Rabu, 30 Desember 2015

RPP Tematik Kelas 5 Tema 7 Pembelajaran 2

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan      : MI Al Azhar
Kelas / Semester          : V / 2 (Dua)
Tema / Subtema / PB  : Sejarah Peradaban Indonesia / Kerajaan Islam di Indonesia / II
Alokasi Waktu            : 5 JPL ( 5 x 35 menit )
A.    Kompetensi Inti ( KI )
1.      Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2.      Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru.
3.      Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpai di rumah dan di sekolah.
4.      Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.
B.     Kompetensi dasar dan Indikator
PJOK
Kompetensi Dasar
1.1  Menghargai tubuh dengan seluruh perangkat gerak dan kemampuannya sebagai anugerah Tuhan yang tidak ternilai.
2.1  Berperilaku sportif dalam bermain.
3.5  Memahami konsep aktivitas latihan daya tahan jantung dan paru (cardiorespiratory)
untuk pengembangan kebugaran jasmani
4.5 Mempraktikkan aktivitas jantung dan paru (cardiorespiratory) untuk pengembangan kebugaran jasmani.


Indikator
1.1.1. Menjaga kesehatan tubuh dengan berolahraga.
2.1.1. Menolak berbuat curang saat bermain.
3.5.1. Menunjukkan manfaat dan cara berlari yang benar sebagai salah satu aktivitas latihan daya tahan jantung dan paru
4.5.1. Mempraktekan lari jarak menengah menempuh jarak 0,5 km.

Bahasa Indonesia
Kompetensi Dasar
1.2    Meresapi anugerah Tuhan Yang Maha Esa atas keberadaan proses kehidupan bangsa dan lingkungan alam.
2.5     Memiliki rasa percaya diri dan cinta tanah air tentang nilai-nilai perkembangan kerajaan Islam melalui pemanfaatan bahasa Indonesia.
3.5     Menggali informasi dari teks cerita narasi sejarah tentang nilai-nilai perkembangan kerajaan Islam di Indonesia dengan bantuan guru dan teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku
4.5     Mengolah dan menyajikan teks cerita narasi sejarah tentang nilai-nilai perkembangan kerajaan Islam di Indonesia secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku
Indikator
1.2.1  Menunjukkan sikap peduli terhadap lingkungan alam.
2.5.1  Menyatakan pendapat tentang nilai-nilai perkembangan kerajaan Islam Indonesia
3.5.2. Menjawab pertanyaan bacaan tentang nilai-nilai perkembangan kerajaan Islam Indonesia
4.5.2. Membuat kesimpulan dari teks cerita narasi tentang nilai-nilai perkembangan kerajaan Islam di Indonesia
IPA
Kompetensi Dasar
1.1     Bertambah keimanannya dengan menyadari hubungan keteraturan dan kompleksitas alam dan jagad raya terhadap kebesaran Tuhan yang menciptakannya, serta mewujudkan nya dalam pengamalan ajaran agama yang dianutnya.
2.1     Menunjukkan perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu; obyektif; jujur; teliti; cermat; tekun; hati-hati; bertanggung jawab; terbuka; dan peduli lingkungan) dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi sikap dalam melakukan inkuiri ilmiah dan berdiskusi.
3.5    Mengenal rangkaian listrik sederhana dan sifat magnet serta penerapannya dalam kehidupan sehari-hari
4.5    Membuat electromagnet sederhana dan menggunakannya untuk mendeteksi benda-benda yang ditarik oleh magnet
Indikator
1.1.1 . Membuat tugas berdasarkan data atau informasi yang sebenarnya.
2.1.1. Melaporkan hasil dari tugas yang dikerjakan berdasarkan data atau informasi yang sebenarnya.
3.5.7. Mengelompokkan benda-benda yang bersifat magnetis
4.5.6. Merancang cara membuat electromagnet sederhana
SBdP
Kompetensi Dasar
1.1  Menerima kekayaan dan keragaman karya seni daerah sebagai anugerah Tuhan.
2.1  Menunjukkan rasa percaya diri dalam mengolah karya seni. sumber ide dalam berkarya seni.
3.5   Memahami unsur-unsur budaya daerah dalam bahasa daerah.
4.17 Menceritakan secara lisan dan tulisan unsur-unsur budaya daerah menggunakan  bahasa daerah.
Indikator
1.1.1. Bersyukur atas keragaman karya seni daerah yang ada di indonesia.
2.1.1. Menyatakan pendapat tentang unsur-unsur dan istilah kesenian.
3.5.1. Mengidentifikasikan unsur-unsur dan istilah kesenian dari teks bacaan
4.17.2. Menyebutkan salah satu unsur budaya daerah , yakni kesenian dan istilah-istilah di dalamnya dalam bahasa daerah setempat (cth: dalam ukiran jawa tengah/DIY ada istilah
pecahan, cawen, dsb)
.
Materi Pembelajaran
1.      Aktivitas latihan daya tahan jantung dan paru (lari)
2.      Nilai-nilai perkembangan Kerajaan Demak
3.      Cara membuat electromagnet sederhana
4.      Seni ukir
C.      Kegiatan Pembelajaran
Pendahuluan
  1. Memberi salam dan mengajak berdoa
  2. Memberikan ice breaking dengan melakukan tepuk seperti jika guru berkata merah peserta didik akan melakukan tepuk satu kali, kuning berarti peserta didik melakukan tepuk dua kali, dan hijau tepuk sebannyak tiga kali. Hal ini dilakukan untuk meningkatkan konsentrasi peserta didik.
  3. Pendidik menyampaikan tujuan pembelajaran.
10 Menit
Kegiatan Inti
-          Mengamati
·         Peserta didik membaca buku atau artikel yang berhubungan dengan olahraga lari
-          Menanya
·         Peserta didik berdiskusi dengan teman sebangkunya atau menanyakan arti dari kata-kata sulit yang ditemukan kepada teman dan pendidik
-          Menalar
·         Peserta didik menuliskan pemahaman mereka tentang hubungan antara berlari dengan daya tahan
jantung dan paru berdasarkan hasil diskusi dan
materi atau sumber informasi
yang telah mereka baca.
-          Mempraktekkan
·         Peserta didik mempraktekan cara berlari yang benar, pada kegiatan ini peserta didik melakukan kegiatan berlari di luar ruangan kelas
-          Mengumpulkan informasi
·         Peserta didik menggali informasi dari bacaan yang berjudul kerajaan demak.
·         Peserta didik bersama dengan kelompoknya mencari informasi tambahan dari buku maupun artikel tentang Raden Patah, dan mengidentifikasikan sikap, perilaku serta kebijakannya yang menunjukkan nilai-nilai toleransi dan persatuan sewaktu memimpin kerajaan Demak.
-          Menanya
·         Peserta didik berdiskusi tentang informasi yang mereka dapatkan dari bacaan, pendidik memberikan beberapa pertanyaan yang berkaitan dengan bacaan
-          Mengomunikasikan
·         Kemudian, peserta didik membuat kesimpulan dari bacaan yang dibaca, dengan bantuan pendidik , siswa memfokuskan kesimpulan pada pembahasan nilai-nilai perkembangan kerajaan Islam Indonesia.
-          Mengamati
·         Setelah itu peserta didik diminta mengamati gambar benda-benda yang ditemukan di Masjid Demak
-          Mengumpulkan informasi
·         Dengan bantuan pendidik, peserta didik mengingat kembali pemahaman mereka tentang ciri-ciri benda
magnetis dan mengidentifikasikan benda-benda
magnetis yang bisa mereka temukan dalam
gambar.
·         Peserta didik kemudian mengelompokkan gambar-gambar benda yang mengandung magnet.
·         Peserta didik  bereksplorasi dengan mencari benda-benda yang mengandung magnet di rumah. Peserta didik menuliskan hasil temuan mereka dikolom yang disediakan.
-          Mengamati
·         Pendidik memberikan topik diskusi lanjutan tentang benda-benda magnetis, dan cara- cara membuat magnet sederhana.
-          Menanya
·         Peserta didik  distimulus untuk memberikan pendapatnya tentang cara-cara membuat magnet (pendidik bisa memberikan beberapa pertanyaan seperti : apakah magnet bisa dibuat? Bahan–bahan apa saja yang bisa kita gunakan untuk membuat magnet, pernahkah kamu membaca informasi tentang cara membuat magnet?)
-          Mempraktekkan
·         Peserta didik mendemonstrasikan cara membuat magnet seperti pada gambar yang disajikan pada buku siswa (pendidik membantu menyediakan bahan-bahan yang dibutuhkan yaitu: magnet dan besi).
-          Mengamati
·         Peserta didik mencermati bacaan tentang ukiran di masjid agung demak.
-          Mengumpulkan informasi
·         Peserta didik mengidentifikasikan unsur-unsur kesenian yang mereka bisa temukan dalam bacaan.
-          Mengomunikasikan
·         Peserta didik saling bertukar informasi dan berdiskusi untuk menemukan arti dari unsur atau nilai kesenian yang merka temukan dan ingin ketahui lebih dalam.
-          Menalar atau Mengasosiasi
·         Peserta didik melanjutkan eksplorasi dengan mengamati dan mencari benda-benda atau bagian-bagian bangunan yang ada di rumah mereka atau
di lingkungan sekitar tempat tinggalmu yang
mengandung seni ukir.
150
Menit
Penutup
  1. Guru merefleksi materi yang sudah didiskusikan.
  2. Guru memberikan tugas lanjutan berupa PR.
  3. Guru mengabsen peserta didik sembari melakukan proses penilaian.
  4. Peserta didik memimpin doa di akhir pembelajaran.
  5. Guru mengucapkan salam penutup.
15 Menit

D.  Penilaian
Kisi-kisi Penilaian
Indikator Kompetensi
Teknik Penilaian
Bentuk Penilaian
Instrumen Penilaian
PJOK
1.1.1.      Menjaga kesehatan tubuh dengan berolahraga.

2.1.1. Menolak berbuat curang saat bermain.

3.5.1. Menunjukkan manfaat dan cara berlari yang benar sebagai salah satu aktivitas latihan daya tahan jantung dan paru.
4.5.1. Mempraktekan lari jarak menengah menempuh jarak 0,5 km.

Non tes


Non tes


Tes



Non tes

Observasi


Observasi


Tes tulis



Unjuk Kerja

Checklist


Checklist


Uraian



Rating scale
Bahasa Indonesia
1.2.1  Menunjukkan sikap peduli terhadap lingkungan alam.

2.5.1  Menyatakan pendapat tentang nilai-nilai perkembangan kerajaan Islam Indonesia.
3.5.2. Menjawab pertanyaan bacaan tentang nilai-nilai perkembangan kerajaan Islam Indonesia.
4.5.2. Membuat kesimpulan dari teks cerita narasi tentang nilai-nilai perkembangan kerajaan Islam di Indonesia.

Non tes


Non tes


Tes


Non tes

Observsi


Observasi


Tes tulis


Unjuk kerja

Checklist


Checklist


Uraian


Rating scale
IPA
1.1.1        Membuat tugas berdasarkan data atau informasi yang sebenarnya.

2.1.1. Melaporkan hasil dari tugas yang dikerjakan berdasarkan data atau informasi yang sebenarnya.
3.5.7. Mengelompokkan benda-benda yang bersifat magnetis.
4.5.6. Merancang cara membuat electromagnet sederhana.

Non tes


Non tes


Tes

Non tes

Observasi


Observasi


Tes tulis

Unjuk Kerja

Checklist


Checklist


Uraian

Rating scale
SBdP
1.1.1.      Bersyukur atas keragaman karya seni daerah yang ada di indonesia.
2.1.1. Menyatakan pendapat tentang unsur-unsur dan istilah kesenian.
3.5.1. Mengidentifikasikan unsur-unsur dan istilah kesenian dari teks bacaan.
4.17.2. Menyebutkan salah satu unsur budaya daerah , yakni kesenian dan istilah-istilah di dalamnya dalam bahasa daerah setempat (cth: dalam ukiran jawa tengah/DIY ada istilah pecahan, cawen, dsb).

Non tes

Non tes

Tes


Non tes

Observasi

Observasi

Tes tulis


Unjuk Kerja

Checklist

Checklist

Uraian


Rating scale











Format penilaian checklist
PJOK
1.1.2.      Menjaga kesehatan tubuh dengan berolahraga.
2.1.1. Menolak berbuat curang saat bermain.
Bahasa Indonesia
1.2.1  Menunjukkan sikap peduli terhadap lingkungan alam.
2.5.1  Menyatakan pendapat tentang nilai-nilai perkembangan kerajaan Islam Indonesia.
IPA (Ilmu Pengetahuan Alam)
1.1.1        Membuat tugas berdasarkan data atau informasi yang sebenarnya.
2.1.1.   Melaporkan hasil dari tugas yang dikerjakan berdasarkan data atau informasi yang      sebenarnya.
SBdP
1.1.1. Bersyukur atas keragaman karya seni daerah yang ada di indonesia.
2.1.1. Menyatakan pendapat tentang unsur-unsur dan istilah kesenian.
Berilah tanda centang pada kolom “Ya” jika siswa mencapai indikator atau pada kolom “Tidak” jika siswa tidak mencapai indikator.

No
Absen
Nama Siswa
Ketercapaian Indikator
Ya
Tidak
1


Peserta didik dapat menjaga kesehatan tubuh dengan berolahraga.


2



3



4

Peserta didik menolak berbuat curang saat bermain.


5



dst







No
Absen
Nama Siswa
Ketercapaian Indikator
Ya
Tidak
1


Peserta didik menunjukkan sikap peduli terhadap lingkungan alam.


2



3



4

Peserta didik melaporkan hasil dari tugas yang dikerjakan berdasarkan data atau informasi yang sebenarnya.


5



dst




No
Absen
Nama Siswa
Ketercapaian Indikator
Ya
Tidak
1

Peserta didik membuat tugas berdasarkan data atau informasi yang sebenarnya.


2



3



4

Peserta didik melaporkan hasil dari tugas yang dikerjakan berdasarkan data atau informasi yang      sebenarnya.


5



dst




No
Absen
Nama Siswa
Ketercapaian Indikator
Ya
Tidak
1

Peserta didik bersyukur atas keragaman karya seni daerah yang ada di indonesia.



2



3



4

Peserta didik Menyatakan pendapat tentang unsur-unsur dan istilah kesenian.



5



dst







Tes tulis uraian
PJOK
3.5.1. Menunjukkan manfaat dan cara berlari yang benar sebagai salah satu aktivitas latihan daya tahan jantung dan paru.
Bahasa Indonesia
3.5.2. Menjawab pertanyaan bacaan tentang nilai-nilai perkembangan kerajaan Islam Indonesia.
IPA
3.5.7. Mengelompokkan benda-benda yang bersifat magnetis.
SBdP
3.5.1. Mengidentifikasikan unsur-unsur dan istilah kesenian dari teks bacaan.
Soal Uraian
Jawablah pertanyaan di bawah ini dengan benar!!
1.      Coba sebutkan jenis-jenis aktivitas lari?
2.      Bagaimanakah cara lari yang baik itu?
3.      Sebutkan manfaat-manfaat aktivitas lari?
4.      Apa saja yng dilakukan Raden Patah selama memimpin Kerajaan Demak?
5.      Nialai-nilai apa sajakah yang dapat kamu ambil dari kisah Raden Patah dan Kerajaan Demak?
6.      Sebutkan contoh benda-benda yang bersifat magnet dalam bacaan Masjid Agung Demak?
7.      Kelompokkan benda bersifat magnetis yang ada disekitarmu?
8.       Seni ukir tradisional Jawa dikenal juga dengan istilah?
9.      Jelaskan pengertian dari pecahan cawen?
10.  Sebutkan unsur-unsur atau istilh-istilah dalam seni ukir yang ada di Kalimantan?

Teknik Penskoran = x 100


Kriteria Penilaian Tes Tulis Uraian
  1. Jumlah soal
1.      Soal uraian terdiri dari 10 soal
  1. Skor nilai
1.      Soal uraian nilai total 100
2.      Jumlah seluruh nilai 100
  1. Perhitungan nilai
1.      Soal uraian, tiap satu soal yang benar bernilai 10
a.       Satu soal bernilai 10 apabila jawaban benar dan menggunakan bahasa Indonesia yang baku.
b.      Satu soal bernilai 5-9 apabila jawaban benar akan tetapi bahasa Indonesia yang digunakan kurang baku.
c.       Satu soal bernilai 1-4 apabila jawaban kurang benar akan tetapi bahasa Indonesia yang digunakan baku.
d.      Satu soal bernilai 0 apabila jawaban salah

Format Penilaian Rating Scale
PJOK
4.5.1. Mempraktekan lari jarak menengah menempuh jarak 0,5 km.
No
Nama Siswa
Aspek yang diamati
NA
Pengetahuan
Keterampilan Berlari
Sikap Disiplin dan Mandiri
4
3
2
1
4
3
2
1
4
3
2
1

1.














2.














3.














4.














5.














dst


















Kriteria Penilaian
Kriteria
Baik Sekali
Baik
Cukup
Kurang
(4)
(3)
(2)
(1)
Pengetahuan
Peserta didik mampu
menjelaskan
dengan sangat
baik tentang
manfaat
kegiatan berlari
serta mampu
menunjukkan
cara berlari yang
benar sesuai
dengan yang
diajarkan
Peserta didik mampu
menjelaskan
dengan cukup
baik tentang
manfaat
kegiatan berlari
namun masih
kurang mampu
menunjukkan
cara berlari yang
benar sesuai
dengan yang
diajarkan
Peserta didik masih
kurang mampu
menjelaskan
manfaat
kegiatan berlari dan masih
kurang mampu
menunjukkan
cara berlari yang
benar sesuai
dengan yang
diajarkan
Peserta didik terlihat
tidak memahami
manfaat
kegiatan berlari dan masih
membutuhkan
bantuan
instruksi dari guru saat
melakukan
kegiatan berlari
Keterampilan Berlari
Peserta didik
menunjukkan
keterampilan
yang sangat
baik yang
didalamnya juga
menyangkut
kegesitan dan
ketangkasan
saat melakukan
kegiatan berlari



Peserta didik menunjukkan
keterampilan
yang cukup baik
namun masih
terlihat kurang
gesit dan
tangkas saat
berlari
Keterampilan
peserta didik saat
melakukan
kegiatan berlari
masih kurang
baik dan ini
terlihat dari kurangnya
ketangkasan
yang
diperlihatkan
Peserta didik kurang
menunjukkan
keterampilan
dalam melakukan
kegiatan berlari
dan terlihat
tidak gesit dan tangkas
Sikap Disiplin dan Mandiri
Peserta didik menunjukkan
sikap
yang
disiplin dan
mandiri dalam
berlari. Hal ini
bisa terlihat dari
semangatnya
untuk berlari
dengan cara
yang benar
Peserta didik menunjukkan
sikap yang
mandiri
dan cukup
berdisiplin
dalam berlari.
Hal ini bisa
terlihat dari
semangatnya
untuk berlari
dengan cara
yang benar.
Peserta didik menunjukkan
sikap yang
kurang
berdisiplin dan
mandiri dalam
berlari. Hal ini
bisa terlihat dari
caranya saat
berlari yang
terlihat kurang
bersemangat
dana malu-malu
Peserta didik terlihat selalu bermainmain dan tidak serius saat
melakukan
kegiatan berlari. Peserta didik pun masih kurang mandiri mengingat seringnya peringatan yang dikeluarkan oleh pendidik untuknya.

Format Penilaian Rating Scale
Bahasa Indonesia
4.5.2. Membuat kesimpulan dari teks cerita narasi tentang nilai-nilai perkembangan kerajaan Islam di Indonesia.
No
Nama Siswa
Aspek yang diamati
NA
Pengetahuan
Keterampilan Menggali Informasi
Kecermatan dan Ketelitian Membuat Kesimpulan
4
3
2
1
4
3
2
1
4
3
2
1

1.














2.














3.














4.














5.














dst















Kriteria Penilaian
Kriteria
Baik Sekali
Baik
Cukup
Kurang
(4)
(3)
(2)
(1)
Pengetahuan
Pengetahuan peserta didik tentang nilai-nilai perkembangan
kerajaan islam
ditulis dengan
sangat lengkap
dan jelas
Pengetahuan
peserta didik tentang nilai-nilai
perkembangan
kerajaan islam
sebagian besar
diantaranya
ditulis dengan
lengkap dan
jelas
Pengetahuan
peserta didik tentang nilai-nilai
perkembangan
kerajaan islam
ditulis dengan
kurang lengkap
Pengetahuan
peserta didik tentang nilai-nilai
perkembangan
kerajaan islam ditulis dengan sangat tidak lengkap dan masih
memerlukan
bantuan
pendidik
Keterampilan Menggali Informasi
Peserta didik
menunjukkan
keterampilan
dan ketelitian
yang tinggi
dalam menggali
informasi yang
dibutuhkan
Peserta didik menunjukkan
keterampilan
dan ketelitian
yang tinggi
dalam
menggali
informasi yang
dibutuhkan,
walaupun masih
agak kurang teliti
Peserta didik menunjukkan
keterampilan
dan ketelitian
yang cukup baik
dalam menggali
informasi yang
dibutuhkan,
walaupun masih
agak kurang
teliti
Peserta didik kurang menunjukkan
keterampilan
dan ketelitian
dalam menggali
informasi yang
dibutuhkan dan
terlihat terburu
-buru
Kecermatan dan Ketelitian Membuat Kesimpulan
Kesimpulan
yang dibuat
siswa sangat
jelas dan dapat
dengan mudah
dimengerti oleh
pembaca
Kesimpulan
yang dibuat
siswa cukup
jelas dan dapat
dengan mudah
dimengerti oleh
pembaca
Kesimpulan yang dibuat siswa masih kurang jelas di beberapa bagian sehingga sedikit menyulitkan
pembaca
Kesimpulan yang dibuat siswa masih
kurang jelas di
hampir seluruh
bagian sehingga
menyulitkan
pembaca

Format Penilaian Rating Scale
IPA
4.5.6. Merancang cara membuat electromagnet sederhana.
No
Nama Siswa
Aspek Penilaian
Skor Akhir
Pengetahuan (Menguasai Konsep Sifat dan Ciri-ciri Magnet)
Keterampilan
Melakukan Percobaan

Sikap Rasa
Ingin Tahu dan
Kecermatan
Siswa
  1.  





  1.  





  1.  





  1.  





  1.  






Skor Akhir : Skor yang Diperoleh   X 100
                             Skor Maksimal                                


Kriteria Penilaian

Kriteria
Baik  Sekali
Baik
Cukup
Perlu  Bimbingan

4

3

2

1
Pengetahuan
Pengetahuan
siswa tentang
sifat dan ciri-ciri
magnet terlihat
sangat jelas
dalam percobaan
yang ia lakukan
Siswa terlihat
hanya menguasai
dua dari tiga
konsep sifat dan
ciri-ciri magnet
Siswa terlihat
hanya menguasai
dua dari tiga
konsep sifat dan
ciri-ciri magnet
itupun dengan
bantuan teman
sekelompoknya
Siswa masih
membutuhkan
bantuan untuk
memahami
seluruh
konsep sifat dan ciri-ciri magnet
Keterampilan
Melakukan
Percobaan
Seluruh siswa dalam kelompok
memiliki
keterampilan
yang sangat baik
dalam melakukan
percobaan,
membuat
dugaan sebelum
percobaan
yang
dilakukan
serta menyusun
kesimpulan dari
hasil percobaan
Seluruh siswa
dalam kelompok
memiliki
keterampilan yang cukup baik dalam melakukan percobaan,
membuat
dugaan sebelum percobaan
yang dilakukan
serta menyusun
kesimpulan dari
hasil percobaan
Seluruh siswa
dalam kelompok
memiliki
keterampilan
yang masih perlu
ditingkatkan
dalam melakukan
percobaan,
membuat
dugaan sebelum
percobaan
yang dilakukan
serta menyusun
kesimpulan dari
hasil percobaan
Guru banyak
memberikan
bantuan saat
seluruh siswa
dalam
kelompok
melakukan
percobaan,
membuat dugaan
sert
a menyusun
kesimpulan hasil
percobaan
Sikap Rasa
Ingin Tahu dan
Kecermatan
Siswa
Seluruh anggota terlihat bersungguh-sungguh, menunjukkan
rasa ingin tahu
dan kecermatan
Seluruh anggota terlihat
menunjukkan
rasa ingin tahu
dan kecermatan,
walaupun
beberapa
diantaranya
terlihat kurang
bersungguh
-sungguh
Seluruh anggota terlihat
menunjukkan
rasa ingin tahu
walaupun banyak
diantaranya
terlihat kurang
bersungguhsungguh
Seluruh anggota
masih harus terus
diingatkan agar bersungguh-sungguh dan
cermat saat
melakukan
percobaan
Format Penilaian Rating Scale
SBdP
4.17.2. Menyebutkan salah satu unsur budaya daerah , yakni kesenian dan istilah-istilah di dalamnya dalam bahasa daerah setempat (cth: dalam ukiran jawa tengah/DIY ada istilah pecahan, cawen, dsb).
No
Nama Siswa
Aspek yang diamati
NA
Pengetahuan
Keterampilan Mencari Informasi dan Berdiskusi
Sikap Ketekunan dan Kerja Sama
4
3
2
1
4
3
2
1
4
3
2
1

1.














2.














3.














4.














5.














dst















Kriteria Penilaian
Kriteria
Baik Sekali
Baik
Cukup
Kurang
(4)
(3)
(2)
(1)
Pengetahuan
Pengetahuan peserta didik tentang
istilah-istilah
kesenian dan
unsur-unsur
kesenian
sangat baik
.
Pengetahuan
peserta didik tentang istilah-istilah kesenian dan
unsur-unsur
kesenian
cukup baik
.
Pengetahuan
peserta didik tentang istilah-istilah kesenian dan unsur-unsur
kesenian
masih kurang.
Pengetahuan
peserta didik tentang istilah-istilah kesenian dan unsur-unsur
kesenian
masih perlu mendapatkan
bimbingan dari
pendidik.
Keterampilan Mencari Informasi dan Berdiskusi
Peserta didik
menunjukkan
keterampilan
dalam mencari
informasi
tentang arti
istilah dan
unsur-unsur
kesenian serta
keaktifan yang
tinggi dalam
berdiskusi
Peserta didik menunjukkan
keterampilan
dalam mencari
informasi
tentang arti
istilah dan
unsur-unsur
kesenian
namun
masih kurang
aktif dalam
berdiskusi
Peserta didik menunjukkan
keterampilan
dalam mencari
informasi
tentang arti istilah dan unsur-unsur kesenian namun terlihat pasif dalam berdiskusi
Peserta didik kurang menunjukkan
keterampilan
dalam mencari
informasi
tentang arti istilah dan
unsur-unsur
kesenian serta terlihat pasif dalam
berdiskusi
Sikap Ketekunan dan Kerja Sama
Seluruh
anggota
kelompok
menunjukkan
kesungguhan
dalam mencari
informasi dan
kerja sama
yang baik satu sama lain
Seluruh
anggota
kelompok
menunjukkan
kesungguhan
dalam mencari
informasi
namun masih
terlihat
dominasi
dalam kerja
sama
Sebagian
besar anggota
kelompok
menunjukkan
kesungguhan
dalam mencari
informasi
namun masih terlihat dominasi dalam kerja sama
Sebagian besar anggota kelompok
kurang
menunjukkan
kesungguhan
dalam mencari
informasi dan
tidak terlihat
adanya kerja sama yang baik

E.  Media dan alat
Media         : buku tematik tema 7 “Sejarah Peradapan Indonesia”, gambar macam-macam seni ukir
Alat                        : magnet, besi, artikel






Mengetahui                                                                                       
Kepala Sekolah,                                                                                Guru Kelas V


                                                                                                                                                

Tidak ada komentar:

Posting Komentar