Rabu, 30 Desember 2015

RPP Tematik Kelas 5 Tema 7 Pembelajaran 1

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan      : MI Al Azhar
Kelas / Semester          : V / 2 (Dua)
Tema / Subtema / PB  : Sejarah Peradaban Indonesia / Kerajaan Islam di Indonesia / I
Alokasi Waktu            : 5 JPL ( 5 x 35 menit )
A.    Kompetensi Inti ( KI )
1.      Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2.      Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru.
3.      Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpai di rumah dan di sekolah.
4.      Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.
B.     Kompetensi dasar dan Indikator
Bahasa Indonesia
Kompetensi Dasar
1.2   Meresapi anugerah Tuhan Yang Maha Esa atas keberadaan proses kehidupan bangsa dan lingkungan alam.
2.5   Memiliki rasa percaya diri dan cinta tanah air tentang nilai-nilai perkembangan kerajaan Islam melalui pemanfaatan bahasa Indonesia.
3.5   Menggali informasi dari teks cerita narasi sejarah tentang nilai-nilai perkembangan kerajaan Islam di Indonesia dengan bantuan guru dan teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku


4.5   Mengolah dan menyajikan teks cerita narasi sejarah tentang
nilai-nilai perkembangan
kerajaan Islam di Indonesia secara mandiri dalam bahasa
Indonesia lisan dan tulis
dengan memilih dan memilah kosakata baku
Indikator
1.2.1  Menunjukkan sikap peduli terhadap lingkungan alam.
2.5.1 Menyatakan pendapat tentang nilai-nilai perkembangan kerajaan Islam Indonesia
3.5.1. Menyimak teks cerita narasi sejarah tentang nilai-nilai perkembangan kerajaan Islam Indonesia.
4.5.1. Mengidentifikasi kosakata yang sulit dalam teks narasi sejarah tentang nilai-nilai perkembangan kerajaan Islam di Indonesia
Matematika
Kompetensi Dasar
1.2. Menghargai nilai-nilai ajaran agama yang dianutnya.
2.1. Menunjukkan sikap kritis, cermat dan teliti, jujur, tertib dan mengikuti aturan, peduli, disiplin waktu, tidak mudah menyerah serta bertanggung jawab dalam mengerjakan tugas.
3.3. Memilih prosedur pemecahan masalah dengan menganalisis hubungan antara simbol, informasi yang relevan, dan mengamati pola
4.9 Mengukur besar sudut menggunakan busur derajat dan mengidentifikasi jenis sudutnya
Indikator
1.2.1  Mengucapkan syukur ketika berhasil mengerjakan sesuatu.
2.1.1  Mengumpulkan tugas sesuai dengan waktu yang ditentukan.
3.3.1  Menjelaskan prosedur yang tepat dalam mengidentifikasi sudut.
4.9.1. Mengidentifikasi jenis sudut.
IPA
Kompetensi Dasar
1.1 Bertambah keimanannya dengan menyadari hubungan keteraturan dan kompleksitas alam dan jagad raya terhadap kebesaran Tuhan yang menciptakannya, serta mewujudkannya dalam pengamalan ajaran agama yang dianutnya.
2.1 Menunjukkan perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu; obyektif; jujur; teliti; cermat; tekun; hati-hati; bertanggung jawab; terbuka; dan peduli lingkungan) dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi sikap dalam melakukan inkuiri ilmiah dan berdiskusi.
3.5 Mengenal rangkaian listrik sederhana dan sifat magnet serta penerapannya dalam kehidupan sehari-hari.
4.5 Membuat electromagnet sederhana dan menggunakannya untuk mendeteksi benda-benda yang ditarik oleh magnet
Indikator
1.1.1.Membuat tugas berdasarkan data atau informasi yang sebenarnya.
2.1.1.Melaporkan hasil dari tugas yang dikerjakan berdasarkan data atau informasi yang sebenarnya.
3.5.1. Menyebutkan ciri-ciri magnet.
4.5.1 Mengumpulkan informasi mengenai cara membuat elektromagnet sederhana
C.    Materi Pembelajaran
1.      Nilai-nilai perkembangan kerajaan Islam Indonesia.
2.      Jenis-jenis sudut
3.      Macam-macam bentuk magnet
4.      Ciri-ciri magnet
D.      Kegiatan Pembelajaran
Pendahuluan
  1. Memberi salam dan mengajak berdoa
  2. Memberikan ice breaking dengan melakukan tepuk seperti jika guru berkata merah peserta didik akan melakukan tepuk satu kali, kuning berarti peserta didik melakukan tepuk dua kali, dan hijau tepuk sebannyak tiga kali. Hal ini dilakukan untuk meningkatkan konsentrasi eserta didik.
  3. Guru menyampaikan tujuan pembelajaran.
10 Menit
Kegiatan Inti
-          Mengamati
·         Peserta didik membaca teks bacaan yang berjudul Masjid Agung Demak.
·         Peserta didik  mencermati bacaan dan menggaris bawahi informasi–informasi penting dari bacaan.
·         Peserta didik menuliskan kata-kata sulit dari bacaan kedalam kolom yang disediakan dan mencoba
mencari arti
dari kata-kata sulit tersebut
-          Menanya
·         Peserta didik berdiskusi dengan teman sebangkunya atau menanyakan arti dari kata-kata sulit yang ditemukan kepada teman dan gurunya
-          Mengumpulkan informasi
·         Peserta didik berlatih menggunakan kamus untuk
menemukan arti dari kata –kata sulit yang mereka
temukan
-          Menalar atau Mengasosiasi
·         Dengan mengartikan kata-kata sulit dari bacaan,
peserta didik diharapkan lebih bisa memahami isi bacaan dan mampu menuangkan pemahaman tersebut dalam bentuk kesimpulan
-          Mengamati
·         Setelah itu peserta didik diminta mengamati tentang gambar sketsa Masjid Agung Demak (guru memberikan bimbingan dengan memberikan pertanyaan-pertanyaan pancingan seperti: Bentuk apa saja yang kamu bisa temukan pada gambar Masjid Demak? Coba sebutkan macam-macam bentuk yang kamu bisa lihat! Apa yang membedakan bentuk-bentuk tersebut? Pertanyaan-pertanyaan ini digunakan sebagai jembatan untuk
memadukan kegiatan membaca dengan kegiatan selanjutnya
-          Mengumpulkan informasi
·         Peserta didik mengidentifikasikan sudut-sudut yang bisa ditemukan dalam gambar dan mendiskusikan ciri-cirinya.
-          Mengomunikasikan
·         Peserta didik mempresentasikan tentang sudut-sudut yang bisa ditemukan dalam gambar sketsa masjid agung demak.
-          Menalar atau Mengasosiasi
·         Peserta didik melakukan percobaan sesuai dengan langkah-langkah percobaan yang disarankan pada buku siswa tentang sifat dan ciri-ciri yang ada pada magnet
-          Mengumpulkan informasi
·         Peserta didik melakukan percobaan yang sama berkali-kali untuk mengumpulkan data dan membuktikan dugaan yang dibuat sebelumnya
-          Mengomunikasikan
·         Berdasarkan percobaan, siswa kemudian merumuskan kesimpulan dari sifat
dan ciri magnet
dn mempresentasikannya didepan kelas.
150
Menit
Penutup
  1. Guru merefleksi materi yang sudah didiskusikan.
  2. Guru memberikan tugas lanjutan berupa PR.
  3. Guru mengabsen peserta didik sembari melakukan proses penilaian.
  4. Peserta didik memimpin doa di akhir pembelajaran.
  5. Guru mengucapkan salam penutup.
15 Menit

E.  Penilaian
Kisi-kisi Penilaian
Indikator Kompetensi
Teknik Penilaian
Bentuk Penilaian
Instrumen Penilaian
Bahasa Indonesia
1.2.1 Menunjukkan sikap peduli terhadap lingkungan alam.

2.5.1 Menyatakan pendapat tentang nilai-nilai perkembangan kerajaan Islam Indonesia.
3.5.1. Menyimak teks cerita narasi sejarah tentang nilai-nilai perkembangan kerajaan Islam Indonesia.
4.5.1. Mengidentifikasi kosakata yang sulit dalam teks narasi sejarah tentang nilai-nilai perkembangan kerajaan Islam di Indonesia

Non tes


Non tes


Tes


Tes

Penilaian Diri Peserta Didik

Penilaian Diri
Peserta Didik

Tes tulis


Penilaian Fortopolio

Rubik Penilaian Diri

Rubik Penilaian Diri

Uraian


Rubik Penilaian Fortopolio
Matematika
1.2.1  Mengucapkan syukur ketika berhasil mengerjakan sesuatu.
2.1.1  Mengumpulkan tugas sesuai dengan waktu yang ditentukan.
3.3.1  Menjelaskan prosedur yang tepat dalam mengidentifikasi sudut.
4.9.1. Mengidentifikasi jenis sudut.

Non tes

Non tes

Tes

Non tes

Penilaian Diri Peserta Didik
Penilaian Diri Peserta Didik
Tes tulis

Unjuk Kerja

Rubik Penilaian Diri
Rubik Penilaian Diri
Uraian

Rating scale
IPA
1.1.1. Membuat tugas berdasarkan data atau informasi yang sebenarnya.
2.1.1.Melaporkan hasil dari tugas yang dikerjakan berdasarkan data atau informasi yang sebenarnya.
3.5.1. Menyebutkan ciri-ciri magnet.
4.5.1  mengumpulkan informasi mengenai cara membuat elektromagnet sederhana.

Non tes

Non tes


Tes
Non tes

Penilaian Diri Peserta Didik
Penilaian Diri Peserta Didik

Tes tulis
Unjuk Kerja

Rubik Penilaian Diri
Rubik Penilaian Diri

Uraian
Rating scale

Rubik Penilaian diri peserta didik
Bahasa Indonesia
1.2.1 Menunjukkan sikap peduli terhadap lingkungan alam.
2.5.1 Menyatakan pendapat tentang nilai-nilai perkembangan kerajaan Islam Indonesia.
Matematika
1.2.1  Mengucapkan syukur ketika berhasil mengerjakan sesuatu.
2.1.1  Mengumpulkan tugas sesuai dengan waktu yang ditentukan.
IPA
1.1.1.  Membuat tugas berdasarkan data atau informasi yang sebenarnya.
2.1.1. Melaporkan hasil dari tugas yang dikerjakan berdasarkan data atau informasi yang sebenarnya.
Berilah tanda ( Ö ) pada kegiatan yang telah di lakuakan :

No
Aspek yang diamati
Ya
Tidak
1.
Membuang sampah pada tempat sampah


2.
Menjaga kebersihan lingkungan kelas


3.
Berdoa sebelum belajar


4
Mengucap alhamdulillah ketika berhasil mengerjakan tugas


5
Tidak mencontek saat mengerjakan tugas


6
Berani menyatakan pendapat


7
 Mengumpulkan tugas tepat waktu


8
Membuat kesimpulan percobaan sesuai dengan data yang diperoleh saat melakukan percobaan



Kriteria Penilaian:
ü  Sangat Baik     : Jika memenuhi semua aspek yang diamati.
ü  Baik                 : Jika ada satu aspek yang tidak terpenuhi.
ü  Cukup                         : Jika ada dua aspek yang tidak terpenuhi.
ü  Kurang                        : Jika ada lebih dari dua aspek yang tidak terpenuhi.

Tes tulis uraian
Bahasa Indonesia
3.5.1.Menyimak teks cerita narasi sejarah tentang nilai-nilai perkembangan kerajaan Islam Indonesia.
Matematika
3.3.1        Menjelaskan prosedur yang tepat dalam mengidentifikasi sudut.
IPA
3.5.1. Menyebutkan ciri-ciri magnet.
Soal Uraian
Jawablah pertanyaan di bawah ini dengan benar!!
1.      Masjid agung demak merupakan peninggalan dari kerajaan islam yang ada di?
2.      Sebutkan nama-nama kerajaan yang tersebar dipulau jawa?
3.      Apakah yang dimaksud dengan sudut?
4.      Bagaimana cara menentukan besarnya sudut?
5.      Sebutkan ciri-ciri magnet yang kamu ketahui?

Teknik Penskoran = x 100
Kriteria Penilaian
Jumlah skor keseluruhan         : 100
Soal uraian, tiap satu soal yang benar bernilai 20
a.       Satu soal bernilai 20 apabila jawaban benar dan menggunakan bahasa Indonesia yang baku.
b.      Satu soal bernilai 15-19 apabila jawaban benar akan tetapi bahasa Indonesia yang digunakan kurang baku.
c.       Satu soal bernilai 10-14 apabila jawaban benar akan tetapi bahasa Indonesia yang digunakan tidak baku.
d.      Satu soal bernilai 5-9 apabila jawaban kurang benar akan tetapi bahasa Indonesia yang digunakan baku.
e.       Satu soal bernilai 1-4 apabila jawaban kurang benar dan bahasa Indonesia yang digunakan kurang baku.
f.       Satu soal bernilai 0 apabila jawaban salah
Penilaian Fortopolio
Bahasa Indonesia
4.5.1.Mengidentifikasi kosakata yang sulit dalam teks narasi sejarah tentang nilai-nilai perkembangan kerajaan Islam di Indonesia.
Kata
Arti



Rubrik Penilaian Fortopolio
No.
Nama
Aspek yang diamati
Skor
Keterampilan Mencari Arti Kata

1



2



3



4



5




Kriteria Penilaian

Kriteria
Baik  Sekali
Baik
Cukupp
Perlu  Bimbingan
(4)
4
(3)
3
(2)
2
(1)
1
Keterampilan
Mencari Arti Kata
Siswa menunjukkan
keterampilan dan
ketelitian yang
tinggi dalam
mencari arti kata-kata yang sulit atau kosa kata baru
Siswa menunjukkan
keterampilan dan
yang tinggi dalam
mencari arti katakata yang sulit atau
kosa kata baru,
walaupun masih
agak kurang teliti
Siswa menunjukkan
keterampilan dan
yang cukup baik
dalam mencari arti
kata-kata yang sulit
atau kosa kata baru,
walaupun masih
agak kurang teliti
Siswa kurang
menunjukkan
keterampilan dalam
mencari arti katakata yang sulit atau kosa kata baru,
terlihat kurang teliti
dan terburu-buru

Format Penilaian Rating scale
Matematika
4.9.1. Mengidentifikasi jenis sudut.
No
Nama siswa
Kriteria
NA
Keterampilan Membedakan Jenis Sudut
Keterampilan Menggambar Sudut
4
3
2
1
4
3
2
1

1.










2.










3.










4.










5.










dst












X 100 100 100


NA:    Skor yang Diperoleh   
               Skor Maksimal        
Kriteria Penilaian
Keterampilan Membedakan Jenis Sudut :
4          : Dapat membedakan jenis sudut dengan benar
3          : Jika ada satu jenis sudut yang tidak bisa dibedakan
2          : Jika ada dua jenis sudut yang tidak bisa dibedakan
1          : Jika ada lebih dari dua jenis sudut yang tidak bisa dibedakan
Keterampilan Menggambar Sudut
4          : Gambar sudut rapi, dan sesuai jenis sudutnya
3          : Gambar sudut tidak rapi, namun sesuai dengan jenis sudutnya
2          : Gambar sudut rapi, namun tidak sesuai dengan jenis sudutnya
1          : Gambar sudut tidak rapi, dan tidak sesuai dengan jenis sudutnya

Format Penilaian Rating scale
IPA
4.5.1  Mengumpulkan informasi mengenai cara membuat elektromagnet sederhana.

No
Nama Siswa
Aspek Penilaian
Skor Akhir
Pengetahuan (Menguasai Konsep Sifat dan Ciri-ciri Magnet)
Keterampilan
Melakukan Percobaan

Sikap Rasa
Ingin Tahu dan
Kecermatan
Siswa

  1.  






  1.  






  1.  






  1.  






  1.  






Skor Akhir : Skor yang Diperoleh   X 100
                             Skor Maksimal                                


Kriteria Penilaian

Kriteria
Baik  Sekali
Baik
Cukup
Perlu  Bimbingan
4
4
3
3
2
2
1
1
Pengetahuan
Pengetahuan
siswa tentang
sifat dan ciri-ciri
magnet terlihat
sangat jelas
dalam percobaan
yang ia lakukan
Siswa terlihat
hanya menguasai
dua dari tiga
konsep sifat dan
ciri-ciri magnet
Siswa terlihat
hanya menguasai
dua dari tiga
konsep sifat dan
ciri-ciri magnet
itupun dengan
bantuan teman
sekelompoknya
Siswa masih
membutuhkan
bantuan untuk
memahami
seluruh
konsep sifat dan ciri-ciri magnet
Keterampilan
Melakukan
Percobaan
Seluruh siswa dalam kelompok
memiliki
keterampilan
yang sangat baik
dalam melakukan
percobaan,
membuat
dugaan sebelum
percobaan
yang
dilakukan
serta menyusun
kesimpulan dari
hasil percobaan
Seluruh siswa
dalam kelompok
memiliki
keterampilan yang cukup baik dalam melakukan percobaan,
membuat
dugaan sebelum percobaan
yang dilakukan
serta menyusun
kesimpulan dari
hasil percobaan
Seluruh siswa
dalam kelompok
memiliki
keterampilan
yang masih perlu
ditingkatkan
dalam melakukan
percobaan,
membuat
dugaan sebelum
percobaan
yang dilakukan
serta menyusun
kesimpulan dari
hasil percobaan
Guru banyak memberikan bantuan saat
seluruh siswa
dalam
kelompok
melakukan
percobaan,
membuat
dugaan serta menyusun
kesimpulan hasil
percobaan
Sikap Rasa
Ingin Tahu dan
Kecermatan
Siswa
Seluruh
anggota terlihat
bersungguhsungguh,
menunjukkan
rasa ingin tahu
dan kecermatan
Seluruh
anggota terlihat
menunjukkan
rasa ingin tahu
dan kecermatan,
walaupun
beberapa
diantaranya
terlihat kurang
bersungguh
-sungguh
Seluruh
anggota terlihat
menunjukkan
rasa ingin tahu
walaupun banyak
diantaranya
terlihat kurang
bersungguhsungguh
Seluruh anggota
masih harus terus
diingatkan agar
bersungguhsungguh dan
cermat saat
melakukan
percobaan


F.   Media dan alat
Media         : gambar sketsa masjid agung demak, magnet, paku, kaca
Alat                        : busur derajat, pensil, magnet, paku, kaca






Mengetahui                                                                                       
Kepala Sekolah,                                                                                Guru Kelas V

                                                                                                                                               
NIP.                                                                                                    NIP.





Tidak ada komentar:

Posting Komentar