RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan
Pendidikan : MI Al Azhar
Kelas
/ Semester : V / 2 (Dua)
Tema
/ Subtema / PB : Sejarah Peradaban Indonesia / Kerajaan Islam di Indonesia / II
Alokasi
Waktu : 5 JPL ( 5
x 35 menit )
A.
Kompetensi Inti ( KI )
1.
Menerima
dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2.
Memiliki
perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri
dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru.
3.
Memahami
pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan
menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan
kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpai di rumah dan di sekolah.
4.
Menyajikan
pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis, dalam karya yang estetis,
dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang
mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.
B.
Kompetensi dasar dan Indikator
PJOK
Kompetensi
Dasar
1.1 Menghargai tubuh dengan
seluruh perangkat gerak dan kemampuannya sebagai anugerah Tuhan yang tidak
ternilai.
2.1 Berperilaku
sportif dalam bermain.
3.5 Memahami
konsep aktivitas latihan daya tahan jantung dan paru
(cardiorespiratory)
untuk pengembangan kebugaran jasmani
untuk pengembangan kebugaran jasmani
4.5
Mempraktikkan aktivitas jantung dan paru (cardiorespiratory) untuk pengembangan
kebugaran jasmani.
Indikator
1.1.1. Menjaga kesehatan tubuh dengan berolahraga.
2.1.1. Menolak berbuat curang saat bermain.
3.5.1. Menunjukkan manfaat dan cara berlari yang benar
sebagai salah satu aktivitas latihan daya tahan jantung dan paru
4.5.1. Mempraktekan lari jarak menengah menempuh jarak
0,5 km.
Bahasa
Indonesia
Kompetensi Dasar
1.2 Meresapi anugerah Tuhan Yang Maha Esa atas keberadaan proses
kehidupan bangsa dan lingkungan alam.
2.5 Memiliki rasa percaya diri dan cinta tanah air
tentang nilai-nilai perkembangan kerajaan Islam melalui pemanfaatan bahasa
Indonesia.
3.5 Menggali informasi dari teks cerita narasi sejarah tentang
nilai-nilai perkembangan kerajaan Islam di Indonesia dengan bantuan guru dan teman
dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku
4.5 Mengolah dan menyajikan teks cerita
narasi sejarah tentang nilai-nilai perkembangan kerajaan Islam di Indonesia secara
mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah
kosakata baku
Indikator
1.2.1 Menunjukkan
sikap peduli terhadap lingkungan alam.
2.5.1 Menyatakan
pendapat tentang nilai-nilai perkembangan kerajaan Islam Indonesia
3.5.2. Menjawab pertanyaan bacaan tentang nilai-nilai
perkembangan kerajaan Islam Indonesia
4.5.2. Membuat kesimpulan dari teks cerita narasi tentang
nilai-nilai perkembangan kerajaan Islam di Indonesia
IPA
Kompetensi Dasar
1.1 Bertambah keimanannya dengan menyadari
hubungan keteraturan dan kompleksitas alam dan jagad raya terhadap kebesaran
Tuhan yang menciptakannya, serta mewujudkan nya dalam pengamalan ajaran agama
yang dianutnya.
2.1 Menunjukkan perilaku ilmiah (memiliki rasa
ingin tahu; obyektif; jujur; teliti; cermat; tekun; hati-hati; bertanggung
jawab; terbuka; dan peduli lingkungan) dalam aktivitas sehari-hari sebagai
wujud implementasi sikap dalam melakukan inkuiri ilmiah dan berdiskusi.
3.5 Mengenal rangkaian listrik sederhana dan sifat magnet serta penerapannya dalam kehidupan sehari-hari
4.5 Membuat
electromagnet sederhana dan menggunakannya untuk mendeteksi benda-benda yang
ditarik oleh magnet
Indikator
1.1.1 . Membuat tugas berdasarkan data atau informasi yang
sebenarnya.
2.1.1. Melaporkan hasil dari tugas yang dikerjakan berdasarkan data
atau informasi yang sebenarnya.
3.5.7. Mengelompokkan benda-benda yang
bersifat magnetis
4.5.6. Merancang cara membuat electromagnet sederhana
SBdP
Kompetensi
Dasar
1.1
Menerima kekayaan dan keragaman karya seni daerah sebagai anugerah
Tuhan.
2.1 Menunjukkan
rasa percaya diri dalam mengolah karya seni. sumber ide dalam berkarya seni.
3.5
Memahami unsur-unsur budaya daerah dalam bahasa daerah.
4.17 Menceritakan secara lisan dan tulisan unsur-unsur
budaya daerah menggunakan bahasa daerah.
Indikator
1.1.1. Bersyukur atas keragaman karya seni daerah yang ada di
indonesia.
2.1.1. Menyatakan pendapat tentang unsur-unsur dan istilah kesenian.
3.5.1. Mengidentifikasikan unsur-unsur dan istilah kesenian dari
teks bacaan
4.17.2. Menyebutkan salah satu unsur budaya daerah , yakni kesenian
dan istilah-istilah di dalamnya dalam bahasa daerah setempat (cth: dalam ukiran
jawa tengah/DIY ada istilah
pecahan, cawen, dsb).
pecahan, cawen, dsb).
Materi Pembelajaran
1. Aktivitas latihan daya tahan jantung dan paru (lari)
2. Nilai-nilai perkembangan Kerajaan Demak
3. Cara membuat electromagnet sederhana
4. Seni ukir
C.
Kegiatan
Pembelajaran
Pendahuluan
|
|
10 Menit
|
Kegiatan Inti
|
-
Mengamati
·
Peserta didik membaca buku atau artikel yang
berhubungan dengan olahraga lari
-
Menanya
·
Peserta didik
berdiskusi dengan teman sebangkunya atau
menanyakan arti dari kata-kata sulit yang ditemukan
kepada teman dan pendidik
-
Menalar
·
Peserta didik menuliskan pemahaman mereka tentang hubungan antara berlari dengan daya tahan
jantung dan paru berdasarkan hasil diskusi dan materi atau sumber informasi yang telah mereka baca.
-
Mempraktekkan
·
Peserta didik mempraktekan cara berlari yang benar, pada kegiatan ini peserta didik melakukan kegiatan berlari di luar ruangan kelas
-
Mengumpulkan informasi
·
Peserta didik menggali
informasi dari bacaan yang berjudul kerajaan demak.
·
Peserta didik bersama dengan
kelompoknya mencari informasi tambahan dari buku maupun artikel tentang Raden
Patah, dan mengidentifikasikan sikap, perilaku serta kebijakannya yang
menunjukkan nilai-nilai toleransi dan persatuan sewaktu memimpin kerajaan
Demak.
-
Menanya
·
Peserta didik berdiskusi tentang informasi yang mereka dapatkan dari bacaan, pendidik memberikan beberapa pertanyaan yang berkaitan dengan bacaan
-
Mengomunikasikan
·
Kemudian, peserta didik membuat kesimpulan dari bacaan yang dibaca, dengan
bantuan pendidik , siswa memfokuskan kesimpulan pada pembahasan nilai-nilai
perkembangan kerajaan Islam Indonesia.
-
Mengamati
·
Setelah itu peserta didik diminta mengamati gambar
benda-benda yang ditemukan
di Masjid Demak
-
Mengumpulkan informasi
·
Dengan bantuan pendidik, peserta didik mengingat kembali pemahaman mereka tentang ciri-ciri benda
magnetis dan mengidentifikasikan benda-benda magnetis yang bisa mereka temukan dalam gambar.
·
Peserta didik kemudian mengelompokkan gambar-gambar benda yang
mengandung magnet.
·
Peserta didik bereksplorasi dengan mencari benda-benda yang mengandung magnet di rumah. Peserta didik menuliskan hasil temuan mereka dikolom yang disediakan.
-
Mengamati
·
Pendidik memberikan topik diskusi lanjutan tentang benda-benda magnetis, dan cara- cara membuat magnet sederhana.
-
Menanya
·
Peserta didik distimulus
untuk memberikan pendapatnya tentang
cara-cara membuat magnet (pendidik bisa memberikan
beberapa pertanyaan seperti : apakah magnet bisa dibuat? Bahan–bahan apa saja yang bisa kita gunakan untuk membuat magnet, pernahkah kamu membaca informasi tentang cara membuat magnet?)
-
Mempraktekkan
·
Peserta didik mendemonstrasikan cara membuat magnet seperti pada
gambar yang disajikan pada
buku siswa (pendidik membantu menyediakan bahan-bahan yang dibutuhkan yaitu: magnet dan besi).
-
Mengamati
·
Peserta didik mencermati bacaan tentang ukiran di masjid
agung demak.
-
Mengumpulkan informasi
·
Peserta didik mengidentifikasikan unsur-unsur kesenian yang
mereka bisa temukan dalam bacaan.
-
Mengomunikasikan
·
Peserta didik saling bertukar informasi dan berdiskusi untuk menemukan arti dari unsur atau nilai kesenian yang merka temukan dan ingin ketahui lebih dalam.
-
Menalar atau Mengasosiasi
·
Peserta didik melanjutkan
eksplorasi dengan mengamati dan mencari benda-benda atau bagian-bagian
bangunan yang ada di rumah mereka atau
di lingkungan sekitar tempat tinggalmu yang mengandung seni ukir. |
150
Menit
|
Penutup
|
|
15 Menit
|
D. Penilaian
Kisi-kisi Penilaian
Indikator Kompetensi
|
Teknik Penilaian
|
Bentuk Penilaian
|
Instrumen Penilaian
|
PJOK
1.1.1. Menjaga kesehatan tubuh dengan berolahraga.
2.1.1. Menolak berbuat curang saat bermain.
3.5.1. Menunjukkan manfaat dan cara berlari yang benar sebagai salah satu
aktivitas latihan daya tahan jantung dan paru.
4.5.1. Mempraktekan lari jarak menengah menempuh jarak 0,5 km.
|
Non tes
Non tes
Tes
Non tes
|
Observasi
Observasi
Tes tulis
Unjuk Kerja
|
Checklist
Checklist
Uraian
Rating scale
|
Bahasa Indonesia
1.2.1 Menunjukkan sikap peduli
terhadap lingkungan alam.
2.5.1 Menyatakan pendapat tentang
nilai-nilai perkembangan kerajaan Islam Indonesia.
3.5.2. Menjawab pertanyaan bacaan tentang nilai-nilai perkembangan
kerajaan Islam Indonesia.
4.5.2. Membuat kesimpulan dari teks cerita narasi tentang nilai-nilai
perkembangan kerajaan Islam di Indonesia.
|
Non tes
Non tes
Tes
Non tes
|
Observsi
Observasi
Tes tulis
Unjuk kerja
|
Checklist
Checklist
Uraian
Rating scale
|
IPA
1.1.1
Membuat tugas berdasarkan data atau informasi yang
sebenarnya.
2.1.1. Melaporkan hasil dari tugas yang dikerjakan berdasarkan data atau
informasi yang sebenarnya.
3.5.7. Mengelompokkan benda-benda yang bersifat magnetis.
4.5.6. Merancang cara membuat electromagnet sederhana.
|
Non tes
Non tes
Tes
Non tes
|
Observasi
Observasi
Tes tulis
Unjuk Kerja
|
Checklist
Checklist
Uraian
Rating scale
|
SBdP
1.1.1. Bersyukur atas keragaman karya seni daerah yang ada di indonesia.
2.1.1. Menyatakan pendapat tentang unsur-unsur dan istilah kesenian.
3.5.1. Mengidentifikasikan unsur-unsur dan istilah kesenian dari teks
bacaan.
4.17.2. Menyebutkan salah satu unsur budaya daerah , yakni kesenian dan
istilah-istilah di dalamnya dalam bahasa daerah setempat (cth: dalam ukiran
jawa tengah/DIY ada istilah pecahan, cawen, dsb).
|
Non tes
Non tes
Tes
Non tes
|
Observasi
Observasi
Tes tulis
Unjuk Kerja
|
Checklist
Checklist
Uraian
Rating scale
|
Format penilaian checklist
PJOK
1.1.2. Menjaga kesehatan tubuh dengan berolahraga.
2.1.1. Menolak berbuat curang saat bermain.
Bahasa
Indonesia
1.2.1 Menunjukkan
sikap peduli terhadap lingkungan alam.
2.5.1 Menyatakan
pendapat tentang nilai-nilai perkembangan kerajaan Islam Indonesia.
IPA (Ilmu
Pengetahuan Alam)
1.1.1
Membuat tugas berdasarkan data atau informasi yang
sebenarnya.
2.1.1. Melaporkan
hasil dari tugas yang dikerjakan berdasarkan data atau informasi yang sebenarnya.
SBdP
1.1.1. Bersyukur
atas keragaman karya seni daerah yang ada di indonesia.
2.1.1. Menyatakan pendapat tentang unsur-unsur dan istilah
kesenian.
Berilah tanda centang pada kolom “Ya” jika siswa mencapai indikator
atau pada kolom “Tidak” jika siswa tidak mencapai indikator.
No
Absen
|
Nama
Siswa
|
Ketercapaian
Indikator
|
Ya
|
Tidak
|
1
|
|
Peserta didik dapat menjaga
kesehatan tubuh dengan berolahraga.
|
|
|
2
|
|
|
|
|
3
|
|
|
|
|
4
|
|
Peserta didik menolak
berbuat curang saat bermain.
|
|
|
5
|
|
|
|
|
dst
|
|
|
|
No
Absen
|
Nama
Siswa
|
Ketercapaian
Indikator
|
Ya
|
Tidak
|
1
|
|
Peserta didik menunjukkan
sikap peduli terhadap lingkungan alam.
|
|
|
2
|
|
|
|
|
3
|
|
|
|
|
4
|
|
Peserta didik melaporkan
hasil dari tugas yang dikerjakan berdasarkan data atau informasi yang sebenarnya.
|
|
|
5
|
|
|
|
|
dst
|
|
|
|
No
Absen
|
Nama
Siswa
|
Ketercapaian
Indikator
|
Ya
|
Tidak
|
1
|
|
Peserta didik membuat tugas berdasarkan data atau
informasi yang sebenarnya.
|
|
|
2
|
|
|
|
|
3
|
|
|
|
|
4
|
|
Peserta didik melaporkan hasil dari tugas yang
dikerjakan berdasarkan data atau informasi yang sebenarnya.
|
|
|
5
|
|
|
|
|
dst
|
|
|
|
No
Absen
|
Nama
Siswa
|
Ketercapaian
Indikator
|
Ya
|
Tidak
|
1
|
|
Peserta didik bersyukur atas keragaman karya seni daerah yang ada di
indonesia.
|
|
|
2
|
|
|
|
|
3
|
|
|
|
|
4
|
|
Peserta didik Menyatakan pendapat tentang unsur-unsur dan istilah
kesenian.
|
|
|
5
|
|
|
|
|
dst
|
|
|
|
Tes tulis uraian
PJOK
3.5.1. Menunjukkan manfaat dan cara berlari yang benar
sebagai salah satu aktivitas latihan daya tahan jantung dan paru.
Bahasa Indonesia
3.5.2. Menjawab pertanyaan bacaan tentang nilai-nilai
perkembangan kerajaan Islam Indonesia.
IPA
3.5.7. Mengelompokkan
benda-benda yang bersifat magnetis.
SBdP
3.5.1. Mengidentifikasikan
unsur-unsur dan istilah kesenian dari teks bacaan.
Soal Uraian
Jawablah
pertanyaan di bawah ini dengan benar!!
1.
Coba sebutkan
jenis-jenis aktivitas lari?
2.
Bagaimanakah
cara lari yang baik itu?
3.
Sebutkan
manfaat-manfaat aktivitas lari?
4.
Apa saja yng
dilakukan Raden Patah selama memimpin Kerajaan Demak?
5.
Nialai-nilai
apa sajakah yang dapat kamu ambil dari kisah Raden Patah dan Kerajaan Demak?
6.
Sebutkan
contoh benda-benda yang bersifat magnet dalam bacaan Masjid Agung Demak?
7.
Kelompokkan
benda bersifat magnetis yang ada disekitarmu?
8.
Seni ukir tradisional Jawa dikenal juga dengan
istilah?
9.
Jelaskan
pengertian dari pecahan cawen?
10.
Sebutkan
unsur-unsur atau istilh-istilah dalam seni ukir yang ada di Kalimantan?
Teknik Penskoran = x 100
Kriteria Penilaian Tes
Tulis Uraian
- Jumlah soal
1.
Soal uraian terdiri dari 10
soal
- Skor nilai
1.
Soal uraian nilai total
100
2.
Jumlah seluruh nilai 100
- Perhitungan nilai
1.
Soal uraian, tiap satu
soal yang benar bernilai 10
a.
Satu soal bernilai 10 apabila jawaban benar dan menggunakan bahasa Indonesia yang baku.
b.
Satu soal bernilai 5-9 apabila jawaban benar akan tetapi bahasa Indonesia yang digunakan
kurang baku.
c.
Satu soal bernilai 1-4 apabila jawaban kurang benar akan tetapi bahasa Indonesia yang
digunakan baku.
d.
Satu soal bernilai 0 apabila jawaban salah
Format Penilaian Rating Scale
PJOK
4.5.1. Mempraktekan lari
jarak menengah menempuh jarak 0,5 km.
No
|
Nama Siswa
|
Aspek yang diamati
|
NA
|
|||||||||||
Pengetahuan
|
Keterampilan Berlari
|
Sikap Disiplin dan
Mandiri
|
||||||||||||
4
|
3
|
2
|
1
|
4
|
3
|
2
|
1
|
4
|
3
|
2
|
1
|
|
||
1.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
5.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
dst
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Kriteria Penilaian
Kriteria
|
Baik Sekali
|
Baik
|
Cukup
|
Kurang
|
(4)
|
(3)
|
(2)
|
(1)
|
|
Pengetahuan
|
Peserta didik mampu
menjelaskan dengan sangat baik tentang manfaat kegiatan berlari serta mampu menunjukkan cara berlari yang benar sesuai dengan yang diajarkan |
Peserta
didik mampu
menjelaskan dengan cukup baik tentang manfaat kegiatan berlari namun masih kurang mampu menunjukkan cara berlari yang benar sesuai dengan yang diajarkan |
Peserta didik masih
kurang mampu menjelaskan manfaat kegiatan berlari dan masih kurang mampu menunjukkan cara berlari yang benar sesuai dengan yang diajarkan |
Peserta didik terlihat
tidak memahami manfaat kegiatan berlari dan masih membutuhkan bantuan instruksi dari guru saat melakukan kegiatan berlari |
Keterampilan Berlari
|
Peserta
didik
menunjukkan keterampilan yang sangat baik yang didalamnya juga menyangkut kegesitan dan ketangkasan saat melakukan kegiatan berlari |
Peserta
didik menunjukkan
keterampilan yang cukup baik namun masih terlihat kurang gesit dan tangkas saat berlari |
Keterampilan
peserta didik saat melakukan kegiatan berlari masih kurang baik dan ini terlihat dari kurangnya ketangkasan yang diperlihatkan |
Peserta didik kurang
menunjukkan keterampilan dalam melakukan kegiatan berlari dan terlihat tidak gesit dan tangkas |
Sikap Disiplin dan Mandiri
|
Peserta
didik menunjukkan
sikap yang disiplin dan mandiri dalam berlari. Hal ini bisa terlihat dari semangatnya untuk berlari dengan cara yang benar |
Peserta didik menunjukkan
sikap yang mandiri dan cukup berdisiplin dalam berlari. Hal ini bisa terlihat dari semangatnya untuk berlari dengan cara yang benar. |
Peserta
didik menunjukkan
sikap yang kurang berdisiplin dan mandiri dalam berlari. Hal ini bisa terlihat dari caranya saat berlari yang terlihat kurang bersemangat dana malu-malu |
Peserta didik terlihat selalu bermainmain dan tidak serius saat
melakukan kegiatan berlari. Peserta didik pun masih kurang mandiri mengingat seringnya peringatan yang dikeluarkan oleh pendidik untuknya. |
Format Penilaian Rating Scale
Bahasa Indonesia
4.5.2. Membuat kesimpulan dari teks cerita
narasi tentang nilai-nilai perkembangan kerajaan Islam di Indonesia.
No
|
Nama Siswa
|
Aspek yang diamati
|
NA
|
|||||||||||
Pengetahuan
|
Keterampilan Menggali Informasi
|
Kecermatan dan Ketelitian Membuat Kesimpulan
|
||||||||||||
4
|
3
|
2
|
1
|
4
|
3
|
2
|
1
|
4
|
3
|
2
|
1
|
|
||
1.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
5.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
dst
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Kriteria Penilaian
Kriteria
|
Baik Sekali
|
Baik
|
Cukup
|
Kurang
|
(4)
|
(3)
|
(2)
|
(1)
|
|
Pengetahuan
|
Pengetahuan peserta didik tentang nilai-nilai perkembangan
kerajaan islam ditulis dengan sangat lengkap dan jelas |
Pengetahuan
peserta didik tentang nilai-nilai perkembangan kerajaan islam sebagian besar diantaranya ditulis dengan lengkap dan jelas |
Pengetahuan
peserta didik tentang nilai-nilai perkembangan kerajaan islam ditulis dengan kurang lengkap |
Pengetahuan
peserta didik tentang nilai-nilai perkembangan kerajaan islam ditulis dengan sangat tidak lengkap dan masih memerlukan bantuan pendidik |
Keterampilan Menggali Informasi
|
Peserta didik
menunjukkan keterampilan dan ketelitian yang tinggi dalam menggali informasi yang dibutuhkan |
Peserta didik menunjukkan
keterampilan dan ketelitian yang tinggi dalam menggali informasi yang dibutuhkan, walaupun masih agak kurang teliti |
Peserta didik menunjukkan
keterampilan dan ketelitian yang cukup baik dalam menggali informasi yang dibutuhkan, walaupun masih agak kurang teliti |
Peserta didik kurang menunjukkan
keterampilan dan ketelitian dalam menggali informasi yang dibutuhkan dan terlihat terburu-buru |
Kecermatan dan Ketelitian Membuat Kesimpulan
|
Kesimpulan
yang dibuat siswa sangat jelas dan dapat dengan mudah dimengerti oleh pembaca |
Kesimpulan
yang dibuat siswa cukup jelas dan dapat dengan mudah dimengerti oleh pembaca |
Kesimpulan yang dibuat siswa masih kurang jelas di beberapa bagian sehingga sedikit menyulitkan
pembaca |
Kesimpulan yang dibuat siswa
masih
kurang jelas di hampir seluruh bagian sehingga menyulitkan pembaca |
Format Penilaian Rating Scale
IPA
4.5.6. Merancang cara membuat electromagnet
sederhana.
No
|
Nama Siswa
|
Aspek Penilaian
|
Skor Akhir
|
||
Pengetahuan (Menguasai Konsep
Sifat dan Ciri-ciri Magnet)
|
Keterampilan
Melakukan Percobaan
|
Sikap Rasa
Ingin Tahu dan Kecermatan Siswa |
|||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Skor Akhir : Skor yang Diperoleh X 100
Skor Maksimal
Kriteria Penilaian
Kriteria
|
Baik Sekali
|
Baik
|
Cukup
|
Perlu
Bimbingan
|
4
|
3
|
2
|
1
|
|
Pengetahuan
|
Pengetahuan
siswa tentang sifat dan ciri-ciri magnet terlihat sangat jelas dalam percobaan yang ia lakukan |
Siswa terlihat
hanya menguasai dua dari tiga konsep sifat dan ciri-ciri magnet |
Siswa terlihat
hanya menguasai dua dari tiga konsep sifat dan ciri-ciri magnet itupun dengan bantuan teman sekelompoknya |
Siswa masih
membutuhkan bantuan untuk memahami seluruh konsep sifat dan ciri-ciri magnet |
Keterampilan
Melakukan Percobaan |
Seluruh siswa dalam kelompok
memiliki keterampilan yang sangat baik dalam melakukan percobaan, membuat dugaan sebelum percobaan yang dilakukan serta menyusun kesimpulan dari hasil percobaan |
Seluruh siswa
dalam kelompok memiliki keterampilan yang cukup baik dalam melakukan percobaan, membuat dugaan sebelum percobaan yang dilakukan serta menyusun kesimpulan dari hasil percobaan |
Seluruh siswa
dalam kelompok memiliki keterampilan yang masih perlu ditingkatkan dalam melakukan percobaan, membuat dugaan sebelum percobaan yang dilakukan serta menyusun kesimpulan dari hasil percobaan |
Guru banyak
memberikan bantuan saat seluruh siswa dalam kelompok melakukan percobaan, membuat dugaan serta menyusun kesimpulan hasil percobaan |
Sikap Rasa
Ingin Tahu dan Kecermatan Siswa |
Seluruh anggota terlihat bersungguh-sungguh, menunjukkan
rasa ingin tahu dan kecermatan |
Seluruh anggota terlihat
menunjukkan rasa ingin tahu dan kecermatan, walaupun beberapa diantaranya terlihat kurang bersungguh-sungguh |
Seluruh anggota terlihat
menunjukkan rasa ingin tahu walaupun banyak diantaranya terlihat kurang bersungguhsungguh |
Seluruh anggota
masih harus terus diingatkan agar bersungguh-sungguh dan cermat saat melakukan percobaan |
Format
Penilaian Rating Scale
SBdP
4.17.2.
Menyebutkan salah satu unsur budaya daerah , yakni kesenian dan istilah-istilah
di dalamnya dalam bahasa daerah setempat (cth: dalam ukiran jawa tengah/DIY ada
istilah pecahan, cawen, dsb).
No
|
Nama Siswa
|
Aspek yang diamati
|
NA
|
|||||||||||
Pengetahuan
|
Keterampilan Mencari Informasi dan Berdiskusi
|
Sikap Ketekunan dan Kerja Sama
|
||||||||||||
4
|
3
|
2
|
1
|
4
|
3
|
2
|
1
|
4
|
3
|
2
|
1
|
|
||
1.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
5.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
dst
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Kriteria Penilaian
Kriteria
|
Baik Sekali
|
Baik
|
Cukup
|
Kurang
|
(4)
|
(3)
|
(2)
|
(1)
|
|
Pengetahuan
|
Pengetahuan peserta didik tentang
istilah-istilah kesenian dan unsur-unsur kesenian sangat baik. |
Pengetahuan
peserta didik tentang istilah-istilah kesenian dan unsur-unsur kesenian cukup baik. |
Pengetahuan
peserta didik tentang istilah-istilah kesenian dan unsur-unsur kesenian masih kurang. |
Pengetahuan
peserta didik tentang istilah-istilah kesenian dan unsur-unsur kesenian masih perlu mendapatkan bimbingan dari pendidik. |
Keterampilan Mencari Informasi dan Berdiskusi
|
Peserta didik
menunjukkan keterampilan dalam mencari informasi tentang arti istilah dan unsur-unsur kesenian serta keaktifan yang tinggi dalam berdiskusi |
Peserta didik menunjukkan
keterampilan dalam mencari informasi tentang arti istilah dan unsur-unsur kesenian namun masih kurang aktif dalam berdiskusi |
Peserta didik menunjukkan
keterampilan dalam mencari informasi tentang arti istilah dan unsur-unsur kesenian namun terlihat pasif dalam berdiskusi |
Peserta didik kurang menunjukkan
keterampilan dalam mencari informasi tentang arti istilah dan unsur-unsur kesenian serta terlihat pasif dalam berdiskusi |
Sikap Ketekunan dan Kerja Sama
|
Seluruh
anggota kelompok menunjukkan kesungguhan dalam mencari informasi dan kerja sama yang baik satu sama lain |
Seluruh
anggota kelompok menunjukkan kesungguhan dalam mencari informasi namun masih terlihat dominasi dalam kerja sama |
Sebagian
besar anggota kelompok menunjukkan kesungguhan dalam mencari informasi namun masih terlihat dominasi dalam kerja sama |
Sebagian besar anggota kelompok
kurang menunjukkan kesungguhan dalam mencari informasi dan tidak terlihat adanya kerja sama yang baik |
E. Media dan alat
Media : buku tematik tema 7 “Sejarah Peradapan Indonesia”, gambar
macam-macam seni ukir
Alat : magnet, besi, artikel
Mengetahui
Kepala
Sekolah, Guru
Kelas V
Tidak ada komentar:
Posting Komentar