RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan
Pendidikan : MI Al Azhar
Kelas
/ Semester : V / 2 (Dua)
Tema
/ Subtema / PB : Sejarah Peradaban Indonesia / Kerajaan Islam di Indonesia / III
Alokasi
Waktu : 5 JPL ( 5
x 35 menit )
A.
Kompetensi Inti ( KI )
1.
Menerima
dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2.
Memiliki
perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri
dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru.
3.
Memahami
pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan
menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan
kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpai di rumah dan di sekolah.
4.
Menyajikan
pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis, dalam karya yang estetis,
dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang
mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.
B.
Kompetensi dasar dan Indikator
Matematika
Kompetensi Dasar
1.2.
Menghargai
nilai-nilai ajaran agama yang dianutnya.
2.1. Menunjukkan
sikap kritis, cermat dan teliti, jujur, tertib dan mengikuti aturan, peduli,
disiplin waktu, tidak mudah menyerah serta bertanggung jawab dalam mengerjakan
tugas.
3.3.
Memilih prosedur pemecahan masalah dengan
menganalisis
hubungan antara simbol, informasi yang relevan, dan mengamati pola.
hubungan antara simbol, informasi yang relevan, dan mengamati pola.
4.9. Mengukur besar
sudut menggunakan busur derajat dan mengidentifikasi jenis sudutnya
Indikator
1.2.1 Mengucapkan syukur ketika berhasil
mengerjakan sesuatu.
2.1.1 Mengumpulkan tugas sesuai dengan waktu yang
ditentukan.
3.3.2.
Menunjukkan prosedur membandingkan sudut
4.9.2.
Membandingkan besar sudut.
PPKn
Kompetensi Dasar
1.1 Menghargai semangat kebhinneka tunggal ikaan
dan keragaman agama, suku bangsa, pakaian tradisional, bahasa, rumah adat, makanan
khas, upacara adat, sosial, dan ekonomi dalam kehidupan bermasyarakat.
2.1 Menunjukkan perilaku, disiplin, tanggung
jawab, percaya diri, berani mengakui kesalahan,
meminta maaf dan memberi maaf yang dijiwai keteladanan pahlawan kemerdekaan RI
dalam semangat perjuangan, cinta tanah air, dan rela berkorban sebagai perwujudan nilai dan moral Pancasila.
meminta maaf dan memberi maaf yang dijiwai keteladanan pahlawan kemerdekaan RI
dalam semangat perjuangan, cinta tanah air, dan rela berkorban sebagai perwujudan nilai dan moral Pancasila.
3.5 Memahami Nilai-nilai Persatuan pada masa
Islam
4.5 .Mensimulasikan nilai-nilai
persatuan pada masa Islam dalam kehidupan di masyarakat
Indikator
1.1.1 Menghormati teman yang berbeda agama, dan
suku bangsa.
2.1.1
Menolong teman yang membutuhkan bantuan
3.5.1.
Menyebutkan nilai-nilai persatuan kerajaan-kerajaan
Islam di Indonesia.
Islam di Indonesia.
4.5.1. Memerankan tokoh pada masa Islam yang menjadi simbol persatuan.
Bahasa
Indonesia
Kompetensi Dasar
1.2 Meresapi anugerah Tuhan Yang Maha Esa atas
keberadaan proses kehidupan bangsa dan lingkungan alam.
2.5 Memiliki rasa percaya diri dan cinta tanah
air tentang nilai-nilai perkembangan kerajaan Islam melalui pemanfaatan bahasa
Indonesia.
3.5 Menggali informasi dari teks cerita narasi
sejarah tentang
nilai-nilai perkembangan kerajaan Islam di Indonesia dengan bantuan guru dan
teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku
nilai-nilai perkembangan kerajaan Islam di Indonesia dengan bantuan guru dan
teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku
4.5 Mengolah dan menyajikan teks
cerita narasi sejarah tentang nilai-nilai perkembangan
kerajaan Islam di Indonesia secara mandiri dalam bahasa
Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku
cerita narasi sejarah tentang nilai-nilai perkembangan
kerajaan Islam di Indonesia secara mandiri dalam bahasa
Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku
Indikator
1.2.1 Menunjukkan sikap peduli terhadap lingkungan
alam.
2.5.1 Menyatakan pendapat tentang nilai-nilai
perkembangan kerajaan Islam Indonesia
3.5.3.
Mengenali perkembangan kerajaan Islam Indonesia dari teks cerita sejarah tentang
nilainilai perkembangan kerajaan Islam di Indonesia.
4.5.3.
Menunjukkan bukti sejarah tentang perkembangan kerajaan Islam
Indonesia dari teks cerita sejarah tentang perkembangan kerajaan
Islam di Indonesia.
Materi Pembelajaran
1. Membandingkan besar sudut
2. Nilai-nilai persatuan kerajaan-kerajaan Islam
di Indonesia.
3. Perkembangan kerajaan Islam di Indonesia
C.
Kegiatan
Pembelajaran
Pendahuluan
|
|
10 Menit
|
Kegiatan Inti
|
-
Mengamati
·
Peserta didik mengamati gambar sudut yang
dibawah oleh pendidik.
-
Menalar
·
Peserta didik mengidentifikasikan titik sudut dan namanya.
·
Peserta didik menjiplak gambar sudut dengan
menggunakan kertas putih, dan menggunting pola gambar sudut tersebut untuk
dipakai sebagai perbandingan terhadap gambar-gambar sudut pada latihan
berikutnya.
-
Mengumpulkan informasi
·
Pada latihan berikutnya, peserta didik
menggunakan model sudut hasil jiplakannya untuk mengidentifikasikan apakah
gambar-gambar sudut pada latihan berikutnya lebih besar, lebih kecil atau
sama dengan model sudut yang dimilikinya.
-
Menanya
·
Peserta didik menanyakan tentang hasil
indentifikasi peserta didik lain dan membandingkan dengan hasil
identifikasinya.
-
Mengumpulkan informasi
·
Peserta didik membaca dan menggali informasi dari bacaan Raden Patah
·
Peserta didik mengidentifikasikan perilaku yang menunjukkan nilai-nilai persatuan
kerajaan Islam di Indonesia.
·
Peserta didik dan kelompoknya mendiskusikan
sikap apa yang akan digunakan untuk memerankan tokoh raden patah.
-
Mempraktekkan
·
Peserta didik dan kelompoknya memerankan
tokoh raden patah sesuai dengan diskusi mereka.
-
Mengamati
·
Peserta didik mengamati nilai, sikap
toleransi, dan persatuan yang dapat ditauladani dari tokoh raden patah.
-
Menalar
·
Kemudian peserta didik menganalisa sikap
mereka berkaitan dengan sikap toleran maupun persatuan di lingkungan sekitar
dalam kehidupan sehari-hari.
·
Peserta didik mencatat pencerminan kedua
sikap tersebut di lembar yang telah disediakan.
|
150
Menit
|
Penutup
|
|
15 Menit
|
D. Penilaian
Kisi-kisi Penilaian
Indikator Kompetensi
|
Teknik Penilaian
|
Bentuk Penilaian
|
Instrumen Penilaian
|
Matematika
1.2.1 Mengucapkan syukur ketika
berhasil mengerjakan sesuatu.
2.1.1 Mengumpulkan tugas sesuai
dengan waktu yang ditentukan.
3.3.2. Menunjukkan prosedur membandingkan sudut.
4.9.2. Membandingkan besar sudut.
|
Non tes
Non tes
Tes
Non tes
|
Penilaian Diri Peserta Didik
Penilaian Diri Peserta Didik
Tes tulis
Unjuk Kerja
|
Rubik Penilaian Diri
Rubik Penilaian Diri
Uraian
Rating scale
|
PPKn
1.1.1
Menghormati teman yang berbeda agama, dan suku
bangsa.
2.1.1 Menolong teman yang membutuhkan bantuan.
3.5.1. Menyebutkan nilai-nilai persatuan kerajaan-kerajaan Islam di Indonesia.
4.5.1. Memerankan tokoh pada masa Islam yang menjadi simbol persatuan.
|
Non tes
Non tes
Tes
Non tes
|
Penilaian Diri Peserta Didik
Penilaian Diri Peserta Didik
Tes tulis
Unjuk Kerja
|
Rubik Penilaian Diri
Rubik Penilaian Diri
Uraian
Rating scale
|
Bahasa Indonesia
1.2.1 Menunjukkan sikap peduli terhadap
lingkungan alam.
2.5.1 Menyatakan pendapat tentang
nilai-nilai perkembangan kerajaan Islam Indonesia.
3.5.3. Mengenali perkembangan kerajaan Islam Indonesia dari teks cerita
sejarah tentang nilai-nilai perkembangan kerajaan Islam di Indonesia.
4.5.3. Menunjukkan bukti sejarah tentang perkembangan kerajaan Islam
Indonesia dari teks cerita sejarah tentang perkembangan kerajaan Islam di
Indonesia.
|
Non tes
Non tes
Tes
|
Penilaian Diri Peserta Didik
Penilaian Diri Peserta Didik
Tes tulis
|
Rubik Penilaian Diri
Rubik Penilaian Diri
Uraian
|
Rubik penilaian diri peserta didik
Matematika
1.2.1 Mengucapkan syukur ketika berhasil
mengerjakan sesuatu.
2.1.1 Mengumpulkan tugas sesuai dengan waktu yang
ditentukan.
PPKn
1.1.1 Menghormati teman
yang berbeda agama, dan suku bangsa.
2.1.1 Menolong teman yang
membutuhkan bantuan.
Bahasa Indonesia
1.2.1 Menunjukkan
sikap peduli terhadap lingkungan alam.
2.5.1 Menyatakan
pendapat tentang nilai-nilai perkembangan kerajaan Islam Indonesia.
Berilah
tanda ( Ö ) pada kegiatan yang telah di lakuakan :
No
|
Aspek yang diamati
|
Ya
|
Tidak
|
1.
|
Bersyukur ketika berhasil mengerjakan tugas
|
|
|
2.
|
Menjaga
kebersihan lingkungan kelas
|
|
|
3.
|
Berdoa
sebelum belajar
|
|
|
4
|
Mengucap
alhamdulillah ketika berhasil mengerjakan tugas
|
|
|
5
|
Saling
menghormati dengan teman yang berbeda agama, dan suku bangsa.
|
|
|
6
|
Menolong
teman yang sedang membutuhkan bantuan
|
|
|
7
|
Tidak
mencontek saat mengerjakan tugas
|
|
|
8
|
Berani
menyatakan pendapat
|
|
|
9
|
Mengumpulkan tugas tepat waktu
|
|
|
10
|
Membuat
kesimpulan percobaan sesuai dengan data yang diperoleh saat melakukan
percobaan
|
|
|
Kriteria Penilaian
ü Sangat Baik : Jika memenuhi semua aspek yang diamati.
ü Baik : Jika ada dua aspek yang tidak terpenuhi.
ü Cukup : Jika ada tiga aspek yang tidak terpenuhi.
ü Kurang : Jika
ada lebih dari tiga aspek yang tidak terpenuhi.
Tes tulis uraian
Matematika
3.3.2.
Menunjukkan prosedur membandingkan sudut.
PPKn
3.5.1.
Menyebutkan nilai-nilai persatuan kerajaan-kerajaan Islam di Indonesia.
Bahasa Indonesia
3.5.3.
Mengenali perkembangan kerajaan Islam Indonesia dari teks cerita sejarah
tentang nilai-nilai perkembangan kerajaan Islam di Indonesia.
Soal Uraian
Jawablah
pertanyaan di bawah ini dengan benar!!
1.
Jelaskan
prosedur yang dilakukan untuk membandingkan sudut?
2.
Sebutkan
nilai-nilai persatuan dan kesatuan yang terdapat pada Kerajaan Makassar?
3.
Sebutkan
isi kesepakatan kerajaan kembar Gowa-Tallo yang menyebabkan kesatuan kerajaan
ini?
4.
Perjuangan
apa yang telah dilakukan oleh Sultan Iskandar Muda?
5.
Apa
dampak dari perjuangan Sultan Iskandar Muda terhadap kerajaan Aceh?
Teknik Penskoran =
x 100
Kriteria Penilaian
Jumlah skor keseluruhan : 100
Soal uraian, tiap satu soal yang
benar bernilai 20
a.
Satu soal bernilai 20 apabila jawaban benar
dan menggunakan bahasa Indonesia yang baku.
b.
Satu soal bernilai 15-19 apabila jawaban benar
akan tetapi bahasa Indonesia yang digunakan kurang baku.
c.
Satu soal bernilai 10-14 apabila jawaban benar
akan tetapi bahasa Indonesia yang digunakan tidak baku.
d.
Satu soal bernilai 5-9 apabila jawaban kurang
benar akan tetapi bahasa Indonesia yang digunakan baku.
e.
Satu soal bernilai 1-4 apabila jawaban kurang
benar dan bahasa Indonesia yang digunakan kurang baku.
f.
Satu soal bernilai 0 apabila
jawaban salah
Format Penilaian Rating Scale
Matematika
4.9.2. Membandingkan besar sudut.
No
|
Nama Siswa
|
Aspek yang diamati
|
NA
|
|||||||||||
Pengetahuan
|
Keterampilan Menggunakan Model Sudut
|
Sikap Ketelitian
|
||||||||||||
4
|
3
|
2
|
1
|
4
|
3
|
2
|
1
|
4
|
3
|
2
|
1
|
|
||
1.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
5.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
dst
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Kriteria Penilaian
Kriteria
|
Baik Sekali
|
Baik
|
Cukup
|
Kurang
|
(4)
|
(3)
|
(2)
|
(1)
|
|
Pengetahuan
|
Pengetahuan
peserta didik tentang ukuran sudut sangat tepat |
Pengetahuan
peserta didik tentang ukuran sudut cukup tepat |
Pengetahuan
peserta didik tentang ukuran sudut kurang tepat |
Pengetahua peserta didik tentang ukuran sudut masih
membutuhkan bantuan dari pendidik |
Keterampilan Menggunakan Model Sudut
|
Peserta didik
menunjukkan keterampilan dalam menggunakan model sudut dengan baik dan cermat untuk membandingkan besar kecilnya sudut |
Peserta didik menunjukkan
keterampilan dalam menggunakan model sudut dengan cukup baik untuk membandingkan besar kecilnya sudut, namun masih kurang cermat |
Peserta didik menunjukkan
keterampilan dalam menggunakan model sudut dengan cukup baik untuk membandingkan besar kecilnya sudut, namun tidak cermat |
Peserta didik menunjukkan keterampilan dalam
menggunakan model sudut untuk membandingkan besar kecilnya sudut dan masih kurang mandiri |
Sikap Ketelitian
|
Peserta didik menunjukkan
sikap ketelitian yang tinggi dalam membandingkan sudut menggunakan model sudut |
Peserta didik menunjukkan
sikap ketelitian yang cukup baik dalam membandingkan sudut menggunakan model sudut |
Peserta didik menunjukkan
sikap ketelitian yang kurang baik dalam membandingkan sudut menggunakan model sudut |
Peserta didik masih belum teliti
dalam membandingkan sudut menggunakan model sudut serta masih membutuhkan bantuan guru |
Format Penilaian Rating Scale
PPKn
4.5.1. Memerankan tokoh pada masa Islam yang
menjadi simbol persatuan.
No
|
Nama Siswa
|
Aspek yang diamati
|
NA
|
|||||||||||
Dialog Drama
|
Keterampilan Bermain Peran
|
Sikap Percaya Diri
|
||||||||||||
4
|
3
|
2
|
1
|
4
|
3
|
2
|
1
|
4
|
3
|
2
|
1
|
|
||
1.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
5.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
dst
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Kriteria Penilaian
Kriteria
|
Baik Sekali
|
Baik
|
Cukup
|
Kurang
|
(4)
|
(3)
|
(2)
|
(1)
|
|
Dialog Drama
|
Dialog
drama berisi pengetahuan tentang nilai-nilai persatuan serta tokoh pemersatu di masa Kerajaan Islam dengan sangat jelas |
Dialog drama berisi pengetahuan
tentang nilai-nilai persatuan serta tokoh pemersatu di masa Kerajaan Islam, namun masih kurang jelas |
Dialog drama
hanya membahas sedikit tentang nilai-nilai persatuan serta tokoh pemersatu di masa Kerajaan Islam |
Dialog drama
berisi halhal yang jauh melenceng dari pengetahuan tentang nilai-nilai persatuan serta tokoh pemersatu di masa Kerajaan Islam |
Keterampilan Bermain Peran
|
Peserta didik
menunjukkan keterampilan yang sangat baik dalam bermain peran. Hal ini bisa terlihat dari ekspresi yang dipergunakan saat bermain drama |
Peserta didik menunjukkan
keterampilan yang cukup baik dalam bermain peran. Ekspresi yang dipergunakan masih kurang maksimal |
Peserta didik menunjukkan
keterampilan yang kurang baik dalam bermain peran. Ekspresi yang dipergunakan masih kurang dan terlihat malu-malu |
Peserta didik menunjukkan keterampilan yang kurang baik
dalam
bermain peran. Ekspresi yang dipergunakan sepanjang drama sangat datar |
Sikap Percaya Diri
|
Peserta didik menunjukkan
sikap percaya diri yang tinggi yang disertai dengan penghapalan dialog drama |
Peserta didik menunjukkan
sikap percaya diri yang cukup tinggi. Dialog drama juga masih kurang dikuasai |
Peserta didik masih kurang
menunjukkan sikap percaya diri yang tinggi dan sesekali masih terlihat malu-malu. Dialog drama juga masih kurang dikuasai |
Peserta didik tidak menunjukkan sikap percaya diri dan
masih terlihat malu-malu sepanjang drama berlangsung.
Dialog drama juga masih kurang dikuasai |
Format Penilaian Rating Scale
Bahasa Indonesia
4.5.3. Menunjukkan bukti sejarah tentang perkembangan
kerajaan Islam Indonesia dari teks cerita sejarah tentang perkembangan kerajaan
Islam di Indonesia.
No
|
Nama Siswa
|
Aspek yang diamati
|
NA
|
|||||||||||
Pengetahuan
|
Keterampilan Menggali Informasi
|
Kecermatan dan Ketelitian Membuat Kesimpulan
|
||||||||||||
4
|
3
|
2
|
1
|
4
|
3
|
2
|
1
|
4
|
3
|
2
|
1
|
|
||
1.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
5.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
dst
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Kriteria Penilaian
Kriteria
|
Baik Sekali
|
Baik
|
Cukup
|
Kurang
|
(4)
|
(3)
|
(2)
|
(1)
|
|
Pengetahuan
|
Pengetahuan peserta didik tentang nilai-nilai perkembangan
kerajaan islam ditulis dengan sangat lengkap dan jelas |
Pengetahuan
peserta didik tentang nilai-nilai perkembangan kerajaan islam sebagian besar diantaranya ditulis dengan lengkap dan jelas |
Pengetahuan
peserta didik tentang nilai-nilai perkembangan kerajaan islam ditulis dengan kurang lengkap |
Pengetahuan
peserta didik tentang nilai-nilai perkembangan kerajaan islam ditulis dengan sangat tidak lengkap dan masih memerlukan bantuan pendidik |
Keterampilan Menggali Informasi
|
Peserta didik
menunjukkan keterampilan dan ketelitian yang tinggi dalam menggali informasi yang dibutuhkan |
Peserta didik menunjukkan
keterampilan dan ketelitian yang tinggi dalam menggali informasi yang dibutuhkan, walaupun masih agak kurang teliti |
Peserta didik menunjukkan
keterampilan dan ketelitian yang cukup baik dalam menggali informasi yang dibutuhkan, walaupun masih agak kurang teliti |
Peserta didik kurang menunjukkan
keterampilan dan ketelitian dalam menggali informasi yang dibutuhkan dan terlihat terburu-buru |
Kecermatan dan Ketelitian Membuat Kesimpulan
|
Kesimpulan
yang dibuat siswa sangat jelas dan dapat dengan mudah dimengerti oleh pembaca |
Kesimpulan
yang dibuat siswa cukup jelas dan dapat dengan mudah dimengerti oleh pembaca |
Kesimpulan yang dibuat siswa masih kurang jelas di beberapa bagian sehingga sedikit menyulitkan
pembaca |
Kesimpulan yang dibuat siswa
masih
kurang jelas di hampir seluruh bagian sehingga menyulitkan pembaca |
E. Media dan alat
Media :
buku tematik tema 7 “Sejarah Peradapan Indonesia”, gambar Raden Patah
Alat : busur derajat, pensil, model sudut
Mengetahui
Kepala
Sekolah, Guru
Kelas V
NIP. NIP.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar