RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan
Pendidikan : MI Al Azhar
Kelas
/ Semester : V / 2 (Dua)
Tema
/ Subtema / PB : Sejarah Peradaban Indonesia / Kerajaan Islam di Indonesia / I
Alokasi
Waktu : 5 JPL ( 5
x 35 menit )
A.
Kompetensi Inti ( KI )
1.
Menerima
dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2.
Memiliki
perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri
dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru.
3.
Memahami
pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan
menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan
kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpai di rumah dan di sekolah.
4.
Menyajikan
pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis, dalam karya yang estetis,
dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang
mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.
B.
Kompetensi dasar dan Indikator
Bahasa
Indonesia
Kompetensi Dasar
1.2 Meresapi anugerah Tuhan
Yang Maha
Esa atas keberadaan proses kehidupan bangsa dan lingkungan
alam.
2.5 Memiliki rasa percaya
diri dan cinta
tanah air tentang nilai-nilai perkembangan kerajaan Islam melalui pemanfaatan
bahasa Indonesia.
3.5 Menggali informasi dari
teks cerita
narasi sejarah tentang nilai-nilai perkembangan kerajaan Islam di Indonesia dengan
bantuan guru dan teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis
dengan memilih dan memilah kosakata baku
4.5 Mengolah dan menyajikan teks cerita
narasi sejarah tentang
nilai-nilai perkembangan kerajaan Islam di Indonesia secara mandiri dalam bahasa
Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku
nilai-nilai perkembangan kerajaan Islam di Indonesia secara mandiri dalam bahasa
Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku
Indikator
1.2.1
Menunjukkan sikap peduli terhadap lingkungan alam.
2.5.1 Menyatakan pendapat tentang nilai-nilai
perkembangan kerajaan Islam Indonesia
3.5.1.
Menyimak teks cerita narasi sejarah tentang nilai-nilai perkembangan
kerajaan Islam Indonesia.
4.5.1.
Mengidentifikasi
kosakata yang sulit dalam teks narasi sejarah
tentang nilai-nilai perkembangan kerajaan Islam di Indonesia
Matematika
Kompetensi Dasar
1.2. Menghargai nilai-nilai ajaran agama yang
dianutnya.
2.1. Menunjukkan sikap kritis, cermat dan
teliti, jujur, tertib dan mengikuti aturan, peduli, disiplin waktu, tidak mudah
menyerah serta bertanggung jawab dalam mengerjakan tugas.
3.3. Memilih prosedur pemecahan masalah dengan
menganalisis hubungan antara simbol, informasi yang relevan, dan mengamati pola
4.9 Mengukur besar sudut menggunakan
busur derajat dan mengidentifikasi jenis sudutnya
Indikator
1.2.1
Mengucapkan syukur ketika berhasil mengerjakan sesuatu.
2.1.1
Mengumpulkan tugas sesuai dengan waktu yang ditentukan.
3.3.1
Menjelaskan prosedur yang tepat dalam mengidentifikasi sudut.
4.9.1. Mengidentifikasi jenis sudut.
IPA
Kompetensi
Dasar
1.1 Bertambah keimanannya dengan menyadari
hubungan keteraturan dan kompleksitas alam dan jagad raya terhadap kebesaran
Tuhan yang menciptakannya, serta mewujudkannya dalam pengamalan ajaran agama
yang dianutnya.
2.1 Menunjukkan perilaku ilmiah (memiliki rasa
ingin tahu; obyektif; jujur; teliti; cermat; tekun; hati-hati; bertanggung
jawab; terbuka; dan peduli lingkungan) dalam aktivitas sehari-hari sebagai
wujud implementasi sikap dalam melakukan inkuiri ilmiah dan berdiskusi.
3.5 Mengenal rangkaian listrik sederhana dan
sifat magnet serta penerapannya dalam kehidupan sehari-hari.
4.5 Membuat electromagnet sederhana dan menggunakannya
untuk mendeteksi benda-benda yang ditarik oleh magnet
Indikator
1.1.1.Membuat tugas berdasarkan data atau
informasi yang sebenarnya.
2.1.1.Melaporkan hasil dari tugas yang dikerjakan
berdasarkan data atau informasi yang sebenarnya.
3.5.1. Menyebutkan ciri-ciri magnet.
4.5.1 Mengumpulkan informasi mengenai cara
membuat elektromagnet sederhana
C.
Materi Pembelajaran
1. Nilai-nilai perkembangan kerajaan Islam Indonesia.
2. Jenis-jenis sudut
3. Macam-macam bentuk magnet
4. Ciri-ciri magnet
D.
Kegiatan
Pembelajaran
Pendahuluan
|
|
10 Menit
|
Kegiatan Inti
|
-
Mengamati
·
Peserta didik membaca teks bacaan yang
berjudul Masjid Agung Demak.
·
Peserta didik mencermati bacaan dan menggaris bawahi informasi–informasi
penting dari bacaan.
·
Peserta didik
menuliskan kata-kata sulit dari bacaan kedalam kolom
yang disediakan dan mencoba
mencari arti dari kata-kata sulit tersebut
-
Menanya
·
Peserta didik
berdiskusi dengan teman sebangkunya atau
menanyakan arti dari kata-kata sulit yang ditemukan
kepada teman dan gurunya
-
Mengumpulkan informasi
·
Peserta didik berlatih
menggunakan kamus untuk
menemukan arti dari kata –kata sulit yang mereka temukan
-
Menalar atau Mengasosiasi
·
Dengan
mengartikan kata-kata sulit dari bacaan,
peserta didik diharapkan lebih bisa memahami isi bacaan dan mampu menuangkan pemahaman tersebut dalam bentuk kesimpulan
-
Mengamati
·
Setelah itu peserta didik diminta mengamati tentang gambar sketsa Masjid Agung Demak (guru memberikan bimbingan dengan memberikan
pertanyaan-pertanyaan pancingan seperti:
Bentuk apa saja yang kamu bisa temukan pada gambar Masjid Demak? Coba
sebutkan macam-macam bentuk yang kamu bisa lihat! Apa yang membedakan bentuk-bentuk
tersebut? Pertanyaan-pertanyaan ini digunakan sebagai jembatan untuk
memadukan kegiatan membaca dengan kegiatan selanjutnya
-
Mengumpulkan informasi
·
Peserta didik mengidentifikasikan
sudut-sudut yang bisa ditemukan dalam gambar dan mendiskusikan ciri-cirinya.
-
Mengomunikasikan
·
Peserta didik mempresentasikan tentang sudut-sudut yang bisa ditemukan dalam gambar
sketsa masjid agung demak.
-
Menalar atau Mengasosiasi
·
Peserta didik melakukan percobaan sesuai dengan langkah-langkah
percobaan yang disarankan pada buku siswa tentang sifat dan ciri-ciri yang ada pada
magnet
-
Mengumpulkan informasi
·
Peserta didik melakukan
percobaan yang sama berkali-kali untuk mengumpulkan
data dan membuktikan dugaan yang dibuat sebelumnya
-
Mengomunikasikan
·
Berdasarkan
percobaan, siswa kemudian merumuskan kesimpulan dari sifat
dan ciri magnet dn mempresentasikannya didepan kelas. |
150
Menit
|
Penutup
|
|
15 Menit
|
E. Penilaian
Kisi-kisi Penilaian
Indikator Kompetensi
|
Teknik Penilaian
|
Bentuk Penilaian
|
Instrumen Penilaian
|
Bahasa Indonesia
1.2.1 Menunjukkan sikap peduli terhadap lingkungan alam.
2.5.1 Menyatakan pendapat tentang nilai-nilai perkembangan kerajaan Islam
Indonesia.
3.5.1. Menyimak teks cerita narasi sejarah tentang nilai-nilai
perkembangan kerajaan Islam Indonesia.
4.5.1. Mengidentifikasi kosakata yang sulit dalam teks narasi sejarah
tentang nilai-nilai perkembangan kerajaan Islam di Indonesia
|
Non tes
Non tes
Tes
Tes
|
Penilaian Diri Peserta Didik
Penilaian Diri
Peserta Didik
Tes tulis
Penilaian Fortopolio
|
Rubik Penilaian Diri
Rubik Penilaian Diri
Uraian
Rubik Penilaian Fortopolio
|
Matematika
1.2.1 Mengucapkan syukur ketika
berhasil mengerjakan sesuatu.
2.1.1 Mengumpulkan tugas sesuai dengan
waktu yang ditentukan.
3.3.1 Menjelaskan prosedur yang
tepat dalam mengidentifikasi sudut.
4.9.1. Mengidentifikasi jenis sudut.
|
Non tes
Non tes
Tes
Non tes
|
Penilaian Diri Peserta Didik
Penilaian Diri Peserta Didik
Tes tulis
Unjuk Kerja
|
Rubik Penilaian Diri
Rubik Penilaian Diri
Uraian
Rating scale
|
IPA
1.1.1. Membuat tugas berdasarkan data atau informasi yang sebenarnya.
2.1.1.Melaporkan hasil dari tugas yang dikerjakan berdasarkan data atau
informasi yang sebenarnya.
3.5.1. Menyebutkan ciri-ciri magnet.
4.5.1 mengumpulkan informasi
mengenai cara membuat elektromagnet sederhana.
|
Non tes
Non tes
Tes
Non tes
|
Penilaian Diri Peserta Didik
Penilaian Diri Peserta Didik
Tes tulis
Unjuk Kerja
|
Rubik Penilaian Diri
Rubik Penilaian Diri
Uraian
Rating scale
|
Rubik Penilaian diri peserta didik
Bahasa Indonesia
1.2.1 Menunjukkan sikap
peduli terhadap lingkungan alam.
2.5.1 Menyatakan pendapat
tentang nilai-nilai perkembangan kerajaan Islam Indonesia.
Matematika
1.2.1 Mengucapkan syukur ketika berhasil
mengerjakan sesuatu.
2.1.1 Mengumpulkan tugas sesuai dengan waktu yang
ditentukan.
IPA
1.1.1. Membuat tugas berdasarkan data atau informasi
yang sebenarnya.
2.1.1. Melaporkan hasil dari tugas yang dikerjakan berdasarkan data atau informasi
yang sebenarnya.
Berilah tanda ( Ö ) pada
kegiatan yang telah di lakuakan :
No
|
Aspek yang diamati
|
Ya
|
Tidak
|
1.
|
Membuang sampah pada tempat sampah
|
||
2.
|
Menjaga kebersihan lingkungan kelas
|
||
3.
|
Berdoa sebelum belajar
|
||
4
|
Mengucap alhamdulillah ketika berhasil mengerjakan tugas
|
||
5
|
Tidak mencontek saat mengerjakan tugas
|
||
6
|
Berani menyatakan pendapat
|
||
7
|
Mengumpulkan tugas tepat waktu
|
||
8
|
Membuat kesimpulan percobaan sesuai dengan data yang diperoleh saat
melakukan percobaan
|
Kriteria Penilaian:
ü Sangat Baik : Jika memenuhi semua aspek yang diamati.
ü Baik : Jika ada satu aspek yang tidak terpenuhi.
ü Cukup : Jika
ada dua aspek yang tidak terpenuhi.
ü Kurang : Jika
ada lebih dari dua aspek yang tidak terpenuhi.
Tes tulis uraian
Bahasa Indonesia
3.5.1.Menyimak
teks cerita narasi sejarah tentang nilai-nilai perkembangan kerajaan Islam
Indonesia.
Matematika
3.3.1
Menjelaskan
prosedur yang tepat dalam mengidentifikasi sudut.
IPA
3.5.1.
Menyebutkan ciri-ciri magnet.
Soal Uraian
Jawablah
pertanyaan di bawah ini dengan benar!!
1.
Masjid
agung demak merupakan peninggalan dari kerajaan islam yang ada di?
2.
Sebutkan
nama-nama kerajaan yang tersebar dipulau jawa?
3.
Apakah
yang dimaksud dengan sudut?
4.
Bagaimana
cara menentukan besarnya sudut?
5.
Sebutkan
ciri-ciri magnet yang kamu ketahui?
Teknik Penskoran =
x 100
Kriteria Penilaian
Jumlah skor keseluruhan : 100
Soal uraian, tiap satu soal yang
benar bernilai 20
a.
Satu soal bernilai 20 apabila jawaban benar
dan menggunakan bahasa Indonesia yang baku.
b.
Satu soal bernilai 15-19 apabila jawaban benar
akan tetapi bahasa Indonesia yang digunakan kurang baku.
c.
Satu soal bernilai 10-14 apabila jawaban benar
akan tetapi bahasa Indonesia yang digunakan tidak baku.
d.
Satu soal bernilai 5-9 apabila jawaban kurang
benar akan tetapi bahasa Indonesia yang digunakan baku.
e.
Satu soal bernilai 1-4 apabila jawaban kurang
benar dan bahasa Indonesia yang digunakan kurang baku.
f.
Satu soal bernilai 0 apabila
jawaban salah
Penilaian Fortopolio
Bahasa Indonesia
4.5.1.Mengidentifikasi kosakata yang sulit
dalam teks narasi sejarah tentang nilai-nilai perkembangan kerajaan Islam di
Indonesia.
Kata
|
Arti
|
Rubrik Penilaian Fortopolio
No.
|
Nama
|
Aspek yang
diamati
|
Skor
|
Keterampilan Mencari Arti Kata
|
|||
1
|
|||
2
|
|||
3
|
|||
4
|
|||
5
|
Kriteria Penilaian
Kriteria
|
Baik Sekali
|
Baik
|
Cukupp
|
Perlu Bimbingan
|
(4)
4
|
(3)
3
|
(2)
2
|
(1)
1
|
|
Keterampilan
Mencari Arti
Kata
|
Siswa menunjukkan
keterampilan dan ketelitian yang tinggi dalam mencari arti kata-kata yang sulit atau kosa kata baru |
Siswa menunjukkan
keterampilan dan yang tinggi dalam mencari arti katakata yang sulit atau kosa kata baru, walaupun masih agak kurang teliti |
Siswa menunjukkan
keterampilan dan yang cukup baik dalam mencari arti kata-kata yang sulit atau kosa kata baru, walaupun masih agak kurang teliti |
Siswa
kurang
menunjukkan keterampilan dalam mencari arti katakata yang sulit atau kosa kata baru, terlihat kurang teliti dan terburu-buru |
Format Penilaian Rating scale
Matematika
4.9.1.
Mengidentifikasi jenis sudut.
No
|
Nama siswa
|
Kriteria
|
NA
|
|||||||
Keterampilan Membedakan Jenis Sudut
|
Keterampilan Menggambar Sudut
|
|||||||||
4
|
3
|
2
|
1
|
4
|
3
|
2
|
1
|
|||
1.
|
||||||||||
2.
|
||||||||||
3.
|
||||||||||
4.
|
||||||||||
5.
|
||||||||||
dst
|
X
100 100 100
|
|
Skor Maksimal
Kriteria Penilaian
Keterampilan Membedakan Jenis Sudut :
4 : Dapat membedakan jenis sudut dengan benar
3 : Jika ada satu jenis sudut yang tidak bisa dibedakan
2 : Jika ada dua jenis sudut yang tidak bisa dibedakan
1 : Jika ada lebih dari dua jenis sudut yang tidak bisa
dibedakan
Keterampilan Menggambar Sudut
4 : Gambar sudut rapi, dan sesuai jenis sudutnya
3 : Gambar sudut tidak rapi, namun sesuai dengan jenis
sudutnya
2 : Gambar sudut rapi, namun tidak sesuai dengan jenis
sudutnya
1 : Gambar sudut tidak rapi, dan tidak sesuai dengan jenis
sudutnya
Format Penilaian Rating scale
IPA
4.5.1 Mengumpulkan informasi mengenai cara membuat
elektromagnet sederhana.
No
|
Nama Siswa
|
Aspek Penilaian
|
Skor Akhir
|
||
Pengetahuan (Menguasai Konsep Sifat dan Ciri-ciri
Magnet)
|
Keterampilan
Melakukan Percobaan
|
Sikap
Rasa
Ingin Tahu dan Kecermatan Siswa |
|||
|
|||||
|
|||||
|
|||||
|
|||||
|
Skor Akhir : Skor yang Diperoleh X 100
Skor Maksimal
Kriteria Penilaian
Kriteria
|
Baik Sekali
|
Baik
|
Cukup
|
Perlu Bimbingan
|
4
4
|
3
3
|
2
2
|
1
1
|
|
Pengetahuan
|
Pengetahuan
siswa tentang sifat dan ciri-ciri magnet terlihat sangat jelas dalam percobaan yang ia lakukan |
Siswa terlihat
hanya menguasai dua dari tiga konsep sifat dan ciri-ciri magnet |
Siswa terlihat
hanya menguasai dua dari tiga konsep sifat dan ciri-ciri magnet itupun dengan bantuan teman sekelompoknya |
Siswa masih
membutuhkan bantuan untuk memahami seluruh konsep sifat dan ciri-ciri magnet |
Keterampilan
Melakukan Percobaan |
Seluruh siswa dalam kelompok
memiliki keterampilan yang sangat baik dalam melakukan percobaan, membuat dugaan sebelum percobaan yang dilakukan serta menyusun kesimpulan dari hasil percobaan |
Seluruh siswa
dalam kelompok memiliki keterampilan yang cukup baik dalam melakukan percobaan, membuat dugaan sebelum percobaan yang dilakukan serta menyusun kesimpulan dari hasil percobaan |
Seluruh siswa
dalam kelompok memiliki keterampilan yang masih perlu ditingkatkan dalam melakukan percobaan, membuat dugaan sebelum percobaan yang dilakukan serta menyusun kesimpulan dari hasil percobaan |
Guru banyak memberikan bantuan saat
seluruh siswa dalam kelompok melakukan percobaan, membuat dugaan serta menyusun kesimpulan hasil percobaan |
Sikap Rasa
Ingin Tahu dan Kecermatan Siswa |
Seluruh
anggota terlihat bersungguhsungguh, menunjukkan rasa ingin tahu dan kecermatan |
Seluruh
anggota terlihat menunjukkan rasa ingin tahu dan kecermatan, walaupun beberapa diantaranya terlihat kurang bersungguh-sungguh |
Seluruh
anggota terlihat menunjukkan rasa ingin tahu walaupun banyak diantaranya terlihat kurang bersungguhsungguh |
Seluruh anggota
masih harus terus diingatkan agar bersungguhsungguh dan cermat saat melakukan percobaan |
F. Media dan alat
Media : gambar sketsa masjid agung demak, magnet, paku, kaca
Alat : busur derajat, pensil, magnet, paku, kaca
Mengetahui
Kepala Sekolah, Guru
Kelas V
NIP. NIP.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar