Rabu, 09 Desember 2015

RPP FIKIH Kelas 5 semester 2 K13



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Sekolah                       : MI Al Azhar
Mata pelajaran             : Fikih
Kelas / Semester          : V / 2
Alokasi Waktu            : 4 x 35 menit (2 pertemuan)

A.  Kompetensi Inti (KI)
1.    Menerima, menjalankan, dan menghargai  ajaran agama yang dianutnya.
2.    Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan tetangganya serta cinta tanah air.
3.    Memahami pengetahuan faktual dan konseptual dengan cara mengamati, menanya dan mencoba berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, di sekolah, dan tempat bermain.
4.    Menyajikan pengetahuan faktual dan konseptual dalam bahasa yang jelas, sistematis,  logis dan kritis dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.

B.  Kompetensi Dasar
1.3. Meyakini umrah sebagai perintah Allah swt
2.3. Membiasakan perilaku disiplin dan tanggung jawab serta peduli sebagai implementasi dari pemahaman terhadap ketentuan ibadah umrah
3.3. Memahami tata cara umrah
4.3. Mensimulasikan tata cara umrah


C.  Indikator Pencapaian Kompetensi
1.3.1 Menyatakan umrah sebagai perintah Allah swt
2.3.1 Menerapkan perilaku disiplin dan tanggung jawab serta peduli sebagai implementasi dari pemahaman terhadap ketentuan ibadah umrah
3.3.1 Menjelaskan pengertian umrah
3.3.2 Menjelaskan syarat dan rukun umrah
3.3.3 Menjelaskan tata cara umrah
4.3.1 Mempraktekkan tata cara umrah

D.    Materi Pembelajaran
1.      Pengertian Umrah
Umrah adalah Sengaja berkunjung ke Baitullah, untuk melaksanakan Thawaf,sa’I,Tahallul dalam waktu yang tidak ditentukan, untuk mencapai ridho Allah SWT. Umrah diwajibkan bagi umat islam yang sudah mampu satu kali seumur hidup.
2.      Syarat Umrah
a.      Islam
b.      Baligh
c.      Berakal sehat
d.      Merdeka
e.      Mampu (Istitha’ah)          
Ø  Penjelasan :
a.      Orang non muslim tidak sah dalam melaksanakan haji atau umrah. Jika dia berkunjung ke tanah suci bahkan mengikuti ibadah haji atau umrah seperti thawaf dan sa'i maka perjalanan haji atau umrahnya hanya sebatas melancong saja.
b.      Ukuran baligh (dewasa) adalah 9 tahun untuk anak perempuan dan sekitar 15 tahun untuk anak laki-laki. Atau sebagian mengatakan rata-rata umur 15 tahun, baik untuk anak perempuan maupun anak laki-laki. Seorang yang belum mencapai usia baligh tidak memiliki kewajiban melaksanakan ibadah haji/umrah. Bila dia sudah dewasa dan memiliki kemampuan materi dan non materi, maka wajib mengulangi ibadah haji/umrah.
c.      Berakal sehat adalah tidak gila dan tidak memiliki gangguan jiwa.
d.      Yang dimaksud merdeka adalah tidak berstatus sebagai budak.
e.      Mampu (Istitha’ah).
3. Rukun Umrah
Rukun Umrah adalah kegiatan yang harus dilakukan dalam kegitan ibadah Umrah.Jika tidak dikerjakan maka umrahnya tidak sah.Adapun rukun Umrah ada 5 yaitu :
a.      Ihram
b.      Thawaf
c.      Sa’i
d.      Tahallul
e.      Tertib
Ø  Penjelasan :
a. Ihram yaitu Niat mulai mengerjakan umrah dengan memakai pakaian ihram
b. Thawaf yaitu mengelilingi ka’bah sebanyak tujuh kali
c. Sa’I yaitu Berlari lari kecil dari bukit shofa ke bukit marwah sebanyak tujuh kali
d. Tahallul yaitu memotong rambut sedikitnya tiga helai
e. Tertib maksudnya mengerjakan kegiatan sesuai dengan urutan dan tidak ada yang tertinggal
E.     Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan Kesatu
Pendahuluan
1.      Memberi salam dan mengajak berdoa
2.      Memberikan ice breaking dengan melakukan tepuk seperti jika guru berkata merah siswa akan melakukan tepuk satu kali, kuning berarti siswa melakukan tepuk dua kali, dan hijau tepuk sebannyak tiga kali. Hal ini dilakukan untuk meningkatkan konsentrasi siswa.
3.      Guru menyampaikan tujuan pembelajaran yaitu agar siswa dapat mengetahui pengertian, syarat, dan rukun umrah.
4.      Menyampaikan bahwa pada pembelajaran hari ini guru akan menggunakan teknik penilaian unjuk kerja, dan kelompok.
10 Menit
Kegiatan Inti
-          Mengamati
·           Siswa mendengarkan penjelasan materi yang dijelaskan oleh guru tentang pengertian, syarat, dan rukun umrah
·           Siswa membentuk kelompok menjadi empat.
-          Menanya
·           Siswa menuliskan satu pertannyaan tentang materi yang telah dijelaskan oleh guru.
·           Kumpulkan kertas, acak kertas tesebut kemudian bagikan kepada setiap siswa.
-          Mengumpulkan informasi
·           Siswa membaca pertanyaan dalam hati dan memikirkan jawaban dari pertannyaan tersebut.
-          Mengomunikasikan
·           Siswa membacakan pertanyaan yang dipegang olehnya dan menjawabnya.
-          Menalar atau Mengasosiasi
·           Siswa lain menambahkan bila ada jawaban yang kurang.
50 Menit
Penutup
1.      Guru merefleksi materi yang sudah didiskusikan.
2.      Guru mengabsen siswa sembari melakukan proses penilaian.
3.      Siswa memimpin doa di akhir pembelajaran.
4.      Guru mengucapkan salam penutup.
10 Menit
Pertemuan Kedua
Pendahuluan
1.      Memberi salam dan mengajak berdoa
2.      Memberikan ice breaking dengan melakukan tepuk seperti jika guru berkata merah siswa akan melakukan tepuk satu kali, kuning berarti siswa melakukan tepuk dua kali, dan hijau tepuk sebannyak tiga kali. Hal ini dilakukan untuk meningkatkan konsentrasi siswa.
3.      Guru menyampaikan tujuan pembelajaran yaitu agar siswa dapat mengetahui tata cara umrah.
4.      Menyampaikan bahwa pada pembelajaran hari ini guru akan menggunakan teknik penilaian unjuk kerja, dan kelompok.
7 Menit
Kegiatan Inti
-          Mengamati
·           Siswa membentuk kelompok menjadi empat.
·           Siswa mengamati gambar tentang tata cara umrah yang ditunjukkan guru.
-          Menanya
·           Siswa menanyakan kegiatan yang ditampilkan dalam gambar yang telah diamati.
·           Siswa memberikan komentar dan tanggapan tentang materi yang ada di gambar.
·           Guru memberikan kartu yang berisikan tata cara umrah yang sudah diacak.
-          Mengumpulkan informasi
·           Siswa mendiskusikan tentang urutan tata cara umrah yang benar.
-          Mengomunikasikan
·           Setiap kelompok mempresentasikan hasil kerjanya kedepan kelas.
·           Siswa mempraktekkan tata cara umrah.
-          Menalar atau Mengasosiasi
·           Siswa menyimpulkan jawaban berdasarkan hasil kerja yang telah dipresentasikan setiap kelompok.
·           Guru memberikan penguatan dengan cara menjelaskan tata cara umrah yang benar.
55 Menit
Penutup
1.      Guru merefleksi materi yang sudah didiskusikan.
2.      Guru memberikan tugas lanjutan berupa PR.
3.      Guru mengabsen siswa sembari melakukan proses penilaian.
4.      Siswa memimpin doa di akhir pembelajaran.
5.      Guru mengucapkan salam penutup.
8 Menit

F.     Penilaian
Indikator Pencapaian Kompetensi
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Instrument
1.3.1 Menyatakan umrah sebagai perintah Allah swt
2.3.1 Menerapkan perilaku disiplin dan tanggung jawab serta peduli sebagai implementasi dari pemahaman terhadap ketentuan ibadah umrah
Non tes
Penilaian diri peserta didik
Rubik penilaian diri peserta didik
3.3.1 Menjelaskan pengertian umrah
3.3.2 Menjelaskan syarat dan rukun umrah
3.3.3 Menjelaskan tata cara umrah

Tes
Tes tulis uraian
Soal uraian
4.3.1 Mempraktekkan tata cara umrah

Non tes
Unjuk kerja
Rubik unjuk kerja

     Instrument Penilaian

1.     Penilaian diri peserta didik

Berilah tanda ( Ö ) pada kegiatan yang telah di lakuakan :

No
Pernyataan
Ya
Tidak
1.
Melaksanakan salat tepat waktu


2.
Datang tepat waktu ke sekolah


3.
Berani mengakui kesalahan yang telah diperbuat


4
Meminta maaf jika berbuat salah


5
Tidak membeda-bedakan agama


6
Menolong teman yang kesusahan









2.      Penilaian tes tulis uraian
Jawablah pertanyaan dibawah ini dengan benar!
1.      Jelaskan pengertian umrah ?
2.       Jelaskan apa saja syarat umrah?
3.       Jelaskan pengertian rukun umrah?
4.       Jelaskan apa saja rukun umrah?
5.       Sebutkan tatacara umrah?

*Skor untuk setiap jawaban yang benar 20
Nilai
X 100 100 100
 

 
Skor yang Diperoleh     
   Skor Maksimal
3.      Penilaian unjuk kerja
                Rubik Penilaian Unjuk Kerja
  Individu
No
Nama Siswa
Aspek Penilaian
Skor Akhir
Ketepatan Gerakan
Ketepatan Urutan

  1.  
Udin




  1.  
Lani




  1.  
Siti




  1.  
Edo




  1.  
...




X 100 100 100
 

 
Skor Akhir     :     Skor yang Diperoleh       
                                  Skor Maksimal             
Kriteria Penilaian

Aspek Yang Dinilai
Skor 1
Skor 2
Skor 3
Skor 4
Skor 5
Ketepatan gerakan
TT
KT
CT
T
ST
Ketepatan urutan
TT
KT
CT
T
ST

      Keterangan  : TT        = Tidak Tepat
                              KT       = Kurang Tepat
                              CT       = Cukup Tepat
                              T          = Tepat
                              ST        = Sangat Tepat
Kelompok
No
Nama Siswa
Kriteria
Kerjasama
Keaktifan
Partisipasi
1
2
3
4
1
2
3
4
1
2
3
4

  1.  














  1.  














  1.  














  1.  














Kriteria Penilaian
Aspek Yang Dinilai
Skor 1
Skor 2
Skor 3

Skor 4
Kerjasama
BT
MT
MB
BS
Keaktifan
BT
MT
MB
BS
Partisipasi
BT
MT
MB
BS

Keterangan :
BT : Belum Terlihat (apabila peserta didik belum melihatkan tanda-tanda dalam berkelompok)
MT: Mulai Terlihat (apabila peserta didik mulai melihatkan tanta-tanda kerja sama, keaktifan dan partisipasinya dalam berkelompok)
MB: mulai Membaik (apabila peserta didikmulai menunjukkan tanda-tanda yang membaik dalam kejasama, keaktifan, dan partisipasidalam berkelompok)
BS: Baik Sekali (apabila peserta didik sudah sangat baik dalam kerjasama, keaktifan, dan partisipasi dalam kelompok)
G.      Media, Bahan, dan Sumber Belajar
1.      Media                 : Gambar tata cara umrah, kartu yang berisikan tata cara umrah yang sudah di acak
2.      Bahan                 : Gambar, kartu tata cara umrah
3.      Sumber Belajar  : Buku fikih kelas 5




Mengetahui                                                                                       
Kepala Sekolah,                                                                                Guru Fikih Kelas V

                                                                                                                                               
NIP.                                                                                                    NIP.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar