RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Sekolah : MI Al Azhar
Mata pelajaran :
Fikih
Kelas / Semester : V / 2
Alokasi Waktu : 4 x 35 menit (2 pertemuan)
A. Kompetensi Inti
(KI)
1. Menerima, menjalankan, dan menghargai ajaran agama yang
dianutnya.
2. Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli,
dan percaya diri dalam berinteraksi dengan
keluarga, teman, guru, dan tetangganya serta
cinta tanah air.
3. Memahami pengetahuan faktual dan konseptual dengan cara
mengamati, menanya dan mencoba berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan
kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, di sekolah, dan tempat bermain.
4. Menyajikan pengetahuan faktual dan konseptual dalam bahasa
yang jelas, sistematis, logis dan kritis
dalam karya yang estetis, dalam gerakan
yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan
berakhlak mulia.
B. Kompetensi Dasar
1.3. Meyakini umrah sebagai perintah Allah swt
2.3. Membiasakan perilaku disiplin dan tanggung
jawab serta peduli sebagai implementasi dari pemahaman terhadap ketentuan
ibadah umrah
3.3. Memahami tata cara umrah
4.3. Mensimulasikan tata cara umrah
C. Indikator
Pencapaian Kompetensi
1.3.1 Menyatakan umrah sebagai perintah Allah swt
2.3.1 Menerapkan perilaku disiplin dan tanggung
jawab serta peduli sebagai implementasi dari pemahaman terhadap ketentuan
ibadah umrah
3.3.1 Menjelaskan pengertian umrah
3.3.2 Menjelaskan syarat dan rukun umrah
3.3.3 Menjelaskan tata cara umrah
4.3.1 Mempraktekkan tata cara umrah
D. Materi
Pembelajaran
1.
Pengertian Umrah
Umrah adalah Sengaja berkunjung ke Baitullah, untuk
melaksanakan Thawaf,sa’I,Tahallul dalam waktu yang tidak ditentukan, untuk
mencapai ridho Allah SWT. Umrah diwajibkan bagi umat islam yang sudah mampu
satu kali seumur hidup.
2. Syarat Umrah
a.
Islam
b.
Baligh
c.
Berakal sehat
d.
Merdeka
e.
Mampu (Istitha’ah)
Ø Penjelasan :
a.
Orang non muslim tidak sah dalam melaksanakan haji atau
umrah. Jika dia berkunjung ke tanah suci bahkan mengikuti ibadah haji atau
umrah seperti thawaf dan sa'i maka perjalanan haji atau umrahnya hanya sebatas
melancong saja.
b.
Ukuran baligh (dewasa) adalah 9 tahun untuk anak perempuan
dan sekitar 15 tahun untuk anak laki-laki. Atau sebagian mengatakan rata-rata
umur 15 tahun, baik untuk anak perempuan maupun anak laki-laki. Seorang yang
belum mencapai usia baligh tidak memiliki kewajiban melaksanakan ibadah
haji/umrah. Bila dia sudah dewasa dan memiliki kemampuan materi dan non materi,
maka wajib mengulangi ibadah haji/umrah.
c.
Berakal sehat adalah tidak gila dan tidak memiliki gangguan
jiwa.
d.
Yang dimaksud merdeka adalah tidak berstatus sebagai budak.
e.
Mampu (Istitha’ah).
3. Rukun Umrah
Rukun Umrah adalah kegiatan yang harus dilakukan dalam
kegitan ibadah Umrah.Jika tidak dikerjakan maka umrahnya tidak sah.Adapun rukun
Umrah ada 5 yaitu :
a. Ihram
b. Thawaf
c. Sa’i
d. Tahallul
e. Tertib
Ø Penjelasan :
a. Ihram yaitu Niat mulai mengerjakan umrah dengan memakai
pakaian ihram
b. Thawaf yaitu mengelilingi ka’bah sebanyak tujuh kali
c. Sa’I yaitu Berlari lari kecil dari bukit shofa ke bukit
marwah sebanyak tujuh kali
d. Tahallul yaitu memotong rambut sedikitnya tiga helai
e. Tertib maksudnya mengerjakan kegiatan sesuai dengan
urutan dan tidak ada yang tertinggal
E.
Kegiatan
Pembelajaran
Pertemuan
Kesatu
Pendahuluan
|
1.
Memberi
salam dan mengajak berdoa
2.
Memberikan ice breaking dengan melakukan tepuk
seperti jika guru berkata merah siswa akan melakukan tepuk satu kali, kuning
berarti siswa melakukan tepuk dua kali, dan hijau tepuk sebannyak tiga kali.
Hal ini dilakukan untuk meningkatkan konsentrasi siswa.
3.
Guru
menyampaikan tujuan pembelajaran yaitu agar siswa dapat mengetahui pengertian,
syarat, dan rukun umrah.
4.
Menyampaikan bahwa pada pembelajaran hari ini guru
akan menggunakan teknik penilaian unjuk kerja, dan kelompok.
|
10
Menit
|
Kegiatan Inti
|
-
Mengamati
·
Siswa mendengarkan penjelasan materi yang dijelaskan oleh guru tentang pengertian,
syarat, dan rukun umrah
·
Siswa membentuk kelompok menjadi empat.
-
Menanya
·
Siswa menuliskan satu pertannyaan tentang materi yang telah dijelaskan
oleh guru.
·
Kumpulkan kertas, acak kertas tesebut kemudian bagikan kepada setiap
siswa.
-
Mengumpulkan informasi
·
Siswa membaca pertanyaan dalam hati dan memikirkan jawaban dari
pertannyaan tersebut.
-
Mengomunikasikan
·
Siswa membacakan pertanyaan yang dipegang olehnya dan menjawabnya.
-
Menalar atau Mengasosiasi
·
Siswa lain menambahkan bila ada jawaban yang kurang.
|
50 Menit
|
Penutup
|
1.
Guru merefleksi materi yang sudah didiskusikan.
2.
Guru mengabsen siswa sembari melakukan proses penilaian.
3.
Siswa memimpin
doa di akhir pembelajaran.
4.
Guru
mengucapkan salam penutup.
|
10 Menit
|
Pertemuan
Kedua
Pendahuluan
|
1.
Memberi
salam dan mengajak berdoa
2.
Memberikan ice breaking dengan melakukan tepuk
seperti jika guru berkata merah siswa akan melakukan tepuk satu kali, kuning
berarti siswa melakukan tepuk dua kali, dan hijau tepuk sebannyak tiga kali.
Hal ini dilakukan untuk meningkatkan konsentrasi siswa.
3.
Guru
menyampaikan tujuan pembelajaran yaitu agar siswa dapat mengetahui tata cara umrah.
4.
Menyampaikan bahwa pada pembelajaran hari ini guru
akan menggunakan teknik penilaian unjuk kerja, dan kelompok.
|
7
Menit
|
Kegiatan Inti
|
-
Mengamati
·
Siswa membentuk kelompok menjadi empat.
·
Siswa mengamati gambar tentang tata cara umrah yang ditunjukkan guru.
-
Menanya
·
Siswa menanyakan kegiatan yang ditampilkan dalam gambar yang telah
diamati.
·
Siswa memberikan komentar dan tanggapan tentang materi yang ada di
gambar.
·
Guru memberikan kartu yang berisikan tata cara umrah yang sudah diacak.
-
Mengumpulkan informasi
·
Siswa mendiskusikan tentang urutan tata cara umrah yang benar.
-
Mengomunikasikan
·
Setiap kelompok mempresentasikan hasil kerjanya kedepan kelas.
·
Siswa mempraktekkan tata cara umrah.
-
Menalar atau Mengasosiasi
·
Siswa menyimpulkan jawaban berdasarkan hasil kerja yang telah
dipresentasikan setiap kelompok.
·
Guru memberikan penguatan dengan cara menjelaskan tata cara umrah yang
benar.
|
55 Menit
|
Penutup
|
1.
Guru merefleksi materi yang sudah didiskusikan.
2.
Guru memberikan tugas lanjutan berupa PR.
3.
Guru mengabsen siswa sembari melakukan proses penilaian.
4.
Siswa memimpin
doa di akhir pembelajaran.
5.
Guru
mengucapkan salam penutup.
|
8 Menit
|
F.
Penilaian
Indikator
Pencapaian Kompetensi
|
Teknik
Penilaian
|
Bentuk
Instrumen
|
Instrument
|
1.3.1 Menyatakan umrah
sebagai perintah Allah swt
2.3.1 Menerapkan
perilaku disiplin dan tanggung jawab serta peduli sebagai implementasi dari
pemahaman terhadap ketentuan ibadah umrah
|
Non tes
|
Penilaian
diri peserta didik
|
Rubik penilaian diri peserta didik
|
3.3.1 Menjelaskan
pengertian umrah
3.3.2 Menjelaskan
syarat dan rukun umrah
3.3.3 Menjelaskan tata
cara umrah
|
Tes
|
Tes tulis uraian
|
Soal uraian
|
4.3.1 Mempraktekkan
tata cara umrah
|
Non tes
|
Unjuk kerja
|
Rubik unjuk kerja
|
Instrument
Penilaian
1. Penilaian diri peserta didik
Berilah tanda ( Ö )
pada kegiatan yang telah di lakuakan :
No
|
Pernyataan
|
Ya
|
Tidak
|
||
1.
|
Melaksanakan salat
tepat waktu
|
||||
2.
|
Datang tepat waktu
ke sekolah
|
||||
3.
|
Berani mengakui
kesalahan yang telah diperbuat
|
||||
4
|
Meminta maaf jika
berbuat salah
|
||||
5
|
Tidak
membeda-bedakan agama
|
||||
6
|
Menolong teman yang
kesusahan
|
||||
2. Penilaian tes tulis uraian
Jawablah
pertanyaan dibawah ini dengan benar!
1. Jelaskan pengertian umrah ?
2. Jelaskan apa saja syarat umrah?
3. Jelaskan pengertian rukun umrah?
4. Jelaskan apa saja rukun umrah?
5. Sebutkan tatacara umrah?
*Skor untuk setiap jawaban
yang benar 20
Nilai
|
|
Skor Maksimal
3.
Penilaian unjuk kerja
Rubik Penilaian Unjuk
Kerja
Individu
No
|
Nama Siswa
|
Aspek Penilaian
|
Skor Akhir
|
|
Ketepatan Gerakan
|
Ketepatan Urutan
|
|||
|
Udin
|
|||
|
Lani
|
|||
|
Siti
|
|||
|
Edo
|
|||
|
...
|
|
|
Skor Maksimal
Kriteria
Penilaian
Aspek
Yang Dinilai
|
Skor
1
|
Skor
2
|
Skor
3
|
Skor
4
|
Skor
5
|
Ketepatan gerakan
|
TT
|
KT
|
CT
|
T
|
ST
|
Ketepatan urutan
|
TT
|
KT
|
CT
|
T
|
ST
|
Keterangan : TT =
Tidak Tepat
KT =
Kurang Tepat
CT =
Cukup Tepat
T =
Tepat
ST =
Sangat Tepat
Kelompok
No
|
Nama Siswa
|
Kriteria
|
|||||||||||
Kerjasama
|
Keaktifan
|
Partisipasi
|
|||||||||||
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
||
|
|||||||||||||
|
|||||||||||||
|
|||||||||||||
|
Kriteria Penilaian
Aspek Yang Dinilai
|
Skor 1
|
Skor 2
|
Skor 3
|
Skor 4
|
Kerjasama
|
BT
|
MT
|
MB
|
BS
|
Keaktifan
|
BT
|
MT
|
MB
|
BS
|
Partisipasi
|
BT
|
MT
|
MB
|
BS
|
Keterangan :
BT : Belum Terlihat (apabila peserta didik belum melihatkan tanda-tanda
dalam berkelompok)
MT: Mulai Terlihat (apabila peserta didik mulai melihatkan tanta-tanda
kerja sama, keaktifan dan partisipasinya dalam berkelompok)
MB: mulai Membaik (apabila peserta didikmulai menunjukkan tanda-tanda yang
membaik dalam kejasama, keaktifan, dan partisipasidalam berkelompok)
BS: Baik Sekali (apabila peserta didik sudah sangat baik dalam kerjasama,
keaktifan, dan partisipasi dalam kelompok)
G. Media, Bahan, dan Sumber Belajar
1. Media : Gambar tata cara umrah, kartu yang berisikan
tata cara umrah yang sudah di acak
2. Bahan
: Gambar, kartu tata cara umrah
3. Sumber
Belajar : Buku fikih kelas 5
Mengetahui
Kepala
Sekolah, Guru
Fikih Kelas V

NIP.
NIP.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar