Kerja Sama
|
Seluruh
anggota kelompok menunjukkan kesungguhan dalam mencari informasi dan kerja sama yang baik satu sama lain |
Seluruh anggota
kelompok menunjukkan kesungguhan dalam mencari informasi namun masih terlihat dominasi dalam kerja sama |
Sebagian
besar anggota kelompok menunjukkan kesungguhan dalam mencari informasi namun masih terlihat dominasi dalam kerja sama |
Sebagian besar anggota kelompok
kurang menunjukkan kesungguhan dalam mencari informasi dan tidak terlihat adanya kerja sama yang baik |
E. Media dan alat
Media : gambar
motif hias klasik, benda magnetis dan tidak magnetis
Alat : besi, kaca, plastik, kayu
Mengetahui
Kepala Sekolah, Guru
Kelas V
NIP. NIP.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar