Selasa, 29 September 2015

Analisis Literatur Filsafat Pendidikan Islam



Analisis Literatur Filsafat Pendidikan Islam
Ditujukan Untuk Memenuhi Tugas
Filsafat Pendidikan Islam


Dosen Pembimbing:
Mashuri, M.Pd.I
Disusun oleh :
ERLINDA ROCHMATIN (D77213065)
1B PGMI
JURUSAN PENDIDIKAN GURU MADRASAH IBTIDAIYAH
UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN AMPEL SURABAYA
Tahun 2014


Buku Literatur 1
Judul Buku             : FILSAFAT PENDIDIKAN ISLAM
Nama Pengarang     :   Dr. Jalaluddin
Penerbit                 : PT Raja Grafindo Persada, Jakarta
Tahun Terbit         : 1996
                Filsafat pendidikan islam terbentuk dari perkataan filsafat,pendidikan dan islam. Penambahan kata islam di akhir gabungan kata tersebut dimaksudkan untuk membedakan filsafat pendidikan islam dari pengertian yang terkandung dalam filsafat pendidikan secara umum. Dengan demikian filsafat pendidikan islam mempunyai pengertian khusus yang ada kaitannya dengan ajaran islam. Kata filsafat menurut asal katanya adalah “cinta akan kebenaran”, yang diambil dari kosa kata bahasa yunani philos (cinta) dan sophia (kebenaran). Sedangkan pengertian menurut Harold Titus filsafat adalah suatu proses kritik atau pemikiran terhadap kepercayaan dan sikap yang sangat kita junjung tinggi. Seperti diketahui pendidikan dalam arti yang luas adalah usaha untuk mengubah dan memindahkan nilai kebudayaan kepada setiap individu dalam suatu masyarakat. Dan islam adalah agama yang ajaran-ajarannya diwhyuhkan tuhan kepada manusia melalui Nabi Muhammad SAW sebagai rasul.dengan demikian filsafat pendidikan islam pada hakikatnya adalah konsep berfikir tentang kependidikan yang bersumberkan atau berlandaskan pada ajaran-ajaran agama islam.
                Dasar filsafat pendidikan islam identik dengan dasar ajaran islam itu sendiri. Keduanya berasal dari sumber yang sama yaitu Al-Quran dan hadits. Adapun tujuan filsafat pendidikan islam yang sejalan dengan tujuan misi islam itu sendiri, yaitu mempertinggi nilai-nilai akhlak hingga mencapai tingkat akhlak al-karimah.  Sistem Pendidikan islam terdiri dari: Dasar dan Tujuan Pendidikan Islam, Kurikulum Pendidikan Islam, Metode Pendidikan Islam, Alat Pendidikan, dan Penilaian (Evaluasi).
Tokoh –tokoh dalam filsafat pendidikan islam: Ibn Qutaibah (213-276 H), Muhammad Ibn Sahnun, Ibn Masarrah (269-319 H), Ibn Sina (370-428 H.), Al- Gazali (450/1058 – 505/1111 M.), Rifa’at Badawi Rafi’ al-Thahthawi (1801-1873), Muhammad Abduh (1849-1905), Ismail Raj’i al- Faruqi (1921-1986).


Buku Litertur 2
Judul Buku             : FILSAFAT PENDIDIKAN ISLAM
Nama Pengarang : Drs. H. Abudin Nata, M.A.
Penerbit                 : Logos Wacana Ilmu
Tahun Terbit         : 1997
                Secara harfiah, kata filsafat berasal dari kata Philo yang Berarti cinta, dan kata Sophos yang berarti ilmu atau hikmah. Dengan demikian filsafat berarti cinta terhadap ilmu atau hikmah, selain itu ada pula teori lain yang mengatakan bahwah filsafat berasal dari kata Arab Falsafah yang berasal dari bahasa yunani, Philosophia: Philos yang berarti cinta,suka (loving), dan sophia berarti pengetahuan , hikmah (wisdom). Jadi Philosophia berarti cinta kepada kebijaksanaan atau cinta kepada kebenaranng . orang yang cinta pada pengetahuan atau kebenaran itu lazimnya disebut Philosopher yang dalam bahasa Arab disebut Failasuf. Pengertian dari segi istilah atau kesepakatan yang lazim digunakan para ahli atau pengertian dari segi praktis filsafat berarti alam pikiran atau alam berpikir. Berfilsafat berarti berpikir secara mendalam dan sungguh-sungguh.sedangkan pendidikan islam menurut Jusuf A. Faisal dari sudut etimologi(ilmu akar kata) sering digunakan istilah ta’lim dan tarbiyah yang bersal dari kata ‘allama dan rabba yang dipergunakan di dalam al-Qur’an,sekalipun kata tarbiyah lebih luas konotasinya, yaitu mengandung arti memelihara, membesarkan, dan mendidik sekaligus mengandung makna mengajar(allama). Dengan demikian, filsafat pendidikan islam merupakan suatu kajian secara filosofis mengenai berbagai masalah yang terdapat dalam kegiatan pendidikan yang didasarkan pada al- Qur’an dan al-Hadits sebagai sumber primer dan pendapat para ahli khususnya para filosof Muslim, sebagai sumber sekunder.
                Kegunaan filsafat pendidikan islam : filsafat pendidikan itu dapat menolong para perancang pendidikan untuk membentuk pemikiran sehat terhadap proses pendidikan, filsafat pendidikan islam akan menolong dalam memberikan pendalaman pikiran bagi faktor-faktor spiritual, kebudayaan, sosial, ekonomi, dan politik di negara kita,filsafat pendidikan islam dapat menjadi pegangan pelaksanaan pendidikan yang menghasilkan generasi-generasi baru yang berkepribadian muslim. Sistem Pendidikan islam terdiri dari: Dasar dan Tujuan Pendidikan Islam, Kurikulum Penddikan Islam, Metode Pendidikan Islam, Alat Pendidikan, dan Penilaian (Evaluasi).Tokoh filsafat pendidikan islam : Al-Ghazali, Ibn Khaldun, Ikhwan Al-Safa, Zainuddin Labai, Ahmad Sukarti, Ahmad Dahlan.


Perbedaan dan Persamaan buku literatur 1 dan Buku Literatur 2 :
Perbedaan: ada beberapa bab yang tidak sama, dan ada juga bab dengan tema yang sama namun isi dan penjelasannya berbeda.
Persamaan: sama-sama menjelaskan apapun yang berkaitan dengan filsafat pendidikan islam baik itu mengenai pengertian,tujuan, metode dan lain-lain.

Perbedaan dan Persamaan  antara buku literatur Filsafat Pendidikan Islam dengan SAP (Satuan Acara Perkuliahan) Filsafat Pendidikan Islam.
Perbedaan : Beberapa Bab atau tema dalam SAP yang tidak terdapat dalam buku literatur.
Persamaan:  Sama-sama menjelaskan tentang Filsafat Pendidikan Islam.
Disini dapat disimpulkan bahwa tidak semua buku literatur dengan judul yang sama memuat tentang bab atau tema yang sama dengan SAP (Satuan Acara Perkuliahan)yang telah disepakati, maka dari itu kita harus lebih banyak lagi membaca dan mencari literatur buku agar SAP yang telah disepakati bisa berjalan dengan baik.
 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar