Rabu, 30 Desember 2015

RPP Tematik Kelas 5 Tema 7 Pembelajaran 3

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan      : MI Al Azhar
Kelas / Semester          : V / 2 (Dua)
Tema / Subtema / PB  : Sejarah Peradaban Indonesia / Kerajaan Islam di Indonesia / III
Alokasi Waktu            : 5 JPL ( 5 x 35 menit )
A.    Kompetensi Inti ( KI )
1.      Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2.      Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru.
3.      Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpai di rumah dan di sekolah.
4.      Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.
B.     Kompetensi dasar dan Indikator
Matematika
Kompetensi Dasar
1.2.    Menghargai nilai-nilai ajaran agama yang dianutnya.
2.1.    Menunjukkan sikap kritis, cermat dan teliti, jujur, tertib dan mengikuti aturan, peduli, disiplin waktu, tidak mudah menyerah serta bertanggung jawab dalam mengerjakan tugas.
3.3.   Memilih prosedur pemecahan masalah dengan menganalisis
hubungan antara simbol, informasi yang relevan, dan mengamati pola.
4.9.    Mengukur besar sudut menggunakan busur derajat dan mengidentifikasi jenis sudutnya
Indikator
1.2.1  Mengucapkan syukur ketika berhasil mengerjakan sesuatu.
2.1.1  Mengumpulkan tugas sesuai dengan waktu yang ditentukan.
3.3.2. Menunjukkan prosedur membandingkan sudut
4.9.2. Membandingkan besar sudut.


PPKn
Kompetensi Dasar
1.1    Menghargai semangat kebhinneka tunggal ikaan dan keragaman agama, suku bangsa, pakaian tradisional, bahasa, rumah adat, makanan khas, upacara adat, sosial, dan ekonomi dalam kehidupan bermasyarakat.
2.1    Menunjukkan perilaku, disiplin, tanggung jawab, percaya diri, berani mengakui kesalahan,
meminta maaf dan memberi maaf yang dijiwai keteladanan pahlawan kemerdekaan RI
dalam semangat perjuangan, cinta tanah air, dan rela berkorban sebagai perwujudan nilai dan moral Pancasila.
3.5     Memahami Nilai-nilai Persatuan pada masa Islam
4.5    .Mensimulasikan nilai-nilai persatuan pada masa Islam dalam kehidupan di masyarakat
Indikator
1.1.1  Menghormati teman yang berbeda agama, dan suku bangsa.
2.1.1 Menolong teman yang membutuhkan bantuan
3.5.1. Menyebutkan nilai-nilai persatuan kerajaan-kerajaan
Islam di Indonesia
.
4.5.1. Memerankan tokoh pada masa Islam yang menjadi simbol persatuan.
Bahasa Indonesia
Kompetensi Dasar
1.2  Meresapi anugerah Tuhan Yang Maha Esa atas keberadaan proses kehidupan bangsa dan lingkungan alam.
2.5  Memiliki rasa percaya diri dan cinta tanah air tentang nilai-nilai perkembangan kerajaan Islam melalui pemanfaatan bahasa Indonesia.
3.5  Menggali informasi dari teks cerita narasi sejarah tentang
nilai-nilai perkembangan kerajaan Islam di Indonesia dengan bantuan guru dan
teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku
4.5   Mengolah dan menyajikan teks
cerita narasi sejarah tentang nilai-nilai perkembangan
kerajaan Islam di Indonesia secara mandiri dalam bahasa
Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku
Indikator
1.2.1  Menunjukkan sikap peduli terhadap lingkungan alam.
2.5.1  Menyatakan pendapat tentang nilai-nilai perkembangan kerajaan Islam Indonesia
3.5.3. Mengenali perkembangan kerajaan Islam Indonesia dari teks cerita sejarah tentang nilainilai perkembangan kerajaan Islam di Indonesia.
4.5.3. Menunjukkan bukti sejarah tentang perkembangan kerajaan Islam Indonesia dari teks cerita sejarah tentang perkembangan kerajaan Islam di Indonesia.
Materi Pembelajaran
1.      Membandingkan besar sudut
2.      Nilai-nilai persatuan kerajaan-kerajaan Islam di Indonesia.
3.      Perkembangan kerajaan Islam di Indonesia
C.      Kegiatan Pembelajaran
Pendahuluan
  1. Memberi salam dan mengajak berdoa
  2. Memberikan ice breaking dengan melakukan tepuk seperti jika guru berkata merah peserta didik akan melakukan tepuk satu kali, kuning berarti peserta didik melakukan tepuk dua kali, dan hijau tepuk sebannyak tiga kali. Hal ini dilakukan untuk meningkatkan konsentrasi eserta didik.
  3. Guru menyampaikan tujuan pembelajaran.
10 Menit
Kegiatan Inti
-          Mengamati
·         Peserta didik mengamati gambar sudut yang dibawah oleh pendidik.
-          Menalar
·         Peserta didik mengidentifikasikan titik sudut dan namanya.
·         Peserta didik menjiplak gambar sudut dengan menggunakan kertas putih, dan menggunting pola gambar sudut tersebut untuk dipakai sebagai perbandingan terhadap gambar-gambar sudut pada latihan berikutnya.
-          Mengumpulkan informasi
·         Pada latihan berikutnya, peserta didik menggunakan model sudut hasil jiplakannya untuk mengidentifikasikan apakah gambar-gambar sudut pada latihan berikutnya lebih besar, lebih kecil atau sama dengan model sudut yang dimilikinya.
-          Menanya
·         Peserta didik menanyakan tentang hasil indentifikasi peserta didik lain dan membandingkan dengan hasil identifikasinya.
-          Mengumpulkan informasi
·         Peserta didik membaca dan menggali informasi dari bacaan Raden Patah
·         Peserta didik mengidentifikasikan perilaku yang menunjukkan nilai-nilai persatuan kerajaan Islam di Indonesia.
·         Peserta didik dan kelompoknya mendiskusikan sikap apa yang akan digunakan untuk memerankan tokoh raden patah.
-          Mempraktekkan
·         Peserta didik dan kelompoknya memerankan tokoh raden patah sesuai dengan diskusi mereka.
-          Mengamati
·         Peserta didik mengamati nilai, sikap toleransi, dan persatuan yang dapat ditauladani dari tokoh raden patah.
-          Menalar
·         Kemudian peserta didik menganalisa sikap mereka berkaitan dengan sikap toleran maupun persatuan di lingkungan sekitar dalam kehidupan sehari-hari.
·         Peserta didik mencatat pencerminan kedua sikap tersebut di lembar yang telah disediakan.
150
Menit
Penutup
  1. Guru merefleksi materi yang sudah didiskusikan.
  2. Guru memberikan tugas lanjutan berupa PR.
  3. Guru mengabsen peserta didik sembari melakukan proses penilaian.
  4. Peserta didik memimpin doa di akhir pembelajaran.
  5. Guru mengucapkan salam penutup.
15 Menit

D.  Penilaian
Kisi-kisi Penilaian
Indikator Kompetensi
Teknik Penilaian
Bentuk Penilaian
Instrumen Penilaian
Matematika
1.2.1  Mengucapkan syukur ketika berhasil mengerjakan sesuatu.
2.1.1  Mengumpulkan tugas sesuai dengan waktu yang ditentukan.

3.3.2. Menunjukkan prosedur membandingkan sudut.
4.9.2. Membandingkan besar sudut.

Non tes

Non tes


Tes

Non tes

Penilaian Diri Peserta Didik
Penilaian Diri Peserta Didik

Tes tulis

Unjuk Kerja

Rubik Penilaian Diri
Rubik Penilaian Diri

Uraian

Rating scale
PPKn
1.1.1        Menghormati teman yang berbeda agama, dan suku bangsa.

2.1.1 Menolong teman yang membutuhkan bantuan.

3.5.1. Menyebutkan nilai-nilai persatuan kerajaan-kerajaan Islam di Indonesia.
4.5.1. Memerankan tokoh pada masa Islam yang menjadi simbol persatuan.

Non tes


Non tes


Tes


Non tes

Penilaian Diri Peserta Didik

Penilaian Diri Peserta Didik

Tes tulis


Unjuk Kerja

Rubik Penilaian Diri

Rubik Penilaian Diri

Uraian


Rating scale
Bahasa Indonesia
1.2.1  Menunjukkan sikap peduli terhadap lingkungan alam.

2.5.1  Menyatakan pendapat tentang nilai-nilai perkembangan kerajaan Islam Indonesia.
3.5.3. Mengenali perkembangan kerajaan Islam Indonesia dari teks cerita sejarah tentang nilai-nilai perkembangan kerajaan Islam di Indonesia.
4.5.3. Menunjukkan bukti sejarah tentang perkembangan kerajaan Islam Indonesia dari teks cerita sejarah tentang perkembangan kerajaan Islam di Indonesia.

Non tes


Non tes


Tes






Penilaian Diri Peserta Didik

Penilaian Diri Peserta Didik

Tes tulis






Rubik Penilaian Diri

Rubik Penilaian Diri

Uraian






Rubik penilaian diri peserta didik
Matematika
1.2.1  Mengucapkan syukur ketika berhasil mengerjakan sesuatu.
2.1.1  Mengumpulkan tugas sesuai dengan waktu yang ditentukan.
PPKn
1.1.1 Menghormati teman yang berbeda agama, dan suku bangsa.
2.1.1 Menolong teman yang membutuhkan bantuan.
Bahasa Indonesia
1.2.1  Menunjukkan sikap peduli terhadap lingkungan alam.
2.5.1  Menyatakan pendapat tentang nilai-nilai perkembangan kerajaan Islam Indonesia.
Berilah tanda ( Ö ) pada kegiatan yang telah di lakuakan :

No
Aspek yang diamati
Ya
Tidak
1.
Bersyukur  ketika berhasil mengerjakan tugas


2.
Menjaga kebersihan lingkungan kelas


3.
Berdoa sebelum belajar


4
Mengucap alhamdulillah ketika berhasil mengerjakan tugas


5
Saling menghormati dengan teman yang berbeda agama, dan suku bangsa.


6
Menolong teman yang sedang membutuhkan bantuan


7
Tidak mencontek saat mengerjakan tugas


8
Berani menyatakan pendapat


9
 Mengumpulkan tugas tepat waktu


10
Membuat kesimpulan percobaan sesuai dengan data yang diperoleh saat melakukan percobaan


Kriteria Penilaian
ü  Sangat Baik     : Jika memenuhi semua aspek yang diamati.
ü  Baik                 : Jika ada dua aspek yang tidak terpenuhi.
ü  Cukup                         : Jika ada tiga aspek yang tidak terpenuhi.
ü  Kurang                        : Jika ada lebih dari tiga aspek yang tidak terpenuhi.
Tes tulis uraian
Matematika
3.3.2. Menunjukkan prosedur membandingkan sudut.
PPKn
3.5.1. Menyebutkan nilai-nilai persatuan kerajaan-kerajaan Islam di Indonesia.
Bahasa Indonesia
3.5.3. Mengenali perkembangan kerajaan Islam Indonesia dari teks cerita sejarah tentang nilai-nilai perkembangan kerajaan Islam di Indonesia.
Soal Uraian
Jawablah pertanyaan di bawah ini dengan benar!!
1.      Jelaskan prosedur yang dilakukan untuk membandingkan sudut?
2.      Sebutkan nilai-nilai persatuan dan kesatuan yang terdapat pada Kerajaan Makassar?
3.      Sebutkan isi kesepakatan kerajaan kembar Gowa-Tallo yang menyebabkan kesatuan kerajaan ini?
4.      Perjuangan apa yang telah dilakukan oleh Sultan Iskandar Muda?
5.      Apa dampak dari perjuangan Sultan Iskandar Muda terhadap kerajaan Aceh?

Teknik Penskoran = x 100
Kriteria Penilaian
Jumlah skor keseluruhan         : 100
Soal uraian, tiap satu soal yang benar bernilai 20
a.       Satu soal bernilai 20 apabila jawaban benar dan menggunakan bahasa Indonesia yang baku.
b.      Satu soal bernilai 15-19 apabila jawaban benar akan tetapi bahasa Indonesia yang digunakan kurang baku.
c.       Satu soal bernilai 10-14 apabila jawaban benar akan tetapi bahasa Indonesia yang digunakan tidak baku.
d.      Satu soal bernilai 5-9 apabila jawaban kurang benar akan tetapi bahasa Indonesia yang digunakan baku.
e.       Satu soal bernilai 1-4 apabila jawaban kurang benar dan bahasa Indonesia yang digunakan kurang baku.
f.       Satu soal bernilai 0 apabila jawaban salah
Format Penilaian Rating Scale
Matematika
4.9.2. Membandingkan besar sudut.
No
Nama Siswa
Aspek yang diamati
NA
Pengetahuan
Keterampilan Menggunakan Model Sudut
Sikap Ketelitian
4
3
2
1
4
3
2
1
4
3
2
1

1.














2.














3.














4.














5.














dst















Kriteria Penilaian
Kriteria
Baik Sekali
Baik
Cukup
Kurang
(4)
(3)
(2)
(1)
Pengetahuan
Pengetahuan
peserta didik tentang ukuran sudut sangat tepat
Pengetahuan
peserta didik tentang ukuran sudut cukup tepat
Pengetahuan
peserta didik tentang ukuran sudut kurang tepat
Pengetahua peserta didik tentang ukuran sudut masih
membutuhkan
bantuan dari
pendidik
Keterampilan Menggunakan Model Sudut
Peserta didik
menunjukkan
keterampilan
dalam
menggunakan
model sudut
dengan baik dan
cermat untuk
membandingkan
besar kecilnya
sudut



Peserta didik menunjukkan
keterampilan
dalam
menggunakan
model sudut
dengan cukup
baik untuk
membandingkan
besar kecilnya
sudut, namun
masih kurang
cermat
Peserta didik menunjukkan
keterampilan
dalam
menggunakan
model sudut
dengan cukup
baik untuk
membandingkan
besar kecilnya
sudut, namun
tidak cermat
Peserta didik menunjukkan keterampilan dalam
menggunakan
model
sudut untuk
membandingkan
besar kecilnya
sudut dan masih
kurang mandiri
Sikap Ketelitian
Peserta didik menunjukkan
sikap
ketelitian
yang tinggi dalam
membandingkan
sudut
menggunakan
model sudut
Peserta didik menunjukkan
sikap ketelitian
yang cukup
baik dalam
membandingkan
sudut
menggunakan
model sudut
Peserta didik menunjukkan
sikap ketelitian
yang kurang
baik dalam
membandingkan
sudut
menggunakan
model sudut
Peserta didik masih belum teliti
dalam
membandingkan
sudut
menggunakan
model sudut
serta masih
membutuhkan
bantuan guru

Format Penilaian Rating Scale
PPKn
4.5.1. Memerankan tokoh pada masa Islam yang menjadi simbol persatuan.
No
Nama Siswa
Aspek yang diamati
NA
Dialog Drama
Keterampilan Bermain Peran
Sikap Percaya Diri
4
3
2
1
4
3
2
1
4
3
2
1

1.














2.














3.














4.














5.














dst
















Kriteria Penilaian
Kriteria
Baik Sekali
Baik
Cukup
Kurang
(4)
(3)
(2)
(1)
Dialog Drama
Dialog
drama berisi
pengetahuan
tentang nilai-nilai
persatuan serta tokoh pemersatu
di masa
Kerajaan Islam dengan sangat jelas
Dialog drama berisi pengetahuan
tentang nilai-nilai
persatuan serta tokoh pemersatu di masa Kerajaan
Islam, namun
masih kurang
jelas
Dialog drama
hanya membahas
sedikit tentang
nilai-nilai
persatuan serta
tokoh pemersatu
di masa Kerajaan
Islam
Dialog drama
berisi halhal yang jauh
melenceng dari pengetahuan
tentang nilai-nilai
persatuan serta tokoh pemersatu di masa Kerajaan
Islam

Keterampilan Bermain Peran
Peserta didik
menunjukkan
keterampilan
yang sangat baik
dalam bermain
peran. Hal ini
bisa terlihat dari
ekspresi yang
dipergunakan
saat bermain
drama
Peserta didik menunjukkan
keterampilan
yang cukup
baik dalam
bermain peran.
Ekspresi yang
dipergunakan
masih kurang
maksimal
Peserta didik menunjukkan
keterampilan
yang kurang
baik dalam
bermain peran.
Ekspresi yang
dipergunakan
masih kurang dan
terlihat malu
-malu
Peserta didik menunjukkan keterampilan yang kurang baik dalam
bermain peran.
Ekspresi yang
dipergunakan
sepanjang drama
sangat datar
Sikap Percaya Diri
Peserta didik menunjukkan
sikap percaya diri
yang tinggi yang disertai dengan penghapalan
dialog drama
Peserta didik menunjukkan
sikap percaya diri
yang cukup tinggi.
Dialog drama juga
masih kurang dikuasai
Peserta didik masih kurang
menunjukkan
sikap percaya diri
yang tinggi dan
sesekali masih
terlihat malu-malu. Dialog drama juga masih kurang dikuasai
Peserta didik tidak menunjukkan sikap percaya diri dan masih terlihat malu-malu sepanjang drama berlangsung.
Dialog drama juga
masih kurang
dikuasai

Format Penilaian Rating Scale
Bahasa Indonesia
4.5.3. Menunjukkan bukti sejarah tentang perkembangan kerajaan Islam Indonesia dari teks cerita sejarah tentang perkembangan kerajaan Islam di Indonesia.
No
Nama Siswa
Aspek yang diamati
NA
Pengetahuan
Keterampilan Menggali Informasi
Kecermatan dan Ketelitian Membuat Kesimpulan
4
3
2
1
4
3
2
1
4
3
2
1

1.














2.














3.














4.














5.














dst















Kriteria Penilaian
Kriteria
Baik Sekali
Baik
Cukup
Kurang
(4)
(3)
(2)
(1)
Pengetahuan
Pengetahuan peserta didik tentang nilai-nilai perkembangan
kerajaan islam
ditulis dengan
sangat lengkap
dan jelas
Pengetahuan
peserta didik tentang nilai-nilai
perkembangan
kerajaan islam
sebagian besar
diantaranya
ditulis dengan
lengkap dan
jelas
Pengetahuan
peserta didik tentang nilai-nilai
perkembangan
kerajaan islam
ditulis dengan
kurang lengkap
Pengetahuan
peserta didik tentang nilai-nilai
perkembangan
kerajaan islam ditulis dengan sangat tidak lengkap dan masih
memerlukan
bantuan
pendidik
Keterampilan Menggali Informasi
Peserta didik
menunjukkan
keterampilan
dan ketelitian
yang tinggi
dalam menggali
informasi yang
dibutuhkan
Peserta didik menunjukkan
keterampilan
dan ketelitian
yang tinggi
dalam
menggali
informasi yang
dibutuhkan,
walaupun masih
agak kurang teliti
Peserta didik menunjukkan
keterampilan
dan ketelitian
yang cukup baik
dalam menggali
informasi yang
dibutuhkan,
walaupun masih
agak kurang
teliti
Peserta didik kurang menunjukkan
keterampilan
dan ketelitian
dalam menggali
informasi yang
dibutuhkan dan
terlihat terburu
-buru
Kecermatan dan Ketelitian Membuat Kesimpulan
Kesimpulan
yang dibuat
siswa sangat
jelas dan dapat
dengan mudah
dimengerti oleh
pembaca
Kesimpulan
yang dibuat
siswa cukup
jelas dan dapat
dengan mudah
dimengerti oleh
pembaca
Kesimpulan yang dibuat siswa masih kurang jelas di beberapa bagian sehingga sedikit menyulitkan
pembaca
Kesimpulan yang dibuat siswa masih
kurang jelas di
hampir seluruh
bagian sehingga
menyulitkan
pembaca

E.  Media dan alat
Media         : buku tematik tema 7 “Sejarah Peradapan Indonesia”, gambar Raden Patah
Alat                        : busur derajat, pensil, model sudut






Mengetahui                                                                                       
Kepala Sekolah,                                                                                Guru Kelas V

                                                                                                                                               
NIP.                                                                                                    NIP.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar